Wawali Pasuruan Harap Export Centre Bisa Perkuat Akses Pemasaran Produk-produk IKM

Wawali Pasuruan Harap Export Centre Bisa Perkuat Akses Pemasaran Produk-produk IKM Wawali Pasuruan Adi Wibowo sedang melihat hasil produk-produk dari IKM, Senin (29/3/21).

KOTA PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Wakil Wali Kota (Wawali) Pasuruan secara langsung membuka Sosialisasi Kebijakan Ekspor dan Informasi Peluang Pasar Ekspor dalam rangka mendorong ekspor Nasional, Senin (29/3/21).

Acara yang diselenggarakan di Ball Room Hotel Horison ini dihadiri oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan RI, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Timur, Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Provinsi Jawa Timur, para tenaga teknis Expor Centre Surabaya, dan tamu undangan lainnya.

Dalam kesempatan itu, Wawali Adi menyampaikan bahwa laju pembangunan di Kota Pasuruan mulai menunjukkan hasil signifikan. Namun hal ini belum diiringi dengan optimalisasi pertumbuhan (Industri Kecil Menengah) di Kota Pasuruan.

"Banyaknya yang mengeluhkan macetnya produksi karena sulitnya pemasaran hasil produksi ditambah sulitnya akses pasar, maka perlu adanya langkah inovatif dalam memperkuat akses pemasaran produk-produk ," kata , sapaan Wawali Pasuruan.

Wawali juga membahas FTA (Free Trade Agreement) yang mempunyai maksud untuk membuka akses pasar dengan penghapusan bea tarif masuk ke negara-negara tujuan. Dalam menghadapi FTA, Adi meminta supaya para eksportir terlebih dahulu mencermati secara hati-hati saat mengambil kesepakatan dengan mitra dagang.

Karena itu, ia mengapresiasi dibentuknya Eksport Centre yang berlokasi di Surabaya, sebagai wadah bagi para pedagang untuk berkonsultasi dan mendapat informasi peluang pasar. Di antaranya Buyers Inquiry, Market Intellegent, pemanfaatan FTA, maupun promosi ekspor.

"Saya berharap kerja keras kami selaku pemerintah dapat disambut dengan baik oleh seluruh peserta acara. Karena kegiatan ini adalah untuk kepentingan masyarakat dan itu sendiri," harapnya. (ard/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO