Rekomendasi Terbuka Tim 9: Jokowi Jangan Melantik, BG Mengundurkan Diri

Rekomendasi Terbuka Tim 9: Jokowi Jangan Melantik, BG Mengundurkan Diri Foto: detik.com

BangsaOnline - Tim independen racikan Presiden Jokowi mengomentari putusan sidang praperadilan yang memenangkan gugatan Komjen di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Berikut isi lengkap pernyataan tim yang diketuai Syafii Maarif itu.

Konferensi pers sendiri dilakukan di Maarif Institute di Jalan Tebet Dalam Raya II no 6, Jakarta Selatan. Dalam konferensi pers tersebut hadir juga Anggota Tim Independen yang hadir ialah Bambang Widodo Umar, Hikmahanto Juwana, Imam Prasodjo dan mantan Wakapolri Komjen (Purn) Oegroseno.

Berikut Isi Rekomendasi Terbuka Tim Konsultatif Independen:

1. Tim Konsultatif Independen tetap pada rekomendasi agar Presiden tidak melantik Komjen Pol sebagai Kapolri meski beliau telah dihapuskan status tersangka dalam Putusan praperadilan mengingat putusan praperadilan tidak terkait dengan substansi sangkaan.

2. Tim Konsultatif Independen mengharapkan Presiden berupaya agar Komjen Pol bersedia untuk mengundurkan diri dalam pencalonan Kapolri demi kepentingan Bangsa dan Negara.

3. Presiden segera memulai proses pemilihan calon Kapolri agar Institusi Polri terjaga soliditas dan independensinya serta Kapolri terpilih dapat memastikan sinergi dengan lembaga penegak hukum lain.

4. Presiden segera turun tangan dan melakukan berbagai upaya untuk mempertahankan keberadaan Komisi Pemberantasan Korupsi yang sejumlah pimpinannya ditetapkan sebagai tersangka dan sejumlah penyidik dan pegawainya ditersangkakan atau terancam ditersangkakan.

Sumber: detik.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Resmi Dipecat! Novel Baswedan dkk Letakkan Kartu Identitas KPK':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO