Kamis, 15 April 2021 02:28

Tingkatkan Literasi Mahasiswa, Unirow Tuban Bedah Buku Janisari Nusantara

Kamis, 08 April 2021 20:42 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Gunawan Wihandono
Tingkatkan Literasi Mahasiswa, Unirow Tuban Bedah Buku Janisari Nusantara
Seminar dan bedah buku di gedung perpustakaan lantai 3 Universitas PGRI Ronggolawe (Unirow) Tuban, Kamis (8/4/2021). (foto: ist)

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Gandeng Universitas PGRI Ronggolawe (Unirow) Tuban, Penerbit Rumah Berkat Utama (Prabu21) menggelar seminar dan bedah buku "Janisari Nusantara" di gedung perpustakaan lantai 3 kampus setempat, Kamis (8/4/2021). Hal itu dilakukan guna menumbuhkan literasi dijalankan mahasiswa khususnya prodi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia.

Penulis buku "Janisari Nusantara", Mukhdein Alkhidah menjelaskan, buku yang ditulisnya itu berupa karya fiksi ilmiah memuat tentang sejarah dengan perspektif Islam. Selain itu, buku tersebut meluruskan ajaran sains anti-Tuhan yang menyebar di karya fiksi barat seperti novel, film, dan puisi.

"Buku ini merupakan fiksi sejarah yang berupaya menghantam peradaban barat. Dengan buku ini meluruskan fakta sejarah yang ditulis bangsa barat karena dinilai masih banyak fakta-fakta dihilangkan," ujarnya.

Sementara itu, Pemred Penerbit Prabu21, Rida Noor mengungkapkan bahwa Prabu21 merupakan rumah produksi buku yang beraliran fiksi, utamanya yang berbau tentang sejarah. Baik sejarah nasional maupun sejarah global.

BACA JUGA : 

​Unirow Tuban Gelar Konferensi Tingkat Internasional, 11 Negara Ikut Berpartisipasi

​Ribuan Jemaah Hadiri Bedah Buku KH Taufiqul Hakim di Masjid Agung Sidoarjo

LP3M Stitma Gelar Bedah Buku "Fikih Kebangsaan"

Review Buku: Manajemen Pelayanan Publik - Hayat S.AP., M.Si

Sementara itu, Pemred Penerbit Prabu21, Rida Noor mengungkapkan bahwa Prabu21 merupakan rumah produksi buku yang beraliran fiksi, utamanya yang berbau tentang sejarah. Baik sejarah nasional maupun sejarah global.

"Prabu21 adalah kumpulan penulis muda yang memiliki mimpi sama," ujarnya.

Rumah penerbit buku asal Kota Batu ini memiliki mimpi untuk melahirkan 1 juta penulis di Indonesia. Dengan begitu diharapkan mampu meningkatkan minat baca bagi kalangan anak muda maupun mahasiswa.

"Di sini, kami berupaya menampung beberapa aliran, berkumpul menjadi satu kekuatan yang utuh," imbuh perempuan dengan dua anak itu.

Di tempat yang sama, Rektor Unirow Tuban, Supiana Dian Nurtjahyani dalam sambutannya menyambut baik kegiatan tersebut. Dengan aktivitas positif itu menambah wawasan dan literasi para mahasiswa.

"Dengan banyak membaca buku, baik itu buku bacaan atau lainnya dapat menambah pengetahuan dan wawasan mahasiswa," ujarnya. (gun/zar)

Kecelakaan di Jemursari Surabaya, Mobil Kijang Innova Terguling Masuk Sungai
Rabu, 14 April 2021 22:12 WIB
SURABAYA, BANGASONLINE.COM - Kecelakaan tunggal terjadi di Jalan Jemursari, Surabaya. Sebuah mobil Toyota Kijang Innova nopol N 371 VA terjun ke sungai Jemursari hingga terguling.Peristiwa ini terjadi Rabu (14/4) petang sekira pukul 18.15 WIB, t...
Minggu, 11 April 2021 18:27 WIB
KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kediri melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan mulai Sabtu (10/4) kemarin melakukan uji coba pembukaan tempat wisata andalan Kabupaten Kediri. Di antaranya Wisata Besuki Irenggolo yang te...
Rabu, 14 April 2021 05:44 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Ini fenomena menarik. Ternyata dimatikannya Vaksin Nusantara justru memantik kepercayaan para tokoh nasional, dokter, dan para anggota DPR RI. Mereka ramai-ramai antre untuk Vaksin Nusantara. Benarkah mereka leb...
Senin, 22 Februari 2021 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*58. Warabbuka alghafuuru dzuu alrrahmati law yu-aakhidzuhum bimaa kasabuu la’ajjala lahumu al’adzaaba bal lahum maw’idun lan yajiduu min duunihi maw-ilaanDan Tuhanmu Maha Pengampun, memiliki kasih sayang. ...
Jumat, 09 April 2021 09:59 WIB
Memasuki Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA)...