Senin, 17 Mei 2021 22:40

Sepi Pembeli, Puluhan Pedagang Buah di Pasar Kota Gresik Wadul Bupati Gus Yani

Kamis, 22 April 2021 19:57 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: M Syuhud Almanfaluty
Sepi Pembeli, Puluhan Pedagang Buah di Pasar Kota Gresik Wadul Bupati Gus Yani
Bupati Gus Yani (kiri) ketika menemui para pedagang buah Pasar Kota Gresik. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Sedikitnya 26 pedagang buah di Pasar Kota Gresik mendatangi kantor Bupati Gresik, di Jalan Dr. Wahidin SH, Kamis (22/4/2021). Kedatangan mereka untuk mengadu kepada Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani (Gus Yani), karena stan buah yang mereka gunakan untuk berjualan di Pasar Kota Gresik tak menguntungkan.

Para pedagang kemudian diajak bupati untuk berdialog di Ruang Graita Eka Praja. Para pedagang yang juga didampingi oleh Paguyuban Pedagang Pasar Gresik (P3G) dan LSM Gepal meminta bupati untuk menata kembali penempatan stan pedagang buah pada tempat yang lebih layak.

"Kami para pedagang buah saat ini hanya beberapa yang aktif melakukan jual beli, karena tempat kami berjualan tidak layak. Tempatnya di belakang kumpul dengan pedagang ayam dan ikan. Para pembeli enggan masuk ke stan kami karena baunya yang tidak sedap," ungkap Mat Kasan, salah seorang pedagang buah yang diamini oleh pedagang buah yang lain.

Mereka meminta agar diberi izin oleh bupati untuk menempati areal kosong bagian tengah pasar. Mereka juga meminta agar diizinkan untuk pindah di tempat lain yang lebih terbuka. Bahkan ada wacana dari pedagang agar mereka diizinkan untuk berjualan di luar pasar.

BACA JUGA : 

Wabup Bu Min Ingin Ngantor di Desa, Ketua AKD Mendukung

Patroli Bersama Bupati dan Dandim, Kapolres Gresik Pastikan Tak Ada Takbir Keliling

Segera Dibangun, RS Gresik Selatan Berpeluang Didirikan di Desa Tanjung Kedamean

Bupati Gus Yani Serahkan JPS kepada 24.532 Guru Ngaji dan Marbot

Di Pasar Kota Gresik ada tiga void (tempat dagangan) yaitu void barat, void tengah, dan void timur. Selain untuk sirkulasi, void di Pasar Kota Gresik selama ini dipakai untuk promo, event, dan show marketing.

Sementara bupati yang didampingi oleh Asisten II Lailatus Sa’diyah dan Kepala Dinas Koperasi Perdagangan Gresik Agus Budiono belum mengizinkan permintaan pedagang buah tersebut untuk pindah ke tempat yang bukan semestinya untuk berdagang. Solusinya, bupati meminta kepada Kepala UPT Pasar Kota Gresik, para pedagang buah, dan pedagang lain bersama P3G untuk berunding.

Bupati juga meminta agar pihak UPT Pasar Kota Gresik untuk lebih aktif dan inovatif dalam melaksanakan tugasnya. "Tugas UPT untuk menata pedagang agar proses jual beli di pasar bisa tertib, bersih, aman, dan sehat. Tolong kepada pihak Satpol PP dan Dinas Perhubungan untuk membantu memfasilitasi perundingan tersebut," pinta Gus Yani.

"Kepala UPT Pasar Gresik harus lebih membantu para pedagang dan menyelesaikan semua persoalan yang ada. Juga harus berinovasi bagaimana caranya pedagang pasar kota bisa ramai," sambungnya.

Majid, perwakilan dari P3KG menjelaskan bahwa penataan stan di Pasar Kota Gresik prosesnya sangat panjang. "Sejak terbakar pada April tahun 2000, kami bersama pedagang dan pemerintah dibantu konsultan membagi stan bahkan sampai mengadakan undian yang disaksikan semua pedagang di Gedung Nasional Indonesia (GNI) Gresik. Semuanya sudah sepakat," ungkap Majid.

Sementara terkait keluhan para pedagang buah, pihak UPT Pasar, para pedagang, dan P3G berencana mengadakan perundingan pada hari ini setelah Salat Tarawih. (hud/ian)

Artis Greta Garbo Ajak Nikah ​Albert Einstein
Rabu, 12 Mei 2021 04:07 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan episode 30 mereview cerita Gus Dur tentang fisikawan Albert Eintein dan model cantik Greta Garbo. “Anekdot ini saya ambil dari buku berjudul Gus Dur hanya Kalah dengan Orang Madura,...
Sabtu, 15 Mei 2021 22:16 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Bunga tabebuya, khususnya yang berwarna kuning, bermekaran lagi di jalanan Kota Surabaya. Bunga berwarna kuning indah itu semakin mempercantik jalanan, terutama jalan protokol pada saat Idul Fitri atau lebaran kali i...
Senin, 17 Mei 2021 18:27 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Munculnya buzzer dan influencer dalam media sosial (medsos) mengungkap realitas sosial keagamaan secara telanjang. Fenomena ini terlihat dari konten atau narasi yang diproduksi para buzzer dan influencer. Umpatan kasar...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Jumat, 14 Mei 2021 10:11 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Won...