Selasa, 15 Juni 2021 05:13

IJTI, AJI, dan PWI Gelar Aksi Solidaritas Kecam Kekerasan Terhadap Wartawan Tempo

Senin, 29 Maret 2021 19:32 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Anatasia Novarina
IJTI, AJI, dan PWI Gelar Aksi Solidaritas Kecam Kekerasan Terhadap Wartawan Tempo
Puluhan wartawan yang tergabung dalam IJTI, AJI, dan PWI saat unjuk rasa di depan Gedung Grahadi Surabaya, Senin (29/3/2021).

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Puluhan wartawan yang tergabung dalam IJTI (Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia), Aliansi Jurnalis Independen (AJI), dan PWI (Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) unjuk rasa di depan Gedung Grahadi Surabaya, Senin (29/3/2021).

Mereka melakukan aksi solidaritas terhadap Nurhadi, wartawan Tempo yang mendapatkan kekerasan, saat melakukan rangkaian peliputan dan investigasi terkait korupsi, di Surabaya.

Lukman Rozaq, ketua IJTI Korda Surabaya menyesalkan dan mengecam keras tindakan kekerasan dan intimidasi oleh oknum aparat kepada Nurhadi, selaku wartawan tempo.

“Aksi solidaritas ini dilakukan oleh seluruh jurnalis di Surabaya, baik media cetak, elektronik, maupun televisi,” jelas, Lukman Rozaq.

BACA JUGA : 

Gelar Raker Pertama di Tengah Pandemi, PWI Kediri Diapresiasi Wali Kota Kediri dan PWI Jatim

Peduli Anak Yatim, IJTI Kediri Gelar Bukber dan Bagikan Santunan di Panti Asuhan Ar Risalah

Jelang Lebaran, PWI Sidoarjo Bagi-bagi Sembako ke Sopir Angkot

Gelar Muskorda II, Bang Roma Nahkodai IJTI Kediri

Ia menegaskan, tindakan kekerasan yang dialami oleh Nurhadi sangat tidak dibenarkan dan melanggar Undang-Undang Pers Pasal 40 tahun 1999. “Dalam pasal ini jelas, jurnalis yang melakukan peliputan di lindungan UU,” tambahnya.

Dalam pasal ini juga dijelaskan, bagi siapa pun melakukan kekerasan, penghadangan, intimidasi dan merusak alat peliputan jurnalis, ancaman hukumnya adalah pidana.

“Sudah dijelaskan didalam UU No 40 Tahun 1999, ancamannya pidana,” ungkapnya.

Kami meminta kepada Polri untuk mengusut tuntas kasus ini. Harapan kami, agar aparat penegak hukum ke depan bisa bersikap bijak dan memahami tugas-tugas jurnalis di lapangan. “Agar tindakan kekerasan tidak terulang kembali,” harapnya. (ana/rev)

Demam Euro 2021, Warga Desa di Pasuruan Ini Kibarkan Ratusan Bendera Ukuran Raksasa
Senin, 14 Juni 2021 23:58 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Euforia sepak bola Piala Eropa atau Euro tahun 2021 menggema di seluruh penjuru dunia, tak terkecuali di tanah air. Warga pesisir di Kabupaten Pasuruan misalnya, mereka ikut memeriahkan perhelatan Euro 2021 dengan mema...
Jumat, 04 Juni 2021 10:27 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Bukit Kehi, destinasi wisata yang satu ini berada di Kota Pamekasan. Bukit Kehi menawarkan pemandangan daerah pegunungan yang hijau mempesona. Pengunjung bahkan bisa berenang di sejuknya hawa pegunungan di pulau gar...
Senin, 14 Juni 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Membentak dan memarahi ternyata tak selalu jelek. Kadang justru bisa mengubah sejarah. Atau mencipta sejarah.Inilah yang terjadi antara Chairul Saleh dan Mochtar Kusumaatmadja. Saat perjuangan kemerdekaan RI. Ta...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Sabtu, 12 Juni 2021 09:55 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...