Sambut Hari Bumi, DLH Kabupaten Kediri Gelar Aksi Cabut Paku di Pohon

Sambut Hari Bumi, DLH Kabupaten Kediri Gelar Aksi Cabut Paku di Pohon Aktivis Lingkungan dr. Ari Purnomo Adi saat aksi cabut paku di pohon. (foto: ist)

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Sambut Hari Bumi yang jatuh pada tanggal 22 April, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kediri, Rabu (21/4/2021), menggelar aksi cabut paku di pohon yang tumbuh di pinggir jalan.

Plt. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kediri Putut Agung Subekti mengatakan, kegiatan cabut paku yang digelar di Jalan PK Bangsa Pare Kabupaten Kediri tersebut dimulai dari Tugu Garuda depan Rumah Sakit Kabupaten Kediri sampai di Taman Kilisuci dekat Masjid Agung An-Nur Pare.

Dalam waktu kurang lebih 1,5 jam, lanjut Putut, petugas DLH bisa mencabut paku dari pohon seberat 5,5 kg. Paku-paku tersebut tertancap di pohon untuk memaku papan reklame yang jumlahnya sangat banyak.

"Aksi cabut paku di pohon tersebut akan dilakukan secara berkelanjutan oleh petugas lapangan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kediri, sampai tidak ada lagi paku yang menancap di pohon," kata Putut Agung Subekti, Rabu (21/4/2021).

Sementara itu, dr. Ari Purnomo Adi, Koordinator Aliansi Relawan Peduli Lingkungan (ARPL) Kediri mendukung penuh langkah Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kediri yang telah melakukan aksi cabut paku di pohon itu.

Dengan banyaknya paku yang tertancap di pohon, lanjut dr. Ari, kemungkinan pohon akan mati lebih besar lagi. Maka dari itu, harus ada sanksi tegas pagi orang yang dengan sengaja memasang reklame dengan cara dipaku di pohon.

"Beberapa waktu lalu, kami juga sudah melaporkan kepada Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana melalui aplikasi Halo MasBup, bahwa di sepanjang jalan antara Desa Wates, Kecamatan Wates sampai Desa Kunjang, Kecamatan Ngancar, banyak reklame yang dipaku di pohon," kata dr. Ari.

Ditambahkan oleh dr. Ari, komunitas pecinta lingkungan yang tergabung dalam Aliansi Relawan Peduli Lingkungan Kediri, selain menanam pohon di saat musim hujan, juga melakukan perawatan pohon yang ditanam di saat musim kemarau.

"Termasuk ada agenda untuk ikut mencabut paku yang ditancapkan di pohon terutama yang ada di pinggir jalan," pungkas aktivis lingkungan nyentrik itu. (uji/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Pria di Kediri Nekat Tabrakkan Diri ke Kereta Api':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO