Sabtu, 15 Mei 2021 18:47

Bupati Sumenep Harap Santri Isi Liburan dengan Berkiprah di Masyarakat

Minggu, 04 April 2021 18:27 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Alan Sahlan
Bupati Sumenep Harap Santri Isi Liburan dengan Berkiprah di Masyarakat
Bupati Sumenep Achmad Fauzi saat menyambut kedatangan santri Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukerejo Sitobondo di Gor A. Yani Pangligur, Sabtu (4/4/21).

SUMENEP, BANGSAONLINE.com - Untuk meningkatkan kemampuan, hendaknya santri mengisi liburan dengan kegiatan positif. Imbauan ini disampaikan Bupati Sumenep Achmad Fauzi, M.H. saat menyambut kedatangan santri Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah, Sukorejo, Sitobondo di Gor A. Yani Pangligur, Sabtu (4/4/21) kemarin.

Ia menuturkan, berlibur bukan sekadar untuk bersenang-senang dan berkumpul dengan keluarga di kampung halamannya, tetapi menguji kemampuan diri berkiprah di masyarakat untuk menciptakan kegiatan yang bermanfaat.

“Saya mengharapkan para santri menjadi teladan dan contoh positif bagi masyarakat di masing-masing tempat tinggalnya atau desanya. Semisal memakmurkan masjid, melaksanakan sholat tepat waktu dan berjamaah,” paparnya mencontohkan.

Lebih-lebih pada pertengahan bulan April ini sudah memasuki bulan Ramadan sehingga para santri harus meningkatkan kualitas ibadah dengan melaksanakan salat berjamaah sekaligus bertadarus, baik di masjid maupun musala.

BACA JUGA : 

Tahun Ini, Pengumpulan Zakat Fitrah Pemkab Sumenep Makin Meningkat

Pimpin Apel Pasukan Operasi Ketupat Semeru 2021, Bupati Sumenep: Tingkatkan Kepekaan dan Kewaspadaan

Merasa Dipermainkan, BPD Kalimo'ok Laporkan Pemdes Setempat ke Bupati Sumenep

Safari Ramadhan, Upaya Bupati Sumenep untuk Pererat Silaturahim dengan Ulama

“Para santri jangan sampai selama liburan sibuk menonton televisi atau menggunakan telepon pintarnya terutama menjelang Sholat Maghrib, tetapi datang ke masjid atau mushala untuk sholat berjamaah dan mengaji,” paparnya.

Ia meminta para orang tua santri mengawasi anak-anaknya, agar selama masa liburan mengisi hari-harinya dengan kegiatan bermanfaat. Karena saat ini perkembangan teknologi akan berefek negatif apabila salah memanfaatkanya.

"Sejatinya orang tua harus berperan aktif mengawasi dan memotivasi anak-anaknya agar senantiasa mengisi waktu libur dengan kegiatan positif,” imbuhnya.

Ada 252 santri Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sitobondo yang tiba di Kabupaten Sumenep. Santri putra sebanyak 102 orang dengan menggunakan dua bus. Sedangkan santri putri sebanyak 150 orang dijadwakan hari Senin (5/4/21) besok tiba di Sumenep.

“Selama liburan dan melaksanakan kegiatan, diharapkan seluruh santri menerapkan protokol kesehatan Covid-19 seperti memakai masker. Hal itu sebagai upaya memutus rantai penularan virus itu,” pungkasnya. (aln/ian)

Artis Greta Garbo Ajak Nikah ​Albert Einstein
Rabu, 12 Mei 2021 04:07 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan episode 30 mereview cerita Gus Dur tentang fisikawan Albert Eintein dan model cantik Greta Garbo. “Anekdot ini saya ambil dari buku berjudul Gus Dur hanya Kalah dengan Orang Madura,...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Sabtu, 15 Mei 2021 09:10 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kerusuhan 13 Mei 1998 terus diperingati oleh masyarakat Tionghoa di Indonesia. Korban aksi anarkis itu sebagian memang etnis Tionghoa.Uniknya, mereka memperingati dengan menyajikan rujak pare dan sambal jombrang. Apa...
Kamis, 13 Mei 2021 19:51 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*61. falammaa balaghaa majma’a baynihimaa nasiyaa huutahumaa faittakhadza sabiilahu fii albahri sarabaanMaka ketika mereka sampai ke pertemuan dua laut itu, mereka lupa ikannya, lalu (ikan) itu melompat mengamb...
Jumat, 14 Mei 2021 10:11 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Won...