Kamis, 29 Juli 2021 12:14

Diduga Lakukan Pelanggaran, Kades Sukorejo Nganjuk Dilaporkan Warganya ke Kejari

Selasa, 06 April 2021 18:04 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Bambang Dwi Julianto
Diduga Lakukan Pelanggaran, Kades Sukorejo Nganjuk Dilaporkan Warganya ke Kejari
Perwakilan warga Sukorejo menunjukkan bukti fisik pekerjaan yang belum selesai ke Kejari Nganjuk. foto: BAMBANG/ BANGSAONLINE

NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Merasa ada kejanggalan dalam pembangunan prasarana di Desa Sukorejo, Kecamatan Rejoso, Kabupaten Nganjuk, perwakilan warga setempat melaporkan kadesnya ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Nganjuk.

Perwakilan warga tersebut adalah Tri Maryono dan Tarmuji. Mereka mendatangi Kejari Nganjuk sambil membawa beberapa bukti sebagai dasar laporan.

Tri Maryono mengatakan, ada dugaan pelanggaran yang dilakukan Kepala Desa Sukorejo Andri Setyo Purwantoro atas berbagai pembangunan yang tidak kunjung selesai hingga saat ini.

"Saya melihat ada dugaan penyimpangan dalam berbagai pembangunan mulai tahun 2019 dan tahun 2020," kata Tri kepada BANGSAONLINE.com, Selasa (06/04). Sebab, kata Tri, hingga kini sejumlah sarana berupa gedung yang dibangun belum menunjukkan hasil sehingga belum bisa dimanfaatkan masyarakat.

BACA JUGA : 

Berkas Lengkap, Polri Serahkan Bupati Nganjuk dan 6 Tersangka Lain ke Kejari Nganjuk

Hadiri Diskusi UU ITE, Plt. Bupati Nganjuk: Kontrol Jarimu jika Tak Ingin Tersentuh Hukum

Diganjar 2 Tahun, Sidang Pemalsu Uang Menarik Perhatian Karena Pelakunya Kades

Jalani Sidang Daring, Mantan Kades Rowomarto Nganjuk Dituntut Tiga Tahun Penjara Atas Kasus Upal

"Anehnya setelah kasus ini dilaporkan, mulai ada pekerjaan kembali dan itu sudah berjalan tiga hari," terangnya.

Ia mengaku, telah menyerahkan bukti laporan yang diterima oleh Kasi Intel Kejaksaan Negeri Nganjuk Diky Andi Firmansyah. "Saya sudah memasukkan laporan dan sekarang bukti-bukti yang diminta akan kita serahkan," ujarnya.

Tarmuji mengungkapkan, ada beberapa pekerjaan yang diduga bermasalah. Untuk pekerjaan di tahun 2019 antara lain drainase, sumur makam, paving musala, pengadaan sibel sawah, gapura perbatasan, kursi plastik, keramik balai desa, dan gedung PAUD.

Tahun Anggaran 2020 juga ada pekerjaan juga belum selesai. Di antaranya, pemeliharaan jalan desa, pengadaan lampu makam, rehab balai desa, pemeliharaan pos kampung dan gapura, pembangunan drainase pustu, pembangunan sumur dalam sibal, saluran irigasi, urug sertu, dan padat karya tunas desa.

Secara keseluruhan, total pekerjaan menelan dana mencapai Rp 882 juta pekerjaan tahun 2019 dan 2020.

"Saya selaku perwakilan masyarakat meminta agar laporan tersebut dilakukan proses oleh Kejari Nganjuk," kata Tarmuji.

Sementara itu, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Nganjuk Nopy Tenopero membenarkan jika perwakilan masyarakat Desa SUkorejo melaporkan dugaan penympangan anggaram desa.

"Laporan tersebut sudah masuk dan saat ini sedang dalam tahap pengumpulan bukti-bukti dan tahap penyelidikan," kata Kajari Nopy. (bam/ian)

Warga Sambisari dan Manukan Kulon Menolak Sekolah Dijadikan Tempat Isolasi Pasien Corona
Senin, 26 Juli 2021 19:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Korban Covid-19 yang terus berjatuhan mendorong Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya memperluas tempat isolasi pasien yang sedang terpapar virus corona. Berbagai fasilitas gedung – termasuk sekolah – direncana...
Kamis, 15 Juli 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ini ide baru. Untuk menyiasati pandemi. Menggelar resepsi pernikahan di dalam bus. Wow.Lalu bagaimana dengan penghulunya? Silakan baca tulisan wartawan terkemuka Dahlan Iskan di  Disway, HARIAN BANGSA dan B...
Selasa, 27 Juli 2021 06:32 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Mayat korban covid yang perlu dibakar – sesuai keyakinan mereka – terus bertambah. Bahkan menumpuk. Sampai perusahaan jasa pembakaran mayat kewalahan. Celakanya, hukum kapitalis justru dipraktikkan dalam pe...
Kamis, 15 Juli 2021 12:37 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*66. Qaala lahu muusaa hal attabi’uka ‘alaa an tu’allimani mimmaa ‘ullimta rusydaanMusa berkata kepadanya, “Bolehkah aku mengikutimu agar engkau mengajarkan kepadaku (ilmu yang benar) yang telah diajark...
Sabtu, 17 Juli 2021 10:23 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...