Senin, 17 Mei 2021 22:25

JPD di Gresik Diperbaiki, DPRD Minta Tonase Kendaraan Lewat Harus Diperhatikan

Kamis, 11 Maret 2021 12:14 WIB
Editor: tim
Wartawan: syuhud Almanfaluty
JPD di Gresik Diperbaiki, DPRD Minta Tonase Kendaraan Lewat Harus Diperhatikan
Bupati Gus Yani, bersama Kades Gredek Duduksampean Ghofar saat gowes sambil melihat JPD rusak. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Pemkab Gresik di bawah kepemimpinan Bupati Fandi Akhmad Yani (Gus Yani) dan Aminatun Habibah (Bu Min) pada tahun 2022 mendatang akan fokus terhadap perbaikan jalan poros desa (JPD) yang kondisinya banyak rusak. Selain pada tahun 2021 ini sudah mulai lakukan perbaikan.

Perbaikan JPD masuk salah satu program prioritas untuk memudahkan akses masyarakat dan untuk meningkatkan aktivitas perekonomian di perdesaan. Sebab, dari total sekitar 160 ruas JPD, rata-rata kondisinya rusak, baik sedang maupun berat.

"Memang para kepala desa telah diminta Pak Bupati Gus Yani maupun DPRD untuk mendata kerusakan JPD, dan mengajukan perbaikan," ujar Kepala Desa Gredek Kecamatan Duduksampeyan Muhammad Bahrul Ghofar kepada BANGSAONLINE.com, Kamis (11/3/2021).

Saat ini, lanjut Kang Ghofar, sapaan akrabnya, para kades sudah mengajukan perbaikan JPD yang rusak di wilayah masing-masing. "Desa sudah mengajukan ke pemda dan DPRD melalui program jaring aspirasi masyarakat (jasmas)," jelas Ghofar.

BACA JUGA : 

Wabup Bu Min Ingin Ngantor di Desa, Ketua AKD Mendukung

Buntut Lulusan S1 Unair Kalah dengan Kejar Paket C, Inspektorat Periksa Kades dan P3D Munggugebang

Segera Dibangun, RS Gresik Selatan Berpeluang Didirikan di Desa Tanjung Kedamean

Bupati Gus Yani Serahkan JPS kepada 24.532 Guru Ngaji dan Marbot

Kata dia, pengajuan perbaikan JPD baik lewat pemda maupun DPRD maksimal sampai tanggal 17 Maret melalui SIPD (Sistem Informasi Pembangunan Daerah ). "Jadi, pengajuan perbaikan JPD rusak tahun ini baru akan realisasi tahun 2022 lewat program Jasmas DPRD," ungkapnya.

Sementara Ketua Fraksi PDIP DPRD Gresik, Noto Utomo membenarkan ada batas waktu hingga 17 Maret 2021 bagi kepala desa yang mengajukan perbaikan JPD rusak. "Mengapa hingga 17 Maret? Kerena waktu itu pengajuan sudah harus masuk di SIPD," kata Noto.

Menurut Noto, sesuai kesepakatan, anggaran Jasmas DPRD Gresik tahun 2022 50 persen di antaranya dialokasikan untuk perbaikan JPD rusak. "Anggota DPRD ada 50 orang. Sehingga setiap anggota Jasmasnya Rp 3 miliar, 50 persen digunakan untuk perbaikan JPD atau masing-masing Rp 1,5 miliar, maka akan ada anggaran Rp 75 miliar untuk perbaikan JPD rusak," beber Sekretaris DPC PDIP Gresik ini.

Noto mengaku telah dimintai bantuan Gus Yani untuk ikut membantu mendata JPD rusak di daerah pemilihan untuk dilakukan perbaikan. "Sudah. Saya sudah minta para kepala desa untuk mendata dan mengajukan proposal perbaikan JPD rusak di wilayah masing-masing untuk perbaikan di tahun 2022 dengan program Jasmas DPRD," urainya.

Noto juga meminta para kepala desa untuk menjaga JPD agar tak cepat rusak apabila nantinya sudah diperbaiki. Caranya, dengan mengawasi kendaraan roda empat yang melintas. "Jangan sampai kendaraan dengan tonase berat yang lewat JPD dibiarkan melintas karena tak sesuai tonasenya, sebab bisa membuat JPD cepat rusak," pinta Noto.

Menurut Noto, JPD banyak yang rusak selain karena kondisi alam, seperti kontur tanah, curah hujan, juga disebabkan kendaraan dengan tonase berat dibiarkan lewat. "Untuk itu, saya minta agar kades menjaga JPD agar tak dilalui kendaraan tonase berat agar tak cepat rusak," pungkasnya. (hud)

Artis Greta Garbo Ajak Nikah ​Albert Einstein
Rabu, 12 Mei 2021 04:07 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan episode 30 mereview cerita Gus Dur tentang fisikawan Albert Eintein dan model cantik Greta Garbo. “Anekdot ini saya ambil dari buku berjudul Gus Dur hanya Kalah dengan Orang Madura,...
Sabtu, 15 Mei 2021 22:16 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Bunga tabebuya, khususnya yang berwarna kuning, bermekaran lagi di jalanan Kota Surabaya. Bunga berwarna kuning indah itu semakin mempercantik jalanan, terutama jalan protokol pada saat Idul Fitri atau lebaran kali i...
Senin, 17 Mei 2021 18:27 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Munculnya buzzer dan influencer dalam media sosial (medsos) mengungkap realitas sosial keagamaan secara telanjang. Fenomena ini terlihat dari konten atau narasi yang diproduksi para buzzer dan influencer. Umpatan kasar...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Jumat, 14 Mei 2021 10:11 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Won...