Kamis, 13 Mei 2021 10:23

Gelar Jumat Ngopi Edisi Ngabuburit, Mas Bup Dhito Ditodong Banyak Masalah, Ini Jawabannya

Sabtu, 17 April 2021 10:47 WIB
Editor: Nur Syaifudin
Wartawan: Muji Harjita
Gelar Jumat Ngopi Edisi Ngabuburit, Mas Bup Dhito Ditodong Banyak Masalah, Ini Jawabannya
Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana, dan Wakil Bupati Kediri Dewi Mariya Ulfa saat Jumat Ngopi di Pendopo Agung Panjalu Jayati. foto: Muji Harjita/ BANGSAONLINE.com.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Jumat Ngopi (Ngobrol Persoalan dan Solusi) edisi Ngabuburit awal bulan Ramadan bersama Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana dan Wakil Bupati Kediri Dewi Mariya Ulfa digelar di Pendopo Panjalu Jayati Kabupaten Kediri, Jawa Timur, Jumat (16/4/2021) sore.

Jumat Ngopi kali ini sedikit berbeda. Sesi pertama dimulai pukul 15.30 WIB, sesi kedua pukul 16.00 WIB, dan sesi terakhir mulai pukul 16.30 WIB. Salah satu peserta Jumat Ngopi Ngabuburit yakni Kepala Desa Balungjeruk Kecamatan Kunjang, Imam Syafi'i. Ia menyampaikan terkait pengembangan pasar desa untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Pasar Balungjeruk rencananya akan menempati SD Balungjeruk 1 dan SD Balungjeruk 2, yang telah dimerger sejak tahun 2003 lalu.

"Karena sekolah sudah merger, maka secara otomatis salah satu SD tersebut harus dikembalikan ke desa, karena asal mulanya juga dari hak milik desa atau kas Desa Balungjeruk," katanya.

Syafi'i menambahkan, pedagang pasar terdiri dari pedagang kelontong, sayur mayur, dan mayoritas menyediakan sembilan bahan pokok dengan perputaran uang per harinya mencapai Rp50 juta sampai Rp100 juta. Hal ini ditunjang dengan lokasi Balongjeruk yang strategis karena dikelilingi oleh beberapa desa dan tempatnya persis di tengah-tengah antara Pasar Kunjang dan Pasar Badas.

BACA JUGA : 

Jalan "Jeglongan Sewu" di Kediri Mulai Diperbaiki

Bahas Kerja Sama Sektor Wisata, Bupati Kediri dan Bupati Trenggalek Bakal Siapkan Diskon

Gelar Musrenbang, Pemkab Kediri Susun Strategi Bersaing Level Nasional

Mas Bup Dhito Jadi Inspektur Upacara Apel Pergeseran Pasukan Operasi Ketupat 2021

Ia berharap dengan mergernya dua sekolah tersebut, pasar dapat menempati salah satu lokasi sekolah. Proposal pengembangan pasar pun diserahkan kepada Mas Bup Dhito pada kesempatan Jumat Ngopi ini.

Menanggapi hal tersebut, Mas Bup Dhito langsung meminta satuan kerja di Pemerintah Kabupaten Kediri untuk berkoordinasi, di antaranya Dinas Pendidikan, Bapenda, serta Dinas Perdagangan.

"Segera melakukan cek lapangan. Jika tidak ada kendala, maka pengembangan pasar desa akan dilakukan. Jadi njenengan sampaikan proposalnya, nanti akan saya tindak lanjuti," jelas bupati yang akrab dipanggil Mas Bup Dhito ini.

Sedangkan H. Khamim mewakili Kadin Kabupaten Kediri yang hadir bersama sejumlah pengurus, menyatakan siap memberikan support untuk mendukung produk lokal menembus pasar nasional dan luar negeri. Sejumlah persoalan terkait hak paten, promosi produk lokal, pelatihan, juga diutarakan kepada Mas Bup Dhito.

Sementara menanggapi permintaan progran pelatihan, Mas Bup mendorong segera dibentuk kelompak kerja (Pokja) khususnya bagi ibu-ibu. Para ibu-ibu inilah yang nantinya akan diberikan menjadi sasaran pelatihan terkait UMKM. Sedangkan terkait uji coba dibukanya tempat wisata, Mas Bup Dhito secara jujur mendapat banyak protes.

“Kemarin sudah uji coba tempat wisata dibuka, ada yang protes kepada saya. Wisata dibuka namun mudik dilarang. Namun saya berpendapat, bila semuanya dilarang bisa mati kelaparan, bukan karena Corona,” jelasnya.

Terkait dengan larangan mudik, Mas Bup Dhito mengimbau masyarakat mematuhinya karena Kabupaten Kediri masih Zona Oranye. "Namun jangan lupa, bagi yang tidak mudik, uangnya tetap ditransfer kepada orang tua atau keluarga di rumah," pesannya. (uji/ns)

Jual Telur Infertil, 2 Warga Pasuruan Dicokok Polisi
Senin, 10 Mei 2021 23:24 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Aparat Polres Pasuruan mengamankan 2 orang pelaku perdagangan telur ayam infertil. Selain memperdagangkan telur infertil atau afkir, keduanya juga menjual limbah telur tak layak konsumsi, kepada produsen roti rumahan...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Kamis, 13 Mei 2021 08:15 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com-Tulisan Dahlan Iskan tentang Revolusi Energi edisi 2 ini menarik dinikmati pada Hari Raya Idul Fitri. Memang tergolong berat dan berbobot. Tapi mudah dicerna. Apalagi ditulis secara "sederhana" dalam bentuk pointer-pointer ...
Rabu, 28 April 2021 14:16 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*61. falammaa balaghaa majma’a baynihimaa nasiyaa huutahumaa faittakhadza sabiilahu fii albahri sarabaanMaka ketika mereka sampai ke pertemuan dua laut itu, mereka lupa ikannya, lalu (ikan) itu melompat mengamb...
Sabtu, 08 Mei 2021 11:38 WIB
Selama Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) d...