Kamis, 15 April 2021 02:25

​Demi Marwah NU, Kader Gus Dur di Jatim Minta Said Aqil Mundur dari Komut PT KAI

Kamis, 04 Maret 2021 12:31 WIB
Editor: tim
​Demi Marwah NU, Kader Gus Dur di Jatim Minta Said Aqil Mundur dari Komut PT KAI
H. Ahmad Khoiri Mahfud. foto: ist

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siradj kembali menjadi sorotan para warga NU setelah diangkat sebagai Komisaris Utama (Komut) PT Kereta Api Indonesia (KAI). Banyak sekali kader dan warga NU kecewa dan menyayangkan sikap Kiai Said Aqil menerima dan menduduki jabatan tersebut.

Bahkan Pembina Barikade Gus Dur Jawa Timur H. Ahmad Khoiri Mahfud terang-terangan meminta kepada Ketua Umum PBNU KH. Said Agil untuk menolak jabatan Komut KAI.

“Kami menilai bahwa Ketum PBNU tidak pantas menerima jabatan itu. PBNU itu jauh lebih besar dari sekadar jabatan komut. Apalagi NU adalah ormas terbesar di indonesia yang hanya dimanfaatkan oleh kepentingan tertentu,” kata Ahmad Khoiri Mahfud dalam rilis yang diterima BANGSAONLINE.com, Kamis (4/3/2021).

Ahmad Khoiri Mahfud menjelaskan bahwa desakan mundur itu tak ada tendensi lain selain untuk menjaga marwah NU. “Kami mengharap Pak Said menolak menjadi Komut KAI semata-mata karena untuk menjaga marwah NU (Nahdlatul Ulama), dan beliau bisa menunjuk yang lain untuk menjadi komisaris,” tegasnya.

BACA JUGA : 

Diduga Depresi, Ibu Dua Anak di Mojokerto Nekat Tabrakkan Diri ke Kereta Api

Said Aqil ​Cek Sound Capres 2024, Pengamat: Ingat Cak Imin Musuh Gus Dur

​Gus AMI Masih Dibutuhkan PKB, Tak Ada Rencana Jadi Ketua Umum PBNU

Jokowi Dukung Vaksin Nusantara, Tapi Tidak Pojokkan BPOM, Dahlan Iskan: Politik Santun

Ahmad Khoiri Mahfud menjelaskan bahwa desakan mundur itu tak ada tendensi lain selain untuk menjaga marwah NU. “Kami mengharap Pak Said menolak menjadi Komut KAI semata-mata karena untuk menjaga marwah NU (Nahdlatul Ulama), dan beliau bisa menunjuk yang lain untuk menjadi komisaris,” tegasnya.

Seperti ramai diberitakan, Said Aqil diangkat sebagai Komusaris Utama KAI berdasarkan Surat Keputusan Menteri BUMN bernomor SK-64/MBU/03/2021. Said Aqil menggantikan posisi Jusman Syafii Djamal.

Selain sebagai Komisaris Utama KAI, Said Aqil juga merangkap sebagai komisaris independen perusahaan pelat merah itu. Kementerian BUMN juga menunjuk Riza Primadi sebagai Komisaris Independen KAI, Rochadi sebagai Komisaris Independen KAI, Diah Natalisa sebagai Komisaris KAI, dan Chairul Anwar sebagai Komisaris KAI.

Lalu bagaimana tanggapan Kiai Said Aqil? Sebelumnya, juru bicara Ketum PBNU Said Aqil, Muchammad Nabil Haroen (Gus Nabil), mengatakan bahwa Said Aqil berterima kasih atas kesempatan yang diberikan oleh negara.

“Kiai Said ingin menyumbangkan tenaga dan pikiran untuk masyarakat dan Negara lewat pengabdian di PT KAI,” kata Gus Nabil dilansir Kompas TV, Rabu (3/3/2021).

Menurut Gus Nabil, Said Aqil sebagai Komisaris Utama akan segera mengadakan pertemuan dengan Dewan Komisaris KAI.

“Beberapa pekan ke depan akan ada pertemuan dengan Dewan Komisaris. Di sana nanti akan terlihat langkah-langkah yang diperlukan untuk meningkatkan kinerja KAI,” kata Gus Nabil yang kini anggota DPR RI dari PDIP.

Sebelumnya, Kementerian BUMN juga menjelaskan alasan penunjukan Said Aqil Siradj menjadi komisaris utama merangkap komisaris independen PT KAI (Persero). Kementerian BUMN menyatakan, hal ini menimbang pengalaman Said Aqil.

Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga mengatakan, Said Aqil pernah menjabat sebagai Komisaris Utama Bursa Berjangka dan Derivatif Indonesia (ICDX). Jadi, kata dia, Said Aqil punya pengalaman mengelola bisnis.

"Jadi kan Kiai Said Aqil itu kan juga adalah komisaris utama ICDX dari komisarisnya komoditi dan derivatif. Jadi beliau sudah punya pengalaman yang banyak mengenai pengelolaan bisnis dan sebagai komisaris, jadi bukan sesuatu yang baru bagi beliau," katanya kepada media, Rabu (3/3/2021). (tim)

Kecelakaan di Jemursari Surabaya, Mobil Kijang Innova Terguling Masuk Sungai
Rabu, 14 April 2021 22:12 WIB
SURABAYA, BANGASONLINE.COM - Kecelakaan tunggal terjadi di Jalan Jemursari, Surabaya. Sebuah mobil Toyota Kijang Innova nopol N 371 VA terjun ke sungai Jemursari hingga terguling.Peristiwa ini terjadi Rabu (14/4) petang sekira pukul 18.15 WIB, t...
Minggu, 11 April 2021 18:27 WIB
KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kediri melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan mulai Sabtu (10/4) kemarin melakukan uji coba pembukaan tempat wisata andalan Kabupaten Kediri. Di antaranya Wisata Besuki Irenggolo yang te...
Rabu, 14 April 2021 05:44 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Ini fenomena menarik. Ternyata dimatikannya Vaksin Nusantara justru memantik kepercayaan para tokoh nasional, dokter, dan para anggota DPR RI. Mereka ramai-ramai antre untuk Vaksin Nusantara. Benarkah mereka leb...
Senin, 22 Februari 2021 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*58. Warabbuka alghafuuru dzuu alrrahmati law yu-aakhidzuhum bimaa kasabuu la’ajjala lahumu al’adzaaba bal lahum maw’idun lan yajiduu min duunihi maw-ilaanDan Tuhanmu Maha Pengampun, memiliki kasih sayang. ...
Jumat, 09 April 2021 09:59 WIB
Memasuki Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA)...