Senin, 10 Mei 2021 03:12

Begini Pesan Gus Yani dalam Pelantikan Pengurus Ansor Gresik

Kamis, 08 April 2021 00:01 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: M Syuhud Almanfaluty
Begini Pesan Gus Yani dalam Pelantikan Pengurus Ansor Gresik
Gus Yani saat memberikan sambutan pelantikan pengurus PC GP Ansor Gresik. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Pengurus Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Gresik masa khidmat 2020-2024 resmi dilantik di Pendopo Bupati Gresik, Jalan KH.Wachid Hasyim, Gresik, Rabu (7/4/2021).

Pengurus GP Ansor Gresik dilantik oleh Wakil Ketua PW GP Ansor Jatim Habib Mahdi, dengan mengusung tagline "Spirit Baru Ansor Gresik".

Pelantikan turut dihadiri Bupati Gresik Fandi Ahmad Yani (Gus Yani), Rais Syuriah PCNU Gresik KH. Mahfudz Ma’shum, Ketua PCNU Gresik KH. Husnan Ali, Wakil Sekretaris PCNU Gresik A. Syifaul Qulub, Sekretaris PW GP Ansor Jatim, Ketua DPRD Gresik Much. Abdul Qodir, dan Wakapolres Gresik Kompol Eko Iskandar. Juga hadir, PAC GP Ansor se-Kabupaten Gresik, dan undangan dari berbagai banom NU serta ormas.

Ketua PC GP Ansor Gresik, Abdur Rokhim menjelaskan alasan pelantikan kali ini mengambil tagline Spirit Baru Ansor Maju, karena menurutnya salah satu syarat untuk maju adalah perubahan. Sebagaimana spirit yang diusung Bupati Gresik, Gus Yani.

BACA JUGA : 

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi Memenangi Lelang Bandeng Gresik

Lulusan S1 Unair Kalah dari Kejar Paket C, Bupati Gresik: Usut Rekrutmen Perangkat Desa Munggugebang

Sambut Idul Fitri 1442 H, JIIPE Bagikan Paket Lebaran Untuk Anak Yatim dan Dhuafa

Momentum Ramadan, Siswa Sespimmen Polri XLI Santuni Anak Yatim di Gresik

"Kami siap bersinergi dengan pemerintah, dan saya instruksikan kepada seluruh PAC untuk selalu bergandeng tangan bersinergi dengan pemerintah untuk mewujudkan Gresik Baru dan menjadikan Gresik semakin sejahtera," ucapnya.

Untuk mewujudkan hal itu, lanjut Abdur Rokhim, GP Ansor Gresik akan menyiapkan program-program kerja yang adaptif dengan kebijakan pemerintah. "Kita akan menyiapkan program-program kerja di rapat kerja cabang (rakercab) untuk mewujudkan sinergitas dengan pemerintah baru," terangnya.

Sementara Ketua PW GP Ansor Jatim, Syafiq Syauqi meminta PC Ansor Gresik juga fokus pada inovasi kaderisasi, guna menyiapkan kader-kader di masa depan. Harus menyentuh kader-kader PAC hingga ranting. "Untuk memastikan itu, dalam waktu dekat kita akan terus memantau akreditasi kepengurusan sampai tingkat ranting," jelasnya.

Gus Syafiq, begitu sapaan akrabnya menjelaskan, ada 3 hal yang menjadi penghambat laju kaderisasi di organisasi Ansor. "Tiga hal itu adalah proyek, politik, dan jatuh cinta lagi. Tiga hal ini akan menghambat laju kaderisasi jika menempel pada kader Ansor," ungkapnya.

Dalam kesempatan ini, Gus Syafiq juga meminta para kader Ansor Gresik melestarikan nilai-nilai tradisi NU dan santri. Seperti kegiatan zikir, tahlil, dan rijalul ansor sampai tingkat desa. "Dengan cara melestarikan tradisi nilai-nilai NU, maka predikat Kota Santri di Kabupaten Gresik akan selalu terjaga," terangnya.

Sedangkan Bupati Gus Yani menyambut baik program-program yang akan disusun Ansor Gresik sekaligus adaptif dengan program Pemkab Gresik. Ia mengajak seluruh kader-kader Ansor bersama-sama bersinergi dengan pemerintah membangun Gresik Baru.

"Mudah-mudahan ke depan GP Ansor Gresik semakin inovatif. Mari kita bersama-sama membangun Gresik Baru mewujudkan Gresik yang lebih baik. Saya ingat pesan almarhum KH. Robbach Ma’shum. Beliau berpesan, 'ojo golek urip nang njero perjuangan, tapi uripo kanggo perjuangan' (jangan mencari kehidupan di dalam perjuangan tapi hiduplah untuk perjuangan)," katanya.

Pada pelantikan PC GP Ansor juga dilakukan pemberian cendera mata kepada Ketua PW GP Ansor Jatim, Bupati Gresik, Ketua DPRD Gresik, Wakapolres Gresik, serta Dandim 0817 Gresik. (hud/ian)

Penjaga Rumah Ibadah Bertanya Berapa Rupiah Jatah Tuhan
Senin, 10 Mei 2021 00:00 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Anekdot Gus Dur edisi Ramadan edisi 28 ini mereview cerita Gus Dur tertang para penjaga rumah ibadah. “Mereka berembuk soal sumbangan umat kepada rumah ibadah yang mengalami surplus. Lalu mereka bertanya, berapa ja...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Minggu, 09 Mei 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Tulisan Dahlan Iskan kali ini sangat menyentuh. Tentang prahara rumah tangga pemilik Gedung Empire Palace Surabaya: Gunawan Angkawidjaja dan istrinya, Chin Chin atau Trisulowati.Menurut Dahlan Iskan, Gunawan bukan ha...
Rabu, 28 April 2021 14:16 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*61. falammaa balaghaa majma’a baynihimaa nasiyaa huutahumaa faittakhadza sabiilahu fii albahri sarabaanMaka ketika mereka sampai ke pertemuan dua laut itu, mereka lupa ikannya, lalu (ikan) itu melompat mengamb...
Sabtu, 08 Mei 2021 11:38 WIB
Selama Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) d...