Peringati Hari Buku Anak Internasional, Kepala Disarpus Kota Kediri: Buku Membentuk Karakter Anak

Peringati Hari Buku Anak Internasional, Kepala Disarpus Kota Kediri: Buku Membentuk Karakter Anak Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Kediri, Hery Purnomo bersama Duta baca Kota Kediri, Fayantri Ekasandra Dewi. (foto: ist)

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Setiap tanggal 2 April, masyarakat dunia memperingati hari Buku Anak Internasional. Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Disarpus) , Hery Purnomo mengatakan, bahwa buku dapat membentuk karakter anak.

“Kepribadian dan karakter anak itu dapat dibentuk melalui buku bacaan mereka, tentu hal ini akan memberikan dampak yang bagus. Dengan catatan, kita (orang tua) harus pandai-pandai memilah dan memilih bacaan untuk anak,” ungkap Hery, Jumat (2/4).

Menurutnya, diperlukan upaya untuk membiasakan anak-anak guna membentuk budaya . “Perlu strategi khusus untuk membuat anak-anak ‘kecanduan’ membaca,” katanya.

Bagi Hery, hal tersebut merupakan investasi jangka panjang. Budaya yang ditanamkan kepada anak sejak dini dapat memperkaya wawasan anak-anak, mempersiapkan mereka menjadi pribadi yang terampil, kreatif dan inovatif di masa depan.

Hery mengajak kepada seluruh orang tua supaya bijak dalam menggunakan teknologi, terutama gawai untuk anak-anak. “Daripada kecanduan gadget, lebih baik kecanduan buku,” ungkap dia.

Sementara itu, sejalan dengan usaha membudayakan untuk masyarakat , Hery mengatakan, Pemerintah melalui Dinas Kearsipan dan Perpustakaan telah meluncurkan sejumlah program untuk memupuk minat baca masyarakat.

“Ada perpustakaan keliling di tempat-tempat umum, taman baca di rusunawa, bahkan di tingkat kelurahan juga ada perpustakaan warga. Selain itu, kita juga adakan pemilihan duta baca sebagai role model, terutama untuk generasi muda,” terang Hery.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO