Kamis, 13 Mei 2021 13:05

Lewat FEKDI 2021, ​Kota Kediri Ikut Sinergi dalam Akselerasi Digital Ekonomi dan Keuangan Indonesia

Kamis, 08 April 2021 16:15 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Muji Harjita
Lewat FEKDI 2021, ​Kota Kediri Ikut Sinergi dalam Akselerasi Digital Ekonomi dan Keuangan Indonesia
Sekretaris Daerah Kota Kediri Bagus Alit (paling kanan) dan Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kediri Sofwan Kurnia. (foto: ist)

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Sebagai salah satu langkah mendorong kesadaran tentang pentingnya digitalisasi ekonomi dan keuangan yang inklusif dan efisien, baik di pusat maupun di daerah, Bank Indonesia (BI) berkolaborasi dengan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia (Kemenko Perekonomian) menyelenggarakan Festival Ekonomi Keuangan Digital Indonesia (FEKDI) 2021 yang merupakan perhelatan pertama di Indonesia.

Mengangkat tema “Bersinergi dalam Akselerasi Digitalisasi Ekonomi dan Keuangan Indonesia”, FEKDI digelar secara virtual yang dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kota Kediri Bagus Alit dan Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kediri Sofwan Kurnia di ruang Command Center Balai Kota Kediri, Rabu (7/4/2021).

Ada tiga sesi pembahasan pada FEKDI 2021, pertama yakni Panel Leader Insight, komitmen bersama 4 pimpinan lembaga untuk mendorong efektivitas penyaluran bansos menuju digitalisasi bansos G2P 4.0.

Hadir sebagai narasumber, Menteri Sosial Tri Rismaharini, Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, serta Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Suharso Monoarfa.

BACA JUGA : 

Wali Kota Kediri Siapkan Pekerjaan bagi Istri Salah Satu Pahlawan KRI Nanggala-402

Serahkan Bantuan Si Jamal, ​Wali Kota Kediri Inginkan Anak Janda Bisa Angkat Derajat Keluarganya

Pandemi Belum Usai, Pemkot Kediri Terus Salurkan Bantuan Sembako untuk Warga Isoman Covid-19

Wali Kota Kediri Bersama Forkopimda dan Ulama Ajak Masyarakat Salat Idul Fitri di Rumah

Sesi kedua, yakni talkshow P2DD dengan tema "Sinergi Menuju Implementasi P2DD". Lalu sesi terakhir, yaitu Plenaru Talkshow Digitalisasi Bansos, dengan tema sinergisitas dan dukungan untuk pengembangan G2P 4.0 dalam meningkatkan efektivitas penyaluran dan pemanfaatan dana bansos. Pada pembahasan ini ada 4 pembicara, yaitu Deputi Bidang Kependudukan dan Ketenagakerjaan Kementerian PPN/Bappenas Pungky Sumadi, Deputi Gubernur Bank Indonesia Rosmaya Hadi, Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kesejahteraan Sosial Kemenko PMK Tubagus Achmad Choesni, dan Gubernur Bali Wayan Koster.

Di akhir sesi pertama, Perry Warjiyo menyampaikan bahwa Bank Indonesia telah berkoordinasi dengan OJK dan seluruh industri jasa keuangan.

"Kami siap mendukung inisiatif maupun kebijakan dari pemerintah, agar bansos dapat disalurkan kepada penerima dengan lebih baik sesuai dengan kebijakan yang ada. Karena semua adalah tindak lanjut instruksi presiden untuk kesejahteraan masyarakat," terangnya. (uji/zar)

Jual Telur Infertil, 2 Warga Pasuruan Dicokok Polisi
Senin, 10 Mei 2021 23:24 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Aparat Polres Pasuruan mengamankan 2 orang pelaku perdagangan telur ayam infertil. Selain memperdagangkan telur infertil atau afkir, keduanya juga menjual limbah telur tak layak konsumsi, kepada produsen roti rumahan...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Kamis, 13 Mei 2021 08:15 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com-Tulisan Dahlan Iskan tentang Revolusi Energi edisi 2 ini menarik dinikmati pada Hari Raya Idul Fitri. Memang tergolong berat dan berbobot. Tapi mudah dicerna. Apalagi ditulis secara "sederhana" dalam bentuk pointer-pointer ...
Rabu, 28 April 2021 14:16 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*61. falammaa balaghaa majma’a baynihimaa nasiyaa huutahumaa faittakhadza sabiilahu fii albahri sarabaanMaka ketika mereka sampai ke pertemuan dua laut itu, mereka lupa ikannya, lalu (ikan) itu melompat mengamb...
Sabtu, 08 Mei 2021 11:38 WIB
Selama Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) d...