Persemi Diharapkan Menjadi Terobosan untuk Menjawab Tantangan di Era Pandemi

Persemi Diharapkan Menjadi Terobosan untuk Menjawab Tantangan di Era Pandemi Bupati Jember, Hendy Siswanto saat menghadiri pembukaan Persemi di City Forest and Farm, Kaliurang, Jember.

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Persemi (Perkemahan Sehat Era Pandemi) menjadi istilah baru dalam gerakan pramuka. Hal itu tentu untuk menjaga eksistensi gerakan pramuka dalam berbagai kegiatannya.

Seperti yang digelar oleh Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Jawa Timur pada Sabtu (27/03/2021) hingga Minggu (28/03/2021) di City Forest and Farm, Kaliurang, Jember. Peresmi ini dihadiri langsung oleh orang nomor satu di Jawa Timur, Gubernur Khofifah Indar Parawansa.

, Hendy Siswanto sebagai tuan rumah mengucapkan terima kasih atas kedatangan Gubernur Jatim atas inisiasi H. M. Arum Sabil selaku Ketua Kwarda .

"Kami harap ibu gubernur bisa sering hadir ke Jember, karena kami perlu banyak bimbingan dari ibu. Penghargaan juga untuk saudaraku, bapak H. M. Arum Sabil, atas kontribusi aktif kepada Jember melalui Persemi ini," tutur Hendy.

Menurutnya, keberadaan pramuka bisa melengkapi pendidikan formal di sekolah. "Karena pendidikan formal tidak akan cukup untuk menghasilkan pemuda yang berkarakter," ujar Hendy saat menyampaikan sambutannya.

Karena itu, kegiatan Persemi menurut Hendy sangat penting, karena bisa mempererat tali persaudaraan dan silaturahim antar kader. Selain itu, perkemahan dengan konsep disiplin prokes itu juga bisa meningkatkan keterampilan dan kecakapan kader.

"Ini dapat menjadi langkah awal bagi pramuka untuk tetap dapat beraktivitas di masa pandemi. Karena wabah Covid-19 masih membayangi kehidupan masyarakat. Kita tidak tahu di mana letak virus, karena itu kita harus tetap waspada," ujar Hendy.

Hendy juga berpesan agar seluruh kader Pramuka bisa menyosialisasikan disiplin 5M kepada masyarakat. Yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas sosial yang dirasa tidak perlu.

"Saya juga berpesan, jadilah anggota Pramuka yang tangguh, kreatif, inovatif, serta jauhi narkoba dan pergaulan bebas," tutur mantan birokrat Kemenhub RI ini.

Sementara itu, H. M. Arum Sabil menyatakan kegiatan Persemi ini akan menjadi model dari kegiatan Pramuka selanjutnya di masa pandemi.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO