Kamis, 15 April 2021 03:22

Perusahaan di Wilayah Beji Pasuruan Siap Bantu Perbaikan Jalan Rusak

Jumat, 09 April 2021 10:47 WIB
Editor: Nur Syaifudin
Wartawan: Ahmad Habibi
Perusahaan di Wilayah Beji Pasuruan Siap Bantu Perbaikan Jalan Rusak
Kerusakan jalan di Pasuruan.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kerusakan Jalan Kabupaten Pasuruan di ruas Gununggangsir - Talun Kecamatan Beji sepanjang 1,5 km dalam waktu dekat akan dilakukan perbaikan permanen. Namun perbaikan itu tidak menggunakan anggaran Pemkab Pasuruan, tapi dari patungan beberapa perusahaan di sekitar Beji.

Kepastian perbaikan jalan itu setelah Forkompimcam Beji bersama dengan Dinas PU Bina Marga mengumpulkan puluhan perusahaan di kantor Balai Desa Gununggangsir. Dalam pertemuan itu, intinya perusahaan diminta berpartisipasi melakukan perawatan jalan rusak, lantaran anggaran pemkab untuk perbaikan infrastruktur tidak mencukupi.

Hal ini dibenarkan Camat Beji M. Agus Masyhadi saat dikonfirmasi BANGSAONLINE.com. Ia menuturkan, perusahaan bersedia turut bertanggung jawab dalam kerusakan, karena kendaraan mereka juga sehari-harinya melintas di sana.

"Kami sengaja melibatkan beberapa perusahaan yang ada di Desa Gununggangsir untuk bisa ikut peduli pemeliharaan jalan. Harapannya bisa membantu pemerintah selagi menunggu pemeliharaan rutin dari Bina Marga," kata Agus, Kamis (8/4/2021) usai pertemuan.

BACA JUGA : 

Musancab, PDIP Pasuruan Targetkan Tambah 1 Kursi di Tiap Dapil

Resmikan Musala Miftakhul Jannah, Wabup Gus Mujib Ajak Masyarakat Gemar Salat Berjamaah

Sering Mogok Sehingga Mengganggu Kinerja, 3 Unit Mobdin Pimpinan DPRD Pasuruan Dikandangkan

Imbas Angin Kencang dan Hujan Deras di Wilayah Bangil, Belasan Rumah Rusak dan Pohon Tumbang

"Kami sengaja melibatkan beberapa perusahaan yang ada di Desa Gununggangsir untuk bisa ikut peduli pemeliharaan jalan. Harapannya bisa membantu pemerintah selagi menunggu pemeliharaan rutin dari Bina Marga," kata Agus, Kamis (8/4/2021) usai pertemuan.

Ada sekitar 22 perusahaan yang diundang di Balai Desa Gununggangsir. Mereka sepakat untuk membantu perbaikan jalan. Perwakilan perusahaan telah membentuk paguyuban yang nantinya berkoordinasi dengan pemerintah untuk perbaikan jalan.

Kepala Desa Gununggangsir, Dewi Noer Alifa tak menampik faktor kerusakan jalan di wilayahnya akibat intensitas armada-armada perusahaan yang melintas. Akibatnya, sejumlah warga sekitar mengalami kecalakaan akibat jalan berlubang.

"Akibat jalan yang rusak ini, sudah memakan korban. Dan pihak perusahaan juga punya kepentingan, armada untuk mengangkut barang kan lewat di Jalan Gununggangsir. Kami harap masing-masing dari perusahaan membantu kami, sembari menunggu perbaikan dari dinas," kata Dewi.

Kabid Pembangunan Jalan dan Jembatan Dinas PU Bina Marga Kabupaten Pasuruan Cahyo Fajar juga membenarkan rencana perbaikan jalan di Jalan Gununggangsir. Namun, prosesnya masih dalam tahap lelang.

"Jalan yang akan diperbaiki sepanjang 300 meter, dari total panjang jalan 1,5 km. Dan kita perbaiki spot-spot saja," ucap Cahyo.

Cahyo menambahkan, untuk perbaikan jalan yang akan dilakukan beberapa perusahaan nanti sifatnya perawatan titik-titik jalan yang berlubang agar tidak membahayakan pengguna jalan. Namun kegiatan pembangunan yang dianggarkan oleh Pemkab Pauruan juga tetap berjalan.

Ahmad Effendi, Koordinator Paguyuban Perusahaan Desa Gununggangsir mengatakan, perusahaan-perusahaan telah bersedia untuk membantu perbaikan jalan di Desa Gununggangsir. Pihaknya bersama Dinas Bina Marga saat ini tengah mengukur kerusakan volume jalan.

"Setelah ketemu volume kerusakannya, nanti kita rapatkan lagi, untuk menentukan besaran bantuan yang akan diberikan untuk perawatan jalan," kata Effendi. (bib/par/ns)

Kecelakaan di Jemursari Surabaya, Mobil Kijang Innova Terguling Masuk Sungai
Rabu, 14 April 2021 22:12 WIB
SURABAYA, BANGASONLINE.COM - Kecelakaan tunggal terjadi di Jalan Jemursari, Surabaya. Sebuah mobil Toyota Kijang Innova nopol N 371 VA terjun ke sungai Jemursari hingga terguling.Peristiwa ini terjadi Rabu (14/4) petang sekira pukul 18.15 WIB, t...
Minggu, 11 April 2021 18:27 WIB
KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kediri melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan mulai Sabtu (10/4) kemarin melakukan uji coba pembukaan tempat wisata andalan Kabupaten Kediri. Di antaranya Wisata Besuki Irenggolo yang te...
Rabu, 14 April 2021 05:44 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Ini fenomena menarik. Ternyata dimatikannya Vaksin Nusantara justru memantik kepercayaan para tokoh nasional, dokter, dan para anggota DPR RI. Mereka ramai-ramai antre untuk Vaksin Nusantara. Benarkah mereka leb...
Senin, 22 Februari 2021 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*58. Warabbuka alghafuuru dzuu alrrahmati law yu-aakhidzuhum bimaa kasabuu la’ajjala lahumu al’adzaaba bal lahum maw’idun lan yajiduu min duunihi maw-ilaanDan Tuhanmu Maha Pengampun, memiliki kasih sayang. ...
Jumat, 09 April 2021 09:59 WIB
Memasuki Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA)...