Selasa, 15 Juni 2021 20:26

Jelang Lebaran, BHS Minta Pemerintah Antisipasi Lonjakan Harga 11 Komoditas Pangan

Rabu, 21 April 2021 18:44 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Mustain
Jelang Lebaran, BHS Minta Pemerintah Antisipasi Lonjakan Harga 11 Komoditas Pangan
BLUSUKAN: Bambang Haryo Soekartono (BHS) mengunjungi Pasar Larangan, Sidoarjo, Rabu (21/4/2021). foto: MUSTAIN/BANGSAONLINE

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Anggota Dewan Pakar DPP Partai Gerindra Bambang Haryo Soekartono (BHS) meminta pemerintah pusat dan daerah mengendalikan harga 11 komoditas pangan menjelang lebaran.

Tujuannya untuk mengantisipasi melonjaknya harga 11 komoditas pangan akibat naiknya kebutuhan masyarakat untuk keperluan lebaran. Apalagi tahun ini, pemerintah melarang masyarakat mudik karena pandemi masih berlangsung.

"Kita sangat mengharapkan pemerintah daerah dan pusat bisa mengendalikan harga 11 komoditas, di mana sesuai UU Nomor 7 Tahun 2017, pemerintah harus menjamin ketersediaan barang yang cukup dan harganya harus sesuai dengan harga yang ditetapkan pemerintah," cetus BHS saat mengunjungi Pasar Larangan, di Desa Larangan Kecamatan Candi, Rabu (21/4/2021).

Diketahui, 11 komoditas pangan itu adalah beras, jagung, bawang merah, bawang putih, cabai besar, cabai rawit, daging sapi/kerbau, daging ayam ras, telur ayam ras, gula pasir dan minyak goreng.

BACA JUGA : 

Heboh Anggaran Pembelian Senjata Rp 1,750 Triliun, Prabowo Disorot Habis, Pertarungan Mafia?

Dharma Lautan Utama Distribusikan Bantuan Logistik bagi Korban Gempa Bumi di Lumajang

Gelar Silaturahmi, Gus Irfan Kenalkan Gemira ke Alumni Tebuireng

Beras Sidoarjo Kalah Bersaing, BHS Dorong Modernisasi Mesin Penggilingan

Di Pasar Larangan, politisi Partai Gerindra ini berbincang dengan sejumlah pedagang, menanyakan harga sejumlah komoditas pangan. "Perkilo Rp 37 ribu pak," cetus seorang pedagang daging ayam.

Kata BHS, setelah datang ke Pasar Larangan ini, dia melihat harga sejumlah komoditas pangan masih terkendali. "Daging sudah 100 ribu hingga 105 ribu. Ayam 37 ribu dari (semula) 40 ribu lebih. Terus bawang putih bawang merah dari 120 ribu tinggal 40 ribu. Jadi di sini, masih terkendali," tandas BHS.

Mantan anggota DPR RI periode 2014-2019 ini kembali mengingatkan pemerintah, agar benar-benar mengantisipasi melonjaknya harga 11 komoditas menjelang lebaran. "Lebaran ini akan melonjak benar. Kenapa? Karena kita tidak bisa mudik," jlentrehnya.

BHS lalu mencontohkan di Sidoarjo yang masyarakatnya banyak dari kalangan pekerja, yang bekerja di sekitar 16.000 industri besar dan menengah. Akibat dari kebijakan larangan mudik karena masih pandemi, ratusan ribu pekerja itu nantinya diperkirakan tetap berada di Sidoarjo saat lebaran.

"Dan mereka pasti akan berbondong-bondong menuju ke pasar untuk belanja. Dan ini yang perlu diantisipasi oleh pemerintah daerah," tegas alumni ITS Surabaya.

Lantas bagaimana cara pemerintah agar bisa menstabilkan harga komoditas pangan itu saat sudah terjadi kelonjakan? Kata BHS, sebenarnya pemerintah sudah menetapkan harga eceran tertinggi (HET) untuk sejumlah komoditas pangan, misalnya minyak goreng, beras dan gula. Namun jika mekanisme HET itu tidak bisa, terpaksa memakai mekanisme operasi pasar.

'Ya, terpaksa digerojok operasi pasar. Tapi kalau itu sudah tidak stabil. Tapi janganlah, karena pedagang pasar masih punya niatan baik untuk memberikan yang terbaik bagi masyarakat," jlentreh BHS.

Dalam kunjungannya ini, BHS juga sempat dicurhati para pedagang soal kondisi Pasar Larangan. "Tadi ada keluhan masalah banjir sedikit, tapi tidak terlalu parah. Hanya tampias-tampias (percikan air) ini kalau hujan, ini perlu perbaikan," pungkas owner PT Dharma Lautan Utama (DLU) Grup ini. (sta/ian)

Demam Euro 2021, Warga Desa di Pasuruan Ini Kibarkan Ratusan Bendera Ukuran Raksasa
Senin, 14 Juni 2021 23:58 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Euforia sepak bola Piala Eropa atau Euro tahun 2021 menggema di seluruh penjuru dunia, tak terkecuali di tanah air. Warga pesisir di Kabupaten Pasuruan misalnya, mereka ikut memeriahkan perhelatan Euro 2021 dengan mema...
Jumat, 04 Juni 2021 10:27 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Bukit Kehi, destinasi wisata yang satu ini berada di Kota Pamekasan. Bukit Kehi menawarkan pemandangan daerah pegunungan yang hijau mempesona. Pengunjung bahkan bisa berenang di sejuknya hawa pegunungan di pulau gar...
Selasa, 15 Juni 2021 06:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com-RUU Pajak makin ramai dan kontroversial. Tapi suara fraksi-fraksi di DPR kali ini menolak. Alias tak mendukung rencana pemerintah.Apa benar ini karena Pilpres sudah dekat? Atau karena para pimpinan parpol belum dipanggil pr...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Sabtu, 12 Juni 2021 09:55 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...