Jumat, 30 Juli 2021 14:57

Perusahaan di Wilayah Beji Pasuruan Siap Bantu Perbaikan Jalan Rusak

Jumat, 09 April 2021 10:47 WIB
Editor: Nur Syaifudin
Wartawan: Ahmad Habibi
Perusahaan di Wilayah Beji Pasuruan Siap Bantu Perbaikan Jalan Rusak
Kerusakan jalan di Pasuruan.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kerusakan Jalan Kabupaten Pasuruan di ruas Gununggangsir - Talun Kecamatan Beji sepanjang 1,5 km dalam waktu dekat akan dilakukan perbaikan permanen. Namun perbaikan itu tidak menggunakan anggaran Pemkab Pasuruan, tapi dari patungan beberapa perusahaan di sekitar Beji.

Kepastian perbaikan jalan itu setelah Forkompimcam Beji bersama dengan Dinas PU Bina Marga mengumpulkan puluhan perusahaan di kantor Balai Desa Gununggangsir. Dalam pertemuan itu, intinya perusahaan diminta berpartisipasi melakukan perawatan jalan rusak, lantaran anggaran pemkab untuk perbaikan infrastruktur tidak mencukupi.

Hal ini dibenarkan Camat Beji M. Agus Masyhadi saat dikonfirmasi BANGSAONLINE.com. Ia menuturkan, perusahaan bersedia turut bertanggung jawab dalam kerusakan, karena kendaraan mereka juga sehari-harinya melintas di sana.

"Kami sengaja melibatkan beberapa perusahaan yang ada di Desa Gununggangsir untuk bisa ikut peduli pemeliharaan jalan. Harapannya bisa membantu pemerintah selagi menunggu pemeliharaan rutin dari Bina Marga," kata Agus, Kamis (8/4/2021) usai pertemuan.

BACA JUGA : 

Tolak Isoter SMPN 2 Bangil, Wali Murid dan Warga Sekitar Gelar Audiensi dengan Muspika

Buka Kesadaran Masyarakat, Pengusaha Kafe di Pasuruan Gelar Teatrikal Tunggal

Kapolres Pasuruan Pimpin Pembagian Masker dan Beri Edukasi ke Pedagang dan Pembeli di Pasar Pandaan

Desak Pemkab Segera Cairkan Insentif Nakes, Anggota Komisi IV Dorong Transparansi Anggaran Cukai

Ada sekitar 22 perusahaan yang diundang di Balai Desa Gununggangsir. Mereka sepakat untuk membantu perbaikan jalan. Perwakilan perusahaan telah membentuk paguyuban yang nantinya berkoordinasi dengan pemerintah untuk perbaikan jalan.

Kepala Desa Gununggangsir, Dewi Noer Alifa tak menampik faktor kerusakan jalan di wilayahnya akibat intensitas armada-armada perusahaan yang melintas. Akibatnya, sejumlah warga sekitar mengalami kecalakaan akibat jalan berlubang.

"Akibat jalan yang rusak ini, sudah memakan korban. Dan pihak perusahaan juga punya kepentingan, armada untuk mengangkut barang kan lewat di Jalan Gununggangsir. Kami harap masing-masing dari perusahaan membantu kami, sembari menunggu perbaikan dari dinas," kata Dewi.

Kabid Pembangunan Jalan dan Jembatan Dinas PU Bina Marga Kabupaten Pasuruan Cahyo Fajar juga membenarkan rencana perbaikan jalan di Jalan Gununggangsir. Namun, prosesnya masih dalam tahap lelang.

"Jalan yang akan diperbaiki sepanjang 300 meter, dari total panjang jalan 1,5 km. Dan kita perbaiki spot-spot saja," ucap Cahyo.

Cahyo menambahkan, untuk perbaikan jalan yang akan dilakukan beberapa perusahaan nanti sifatnya perawatan titik-titik jalan yang berlubang agar tidak membahayakan pengguna jalan. Namun kegiatan pembangunan yang dianggarkan oleh Pemkab Pauruan juga tetap berjalan.

Ahmad Effendi, Koordinator Paguyuban Perusahaan Desa Gununggangsir mengatakan, perusahaan-perusahaan telah bersedia untuk membantu perbaikan jalan di Desa Gununggangsir. Pihaknya bersama Dinas Bina Marga saat ini tengah mengukur kerusakan volume jalan.

"Setelah ketemu volume kerusakannya, nanti kita rapatkan lagi, untuk menentukan besaran bantuan yang akan diberikan untuk perawatan jalan," kata Effendi. (bib/par/ns)

Respons Keluhan Ojol Karena Terdampak Pandemi, ASC Foundation Bagikan Paket Sembako dan Uang Bensin
Kamis, 29 Juli 2021 13:40 WIB
MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Muhammad Al Barra bersama Tim ASC Foundation-nya, telah menyalurkan paket sembako kepada para pedagang terdampak PPKM darurat di 12 kecamatan di Kabupaten Mojokerto. Aksi sosial ini terus dilakukan Gus Barra. Kali i...
Kamis, 15 Juli 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ini ide baru. Untuk menyiasati pandemi. Menggelar resepsi pernikahan di dalam bus. Wow.Lalu bagaimana dengan penghulunya? Silakan baca tulisan wartawan terkemuka Dahlan Iskan di  Disway, HARIAN BANGSA dan B...
Selasa, 27 Juli 2021 06:32 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Mayat korban covid yang perlu dibakar – sesuai keyakinan mereka – terus bertambah. Bahkan menumpuk. Sampai perusahaan jasa pembakaran mayat kewalahan. Celakanya, hukum kapitalis justru dipraktikkan dalam pe...
Kamis, 15 Juli 2021 12:37 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*66. Qaala lahu muusaa hal attabi’uka ‘alaa an tu’allimani mimmaa ‘ullimta rusydaanMusa berkata kepadanya, “Bolehkah aku mengikutimu agar engkau mengajarkan kepadaku (ilmu yang benar) yang telah diajark...
Sabtu, 17 Juli 2021 10:23 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...