Senin, 10 Mei 2021 03:45

Bangun Jalan di Sembilan Titik, Pemkab Sumenep Gelontorkan Anggaran Rp35,7 Miliar

Rabu, 31 Maret 2021 19:50 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Alan Sahlan
Bangun Jalan di Sembilan Titik, Pemkab Sumenep Gelontorkan Anggaran Rp35,7 Miliar
Ir. Eri Susanto, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bina Marga Sumenep. (foto: ist)

SUMENEP, BANGSAONLINE.com - Melalui Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bina Marga Sumenep, pada tahun 2021 ini Pemkab Sumenep gelontorkan anggaran sedikitnya Rp35,7 miliar lebih untuk pembangunan jalan di sembilan titik.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bina Marga Sumenep Ir. Eri Susanto mengatakan, peningkatan sembilan titik jalan tersebut dianggarkan melalui dana alokasi khusus (DAK).

Menurutnya, sembilan titik jalan yang akan dilakukan peningkatan itu tersebar di delapan kecamatan. Yakni Jalan Dasuk Timur-Dasuk Barat dengan pagu anggaran Rp5,2 miliar, Jalan Tambaksari-Desa Bun Barat Kecamatan Rubaru Rp5,5 miliar, Jalan Saronggi-Tanjung Rp5,7 miliar, Jalan Batang-Batang-Kolpo Kecamatan Batang-Batang Rp3,5 miliar.

Kemudian, Jalan Padike-Capiye yang ada di Kecamatan Talango dengan pagu anggaran Rp4,4 miliar, Jalan Batas Bringin Kecamatan Dasuk Rp3,4 miliar, Jalan Bluto Kecamatan Bluto Rp3,2 miliar, dan peningkatan Jalan Prenduan-Aeng Panas Kecamatan Pragaan dengan pagu anggaran sebesar Rp2,9 miliar.

BACA JUGA : 

Pimpin Apel Pasukan Operasi Ketupat Semeru 2021, Bupati Sumenep: Tingkatkan Kepekaan dan Kewaspadaan

Merasa Dipermainkan, BPD Kalimo'ok Laporkan Pemdes Setempat ke Bupati Sumenep

Safari Ramadhan, Upaya Bupati Sumenep untuk Pererat Silaturahim dengan Ulama

LTMNU Sumenep Bertekad Jadikan Masjid dan Mushala Sebagai Pusat Pemberdayaan Masyarakat

"Serta ada satu titik peningkatan jalan pedesaan, yakni di Lalangon, Pajenangger dengan anggaran Rp1,6 miliar, juga dari DAK," jelas Eri.

Tahun ini, lokasi peningkatan atau pembangunan jalan mengalami penyusutan dibandingkan tahun sebelumnya. Hal itu disebabkan karena menurunnya pagu anggaran dari tahun sebelumnya Rp90 miliar lebih dan tahun ini hanya Rp15 miliar.

Dikatakan juga bahwa saat ini semua anggaran sudah proses jalan dan sudah memasuki tahap lelang di Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Sumenep. Sebab, program kegiatan di atas Rp200 juta harus melalui tender.

Eri menerangkan, untuk memaksimalkan hasil pekerjaan, pihaknya telah membentuk konsultan setiap pekerjaan yang dibiayai melalui APBD II maupun APBN. “Selain itu juga ada tim khusus dari PU Bina Marga yang bakal melakukan pengawasan pekerjaan setiap waktu yang selalu koordinasi dengan APH (Aparat Penegak Hukum)," pungkasnya. (aln/zar)

Penjaga Rumah Ibadah Bertanya Berapa Rupiah Jatah Tuhan
Senin, 10 Mei 2021 00:00 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Anekdot Gus Dur edisi Ramadan edisi 28 ini mereview cerita Gus Dur tertang para penjaga rumah ibadah. “Mereka berembuk soal sumbangan umat kepada rumah ibadah yang mengalami surplus. Lalu mereka bertanya, berapa ja...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Minggu, 09 Mei 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Tulisan Dahlan Iskan kali ini sangat menyentuh. Tentang prahara rumah tangga pemilik Gedung Empire Palace Surabaya: Gunawan Angkawidjaja dan istrinya, Chin Chin atau Trisulowati.Menurut Dahlan Iskan, Gunawan bukan ha...
Rabu, 28 April 2021 14:16 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*61. falammaa balaghaa majma’a baynihimaa nasiyaa huutahumaa faittakhadza sabiilahu fii albahri sarabaanMaka ketika mereka sampai ke pertemuan dua laut itu, mereka lupa ikannya, lalu (ikan) itu melompat mengamb...
Sabtu, 08 Mei 2021 11:38 WIB
Selama Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) d...