Senin, 17 Mei 2021 22:23

Buntut Pemberhentian Ratusan THL, Gabungan LSM Tuntut Bupati Banyuwangi Copot Sekda

Senin, 05 April 2021 18:13 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Teguh Prayitno
Buntut Pemberhentian Ratusan THL, Gabungan LSM Tuntut Bupati Banyuwangi Copot Sekda
Koalisi Masyarakat Sipil Peduli Tenaga Harian Lepas saat konferensi pers, Senin (5/4/2021). (foto: ist)

BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Gabungan aktivis LSM dan ormas di Banyuwangi yang tergabung dalam Koalisi Masyarakat Sipil Peduli Tenaga Harian Lepas melakukan aksi gerakan #COPOTSEKDABWI.

Hal tersebut dilakukan menyusul tidak ada jaminan pasti dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi mempekerjakan kembali 331 THL yang dirumahkan pada awal bulan Maret 2021 lalu.

"Kami menuntut Bupati Banyuwangi untuk mencopot sekda," kata Zamroni, mewakili Koalisi Masyarakat Sipil Peduli Tenaga Harian Lepas saat konferensi pers, Senin (5/4/2021).

Menurutnya, permasalahan THL tersebut mutlak kesalahan Sekda Banyuwangi. Pasalnya, setelah adanya gerakan penolakan pemberhentian ratusan THL beberapa waktu lalu, Pemkab Banyuwangi malah membuka lowongan 375 THL.

BACA JUGA : 

Cek Protokol Kesehatan, Forkopimda Banyuwangi Blusukan ke Pusat Perbelanjaan

Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Semeru, Wabup Banyuwangi Bacakan Amanat Kapolri

DPRD Banyuwangi Minta Eksekutif Matangkan Persiapan Pemberlakuan PBG

Bupati Banyuwangi Kunjungi Keluarga Korban KRI Nanggala 402

"Artinya, Sekda Banyuwangi sudah melukai hati masyarakat Banyuwangi. Dia harus bertanggung jawab terkait masa depan dan nasib 331 THL yang kini sudah tak memiliki penghasilan untuk menghidupi keluarganya," ujar Zamroni yang juga Ketua Ormas DPC Pemuda Pancasila Banyuwangi tersebut.

Menurutnya, pemberhentian ratusan THL di masa pandemi sangatlah tak manusiawi. Padahal, pemerintah pusat telah mewanti-wanti kepada seluruh perusahaan BUMN ataupun swasta termasuk pemerintah daerah untuk tidak merumahkan pekerjanya selama pandemi berlangsung.

"Apalagi mereka hanya diberi ucapan terima kasih, tidak lebih. Dan itu sangatlah tidak manusiawi," ujar Zamroni.

Oleh karena itu, Koalisi Masyarakat Sipil Peduli Tenaga Harian Lepas tersebut menginginkan Sekda Banyuwangi dicopot. Jika tidak dicopot juga, mereka mengancam akan turun jalan dengan ratusan massa mendesak Bupati Banyuwangi untuk mencopot sekda. Bahkan, sudah menyiapkan Class Action untuk menggugat Pemkab Banyuwangi di pengadilan negeri.

"Solusinya gampang kok, pekerjakan kembali 331 THL tersebut," tutupnya.

Sementara itu, Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani beberapa waktu lalu mengatakan bahwa kasus pengurangan dan pemberhentian ratusan THL Banyuwangi memang sempat menjadi viral di media sosial (medsos).

"Tetapi perlu dipahami jumlah anggaran yang dikeluarkan untuk THL itu sudah melebihi yang dibutuhkan untuk aparatur sipil negara (ASN), jadi ini seperti buah simalakama. Jadi nanti kami akan evaluasi ke depannya bagaimana dan juga nanti akan ada kebijakan-kebijakan yang dilakukan terhadap THL ini agar tidak terlalu terdampak," jelasnya. (guh/zar)

Artis Greta Garbo Ajak Nikah ​Albert Einstein
Rabu, 12 Mei 2021 04:07 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan episode 30 mereview cerita Gus Dur tentang fisikawan Albert Eintein dan model cantik Greta Garbo. “Anekdot ini saya ambil dari buku berjudul Gus Dur hanya Kalah dengan Orang Madura,...
Sabtu, 15 Mei 2021 22:16 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Bunga tabebuya, khususnya yang berwarna kuning, bermekaran lagi di jalanan Kota Surabaya. Bunga berwarna kuning indah itu semakin mempercantik jalanan, terutama jalan protokol pada saat Idul Fitri atau lebaran kali i...
Senin, 17 Mei 2021 18:27 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Munculnya buzzer dan influencer dalam media sosial (medsos) mengungkap realitas sosial keagamaan secara telanjang. Fenomena ini terlihat dari konten atau narasi yang diproduksi para buzzer dan influencer. Umpatan kasar...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Jumat, 14 Mei 2021 10:11 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Won...