Silaturahim Dengan Tokoh Lintas Agama di Jatim, Menkopolhukam RI Apresiasi Moderasi Beragama

Silaturahim Dengan Tokoh Lintas Agama di Jatim, Menkopolhukam RI Apresiasi Moderasi Beragama Menkopolhukam RI, Mahfud MD.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Republik Indonesia (Menkopolhukam RI) Mahfud MD melakukan silaturahim dengan tokoh lintas agama di wilayah bertempat di Kodam V Brawijaya, Rabu (17/3/2021).

Dalam silaturahim ini, Menkopolhukam didampingi Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Mayjend TNI Suharyanto, dan Irjen Pol Nico Afinta.

Dalam sambutannya, Menkopolhukam RI mengatakan, adalah salah satu provinsi yang dengan jumlah penduduk yang besar, 40 juta jiwa dari 38 kota/kabupaten.

"Ini menunjukkan, pertama moderasi Islam, moderasi beragama tumbuh di sini. Memang ada peristiwa-peristiwa teror tapi bisa diatasi. Tapi secara umum, rakyatnya tumbuh dengan penuh . Tentu bukan hanya , seluruh Indonesia umat Islamnya itu pada umumnya toleran," jelas Machfud MD.

Lebih lanjut, Machfud MD menjelaskan, moderasi beragama di dipelopori oleh Kiai Hasyim Asyari. Meski demikian, ia juga menyebut sebelum itu Muhammadiyah juga sudah mengembangkan moderasi bergama di .

"Sebenarnya konflik antar umat beragama karena perbedaan agama itu sangat kecil. Bahwa ada teroris itu menyimpang, tapi bukan hanya di Islam. Semua agama itu punya terorisnya sendiri, karena sangat radikal di dalam pemahamannya," tandasnya.

Lihat juga video 'Akhirnya, Putra Kiai Jombang Tersangka Pencabulan Santriwati Serahkan Diri ke Polda Jatim':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO