Selasa, 20 April 2021 04:55

61 Pelanggar Prokes Jalani Sidang di Tempat

Kamis, 25 Februari 2021 13:55 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Ardianzah
61 Pelanggar Prokes Jalani Sidang di Tempat
Para pelanggar protokol kesehatan saat menjalani sidang di Kantor Kecamatan Bangil.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Sebanyak 61 pelanggar protokol kesehatan ditindak dalam operasi yustisi di depan Kantor Kecamatan Bangil, Kamis (25/02/2021). Para pelanggar itu langsung menjalani sidang di tempat.

Operasi yustisi kali ini ini diikuti oleh 120 personel yang terdiri dari TNI, Polri, BKO Marinir, Satpol PP, dan Dishub. Selama masa pandemi, ini ketiga kalinya dilakukan penindakan di tempat.

"Ini ketiga kalinya dilakukan operasi sidang di tempat di Kabupaten Pasuruan. Yang pertama dan kedua di akhir 2020," terang Kasatpol PP Kabupaten Pasuruan, Bhakti Jati Permana.

BACA JUGA : 

Operasi Non Yustisi, Satpol PP Kota Kediri dan Tim Gabungan, Dapati 33 Orang Tak Bermasker

Pimpin Operasi Yustisi, Kapolres Mojokerto Kota Imbau Jangan Mudik

Tumpukan Ribuan Identitas Pelanggar Prokes Bikin Bingung Kejari Sidoarjo

Ops Yustisi Gabungan di Jombang, Tegakkan Prokes dan Persempit Ruang Gerak Teroris

Adapun ke-61 pelanggar itu kedapatan tidak memakai masker. Mereka selanjutnya diberlakukan sidang di tempat dengan sanksi denda sesuai Perda Jatim No 2 tahun 2020.

"Sesuai Perda Jatim No 2 tahun 2020, ada tindakan denda berupa uang. Besaran denda tergantung hakim, yang jelas maksimal 500 ribu. Uang dari denda masuk kasda Kabupaten Pasuruan," lanjut Bhakti.

Menurut Bhakti, operasi semacam ini akan terus digalakkan. Sasarannya adalah daerah dengan angka konfirmasi positif yang tinggi.

"Ke depan kita akan agendakan operasi semacam ini di tempat yang konfirmasi positifnya tinggi, seperti di Bangil ini," jelasnya.

Sementara itu, Affandi (23), salah satu pelanggar, mengaku bahwa ia memang tak membawa masker. Alasannya, ia hanya berkendara dengan jarak beberapa kilometer saja.

"Enggak bawa masker tadi pas melintas depan kecamatan. Saya memang enggak pakai masker, karena jarak tempuh saya dekat," imbuhnya pria asli Malang tersebut. (ard/rev)

Polisi dan Tukang Becak, Madura Kok Dilawan
Senin, 19 April 2021 21:38 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan episoode ke-8 ini mereview tukang becak asal Madura yang dihadang polisi karena dianggap melanggar rambu-rambu lalu lintas. Di jalan raya itu memang tertancap rambu lalu lintas berupa ga...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Senin, 19 April 2021 05:29 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Dua guru besar ini punya integritas dan reputasi tinggi di bidangnya masing-masing. Nah, Dahlan Iskan kali ini tak banyak menulis. Tapi menurunkan pandangan dua profesor yang dua-duanya kontra dan kritis terhadap Vaksin...
Selasa, 20 April 2021 00:09 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*60. Wa-idz qaala muusaa lifataahu laa abrahu hattaa ablugha majma’a albahrayni aw amdhiya huqubaanDan (ingatlah) ketika Musa berkata kepada pembantunya, “Aku tidak akan berhenti (berjalan) sebelum sampai ke ...
Minggu, 18 April 2021 12:17 WIB
Memasuki Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA)...