Fraksi PDI Perjuangan DPRD Jatim Kawal Ketat Raperda Ponpes

Fraksi PDI Perjuangan DPRD Jatim Kawal Ketat Raperda Ponpes Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Jatim Sri Untari bersama anggota F-PDI Perjuangan usai beraudiensi dengan Pengasuh Yayasan Pesantren Mukmin Mandiri Sidoarjo Dr. K.H. Muhammad Zakki, M.Si. (foto: DIDI ROSADI/ BANGSAONLINE)

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Jawa Timur Sri Untari Bisowarno menegaskan bahwa pihaknya bakal mengawal ketat pembahasan rancangan peraturan daerah (raperda) tentang pengembangan ponpes (pondok pesantren).

"Kami akan kawal dan ikut membahas dengan intens, bahkan juga melakukan kunjungan ke beberapa pondok pesantren di Jawa Timur," kata Untari, Rabu (10/3/2021).

Tak hanya melakukan kunjungan ke beberapa pesantren, untuk menambah bekal dalam pembahasan , Fraksi PDI Perjuangan juga mengundang sejumlah ulama pengasuh ponpes.

Seperti yang dilakukan pada Selasa (9/3/2021), pihaknya mengundang pengasuh Yayasan Pesantren Mukmin Mandiri Sidoarjo Dr. K.H. Muhammad Zakki, M.Si., di Ruang Fraksi PDI Perjuangan DPRD Jatim.

Kiai Zakki banyak memberi masukan kepada anggota Fraksi PDI Perjuangan, khususnya bagi anggota fraksi yang masuk pansus , sebagai bahan pembahasan.

"Masukan dari Pak Kiai Zakki, tentu sangat berharga bagi kami sebagai bekal dalam pembahasan , sehingga nantinya perda ini benar-benar menyentuh pesantren, dan tepat sasaran," ujarnya.

Menurutnya, kedekatan PDI Perjuangan dengan kalangan pondok pesantren merupakan amanah dari Guru Besar Kader Banteng, Bung Karno. "Yang harus terus kami jaga keharmonisan hubungannya. Dulu Bung Karno kan sangat akrab dengan para kiai dan ulama, maka kami melanjutkan tradisi itu," jelas Untari.

"Apalagi kami sadari bahwa pondok pesantren adalah salah satu pilar penting dalam menjaga keutuhan NKRI. Maka sudah sangat wajar jika kami cukup serius turut andil dalam pembahasan raperda pondok pesantren. Semoga raperda ini nanti membawa kemaslahatan untuk kita semua," tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Anggota Pansus Perda Pondok Pesantren Erma Susanti menambahkan, pihaknya menghadirkan narasumber terkait perda yang sedang dibahas ini adalah gagasan Ketua Fraksi Sri Untari Bisowarno.

"Ide ini bagus sekali dan ini coba kami laksanakan. Ternyata sangat bermanfaat karena memberi wawasan lebih luas lagi kepada kami. Nanti tradisi ini kami teruskan mengundang pakar-pakar sesuai dengan perda yang dibahas untuk berdiskusi di fraksi kami," kata Erma.

Lihat juga video 'Mobil Angkot Terbakar di Jalan Panjang Jiwo, Sopir Luka Ringan':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO