Kamis, 24 Juni 2021 19:00

Petrokimia Gresik Bantu 1.000 Paket Sembako Korban Gempa Bumi Malang

Senin, 12 April 2021 00:10 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: M Syuhud Almanfaluty
Petrokimia Gresik Bantu 1.000 Paket Sembako Korban Gempa Bumi Malang
Dirut Petrokimia Gresik Dwi Satriyo Annurogo (baju putih) saat menyerahkan bantuan. foto: ist.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Petrokimia Gresik, perusahaan Solusi Agroindustri anggota holding Pupuk Indonesia, sekaligus Koordinator Satgas Tanggap Bencana BUMN Jawa Timur (Jatim) menyalurkan bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) berupa 1.000 paket sembako untuk korban Gempa Malang, melalui Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang, Minggu (11/4/2021).

Direktur Utama Petrokimia Gresik Dwi Satriyo Annurogo menjelaskan bahwa gempa bumi Malang berkekuatan 6,1 SR ini telah menyebabkan aktivitas perekonomian warga terhenti, sehingga para korban bencana membutuhkan bantuan cepat.

"Untuk itu, melalui program CSR Petrokimia Gresik Peduli & Berbagi ini, kami ingin membantu meringankan beban para korban sekaligus upaya pemulihan kondisi pasca bencana," ujar Dwi Satriyo.

Adapun masing-masing paket sembako berisi beras 5 kg, minyak goreng 1 liter, gula 1 kg, dan mi instan 3 bungkus. Bantuan CSR ini diserahkan melalui pemkab setempat untuk selanjutnya didistribusikan kepada korban di beberapa wilayah.

BACA JUGA : 

Petrokimia Gresik Teken MoU Pembelian Gas dengan Kangean Energy Indonesia

Dorong Peningkatan Ekonomi Keluarga, SIG Beri Pelatihan Menjahit Bagi Ibu Rumah Tangga

Dari 8 Kabupaten di Jatim, Jember Tidak Masuk dalam Potensi Tsunami, Ini Penjelasan Kepala BPBD

Seandainya Gempa dan Tsunami Terjadi di Blitar, Ini Saran dari BMKG

"Meskipun wilayah operasional perusahaan berada di Gresik, kami sangat prihatin dengan apa yang dialami korban bencana gempa bumi di Malang dan sekitarnya," papar Dwi Satriyo.

Seperti diketahui, guncangan gempa bumi Kabupaten Malang yang terjadi pada Sabtu (10/4/2021) siang tidak hanya dirasakan di Jawa Timur dan sekitarnya, tetapi juga di sejumlah wilayah seperti Yogyakarta hingga Bali dan Lombok.

Pusat gempa bumi berada di laut pada jarak 96 km ke arah selatan Kota Kepanjen, Kabupaten Malang di kedalaman 80 km. Meskipun gempa tersebut dinyatakan tidak berpotensi tsunami, namun telah menimbulkan kerusakan bangunan di beberapa daerah. "Semoga bantuan yang kami berikan ini dapat meringankan beban para korban, dan kami berharap kondisi segera pulih," harapnya.

Dikatakan Dwi Satriyo, Petrokimia Gresik selaku Koordinator Satgas Tanggap Bencana BUMN Jatim gerak cepat (gercep) menyusun action plan untuk penanganan bencana gempa Malang.

Dwi Satriyo menjelaskan bahwa langkah siaga ini dilakukan agar penanganan bencana dapat langsung terlaksana di lapangan dan proses pemulihan juga dapat segera diselesaikan.

Adapun 6 action plan yang akan dilaksanakan Satgas BUMN, antara lain, mengirimkan tim medis, membuat posko dan relawan, mengirimkan bantuan sembako, obat-obatan, dan kebutuhan darurat, membantu perbaikan fasilitas umum yang mengalami kerusakan materiil, koordinasi dengan tim CSR seluruh BUMN Jawa Timur untuk konsolidasi bantuan, dan koordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat.

"Kami telah berkoordinasi dengan seluruh BUMN yang tergabung dalam Satgas BUMN Jatim dan siap membantu pemerintah dalam penanganan bencana gempa Malang. Kami berharap para korban tetap optimis," jelasnya.

Dwi Satriyo memastikan seluruh gudang pupuk dan kios resmi yang berada di wilayah Malang tidak terdampak bencana, sehingga operasional distribusi dan penyaluran pupuk bersubsidi dipastikan tetap berjalan lancar. (hud/ian)

Pasuruan Zona Merah, Vaksinasi Digencarkan
Selasa, 22 Juni 2021 23:42 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Polres Pasuruan Menggelar Vaksinasi Massal Selasa Siang Tadi(22/06/2021). Vaksinasi Ini Dilakukan Di Alam Terbuka, Tepatnya Di Wilayah Prigen, Kabupaten Pasuruan. Warga Terlihat Antusias Mengantre Untuk Mengikuti Vaksi...
Sabtu, 19 Juni 2021 18:17 WIB
JEMBER, BANGSAONLINE.com - Dalam kondisi pandemi, Pemerintah Kabupaten Jember tetap berupaya menggeliatkan sektor pariwisata meski dengan menerapkan prosedur pencegahan Covid-19 yang ketat.Salah satunya, dengan menggelar Jelajah Wisata and Funcamp 20...
Kamis, 24 Juni 2021 07:56 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Sejak Covid-19 melonjak lagi secara drastis, penanganan Covid-19 tampak kewalahan. Vaksinasi belum maksimal. Alternatif lain belum mendapat izin. Bahkan konvalesen kini jadi barang langka.Benarkah? Silakan simak tuli...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Sabtu, 19 Juni 2021 15:30 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...