Senin, 10 Mei 2021 06:33

Segera Diterapkan, Dispendik Tuban Susun Mekanisme PTM

Selasa, 06 April 2021 17:43 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Gunawan Wihandono
Segera Diterapkan, Dispendik Tuban Susun Mekanisme PTM
Nur Khamid, Kepala Dispendik Tuban. (foto: ist)

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Tuban mulai menyusun rumusan mekanisme pembelajaran tatap muka (PTM) menindaklanjuti Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri.

Dispendik tengah koordinasi bersama Dinas Kesehatan Tuban untuk menyiapkan protokol kesehatan (prokes). Di antaranya, menyediakan thermo gun, tempat cuci tangan, dan fasilitas layanan kesehatan lainnya di tiap sekolah.

"Pembelajaran tatap muka hanya dilakukan selama 2 jam. Selain itu, pelajaran olahraga dan kegiatan ekstrakurikuler sementara ini masih belum diperkenankan. Saat ini kami sedang menyusun rumusan mekanisme pembelajaran tatap muka," ujar Kepala Dispendik Tuban Nur Khamid, Selasa (6/4/2021).

Sebelum pembelajaran tatap muka dimulai, akan dilakukan uji coba di sejumlah lembaga pendidikan dan akan dievaluasi. Sekolah yang diuji coba akan menjadi percontohan bagi sekolah lainnya. "Para tenaga pengajar di Kabupaten Tuban juga mengikuti vaksinasi Covid-19," imbuh Ketua PC LP Ma’arif NU Kabupaten Tuban tersebut.

BACA JUGA : 

Tabrak Truk Tronton, Pengendara Motor di Tuban Tewas di Tempat

Kasihan, Hidup Sendirian, Pria di Tuban ini Ditemukan Tewas di Sofa

Kasus Baru Meningkat dalam Dua Pekan, Tuban Jadi Zona Oranye Covid-19

289 Personel Gabungan Siap Halau Pemudik yang Masuk Tuban

Sementara itu, Anggota Dewan Pendidikan Kabupaten Tuban Sriwiyono mengungkapkan, pelaksanaan pembelajaran tatap muka sudah diharapkan banyak orang tua, mengingat sudah setahun penuh siswa belajar secara daring di rumah. Pembelajaran tatap muka sangat penting, karena terdapat beberapa aspek yang tidak dapat diajarkan secara daring.

"Namun lembaga pendidikan harus menyiapkan fasilitas penunjang pembelajaran. Agar wali murid semakin yakin dan percaya atas jaminan kesehatan bagi putra putrinya," ujarnya.

Kepala Bidang Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban Atik Supatiningsih menjelaskan, sudah 4,5 ribu dari 18 ribu guru dan dosen di Kabupaten Tuban yang telah divaksin. Targetnya, Juni mendatang seluruh guru dan tenaga pengajar di Kabupaten Tuban telah divaksin.

"Pembelajaran tatap muka harus mematuhi sejumlah protokol kesehatan. Siswa dan guru diwajibkan menggunakan masker yang diimbangi pengawasan ketat pihak sekolah. Siswa juga perlu dibekali hand sanitizer," jelasnya.

Di samping itu, lembaga pendidikan diharapkan mengombinasikan antara pembelajaran tatap muka dan daring. Pembatasan jumlah siswa dalam satu kelas maksimal 50 persen dari kapasitas ruang dan diatur berjarak 1,5 meter.

"Diusahakan siswa tidak makan minum bersama ketika di sekolah. Bila perlu, dapatnya dibentuk satgas Covid-19 sekolah dan berkoordinasi dengan satgas Covid-19 desa maupun puskesmas terdekat," paparnya. (gun/zar)

Penjaga Rumah Ibadah Bertanya Berapa Rupiah Jatah Tuhan
Senin, 10 Mei 2021 00:00 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Anekdot Gus Dur edisi Ramadan edisi 28 ini mereview cerita Gus Dur tertang para penjaga rumah ibadah. “Mereka berembuk soal sumbangan umat kepada rumah ibadah yang mengalami surplus. Lalu mereka bertanya, berapa ja...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Senin, 10 Mei 2021 05:19 WIB
Oleh: Dahlan Iskan---LEBARAN kompak: hari Kamis, 13 Mei 2021. Maka, Disway edisi Rabu, Kamis, Jumat di sekitar Lebaran itu, saya akan menurunkan tiga tulisan tentang kebijakan energi untuk kebangkitan negeri.Lebaran tahun ini banyak waktu untuk memba...
Rabu, 28 April 2021 14:16 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*61. falammaa balaghaa majma’a baynihimaa nasiyaa huutahumaa faittakhadza sabiilahu fii albahri sarabaanMaka ketika mereka sampai ke pertemuan dua laut itu, mereka lupa ikannya, lalu (ikan) itu melompat mengamb...
Sabtu, 08 Mei 2021 11:38 WIB
Selama Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) d...