Luncurkan SiOPPAH, Bupati Yuhronur Ajak OPD Efektifkan Aplikasi Digital

Luncurkan SiOPPAH, Bupati Yuhronur Ajak OPD Efektifkan Aplikasi Digital Bupati Yuhronur didampingi Wakil Bupati Abdul Rouf saat peluncuran aplikasi SiOPPAH. (foto: ist)

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Bupati Yuhronur Efendi optimis program utama pada 100 hari kerjanya dapat terlaksana dengan baik. Untuk itu, Bupati Yuhronur memastikan pelayanan publik via digitalisasi dapat dijalankan secara efektif di .

Bersamaan dengan peluncuran aplikasi SiOPPAH (Sistem Online Pengajuan dan Pemantauan Produk Hukum) di Pendopo Lokatantra, Kamis (18/3/2021), bupati mengajak Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) Kabupaten untuk lebih mengefektifkan penggunaan aplikasi dalam digitalisasi pelayanan publik.

Di samping itu, Yuhronur berharap bahwa dengan diluncurkannya SiOPPAH di bawah naungan Bagian Hukum Pemkab ini dapat mempermudah dalam memberikan pelayanan terkait produk hukum.

"Aplikasi ini bagus sekali jika benar-benar dapat diefektifkan dan dimanfaatkan dengan baik. Karena ribuan produk hukum yang tiap tahunnya dikeluarkan dapat lebih transparan prosesnya. Bagian yang ingin mengetahui progres pembuatan SK atau perbup yang diajukan juga bisa lebih mudah," ujarnya.

Dijelaskannya bahwa aplikasi yang dimiliki OPD dapat mencapai ratusan, namun tidak sampai 50 persen aplikasi ini bisa dijalankan secara efektif. Oleh karena itu, perlu adanya evaluasi untuk memantapkan kembali aplikasi yang dimiliki OPD.

"Momen ini saya minta kepada seluruh OPD untuk meninjau kembali aplikasi-aplikasi serta media sosial yang dimiliki. Apakah berjalan efektif atau tidak, apakah sudah benar-benar memberikan informasi dan keterbukaan untuk publik. Jika tidak jalan lebih baik dirampingkan saja," tambahnya.

Ke depan, pihaknya akan mengefektifkan dan memilah penggunaan aplikasi di , aplikasi mana yang dianggap memberikan manfaat besar bagi kinerja pemerintahan.

"Kita masih mempersiapkan untuk me-launching aplikasi yang sifatnya ini seperti call center yang memberikan ruang bagi masyarakat untuk melakukan pengaduan. Sehingga nantinya, interaksi antara pemerintah dengan masyarakat pun bisa terpaut dengan baik. Jadi ada fasilitasi untuk masyarakat," pungkasnya. (qom/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO