Selasa, 15 Juni 2021 20:02

Kades Wringinanom Ingin Tingkatkan Ekonomi Warga Melalui BUMDes

Selasa, 23 Februari 2021 20:31 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Safiudin
Kades Wringinanom Ingin Tingkatkan Ekonomi Warga Melalui BUMDes
Yoko, Kepala Desa Wringinanom, Kecamatan Wringinanom, Kabupaten Gresik.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Masa pandemi Covid-19 tidak menyurutkan langkah Yoko, Kepala Desa Wringinanom, Kecamatan Wringinanom, Kabupaten Gresik untuk segera mendirikan BUMDes.

"BUMDes sangat penting dalam meningkatkan perekonomian desa, pendapatan asli desa, meningkatkan pengelolaan pertumbuhan dan pemerataan ekonomi desa," kata Yoko kepada awak media, Selasa (23/2/2021).

"Tentu dalam mencapai tujuan BUMDes dengan cara memenuhi kebutuhan (produktif dan konsumtif) masyarakat melalui pelayanan barang dan jasa yang dikelola oleh masyarakat dan pemerintah desa," lanjutnya.

Menurut Yoko, BUMDes merupakan pilar ekonomi desa yang berfungsi sebagai lembaga sosial (social institution) dan komersial (commercial institution). BUMDes sebagai lembaga sosial harus berpihak kepada kepentingan masyarakat melalui kontribusinya dalam penyediaan pelayanan sosial. 

BACA JUGA : 

Mendes Minta BUM Desa di Tuban Dapat Atasi Pemulihan Ekonomi di Tengah Pandemi

Launching Desa Wisata Zona KIP, Khofifah Bantu Modal Untuk 200 BUM Desa di Jatim

​BUMDes Karya Makmur Madiun Gandeng Pemuda Kembangkan Ternak Modern

Pemdes Wringinanom Dirikan Posko Kampung Tangguh Semeru PPKM Mikro

"Sedangkan sebagai lembaga komersial bertujuan mencari keuntungan melalui penawaran sumberdaya lokal (barang dan jasa) ke pasar," ucapnya.

Lanjut Yoko, dalam menjalankan usahanya, BUMDes harus mengedepankan prinsip efisiensi dan efektivitas. Di samping juga memperhatikan karakteristik lokal, potensi, dan sumberdaya yang dimiliki masing-masing desa. 

"Dengan demikian diharapkan keberadaan BUMDes mampu mendorong dinamisasi kehidupan ekonomi di perdesaan dan diharapkan mampu memaksimalkan potensi masyarakat desa dari aspek ekonomi, sumber daya alam dan sumber daya manusianya," sambungnya.

Yoko berharap BUMDes nantinya dapat menyerap tenaga kerja desa, meningkatkan kreativitas, dan membuka peluang usaha ekonomi produktif mereka yang berpenghasilan rendah.

"Maka dari itu bila BUMDes itu benar benar terwujud, saya mengajak masyarakat bersama-sama mengembangkan usaha milik desa yang ada. Supaya tercipta yang namanya desa mandiri, tangguh, maju, berdaulat," harapnya. (sda1/ian)

Demam Euro 2021, Warga Desa di Pasuruan Ini Kibarkan Ratusan Bendera Ukuran Raksasa
Senin, 14 Juni 2021 23:58 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Euforia sepak bola Piala Eropa atau Euro tahun 2021 menggema di seluruh penjuru dunia, tak terkecuali di tanah air. Warga pesisir di Kabupaten Pasuruan misalnya, mereka ikut memeriahkan perhelatan Euro 2021 dengan mema...
Jumat, 04 Juni 2021 10:27 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Bukit Kehi, destinasi wisata yang satu ini berada di Kota Pamekasan. Bukit Kehi menawarkan pemandangan daerah pegunungan yang hijau mempesona. Pengunjung bahkan bisa berenang di sejuknya hawa pegunungan di pulau gar...
Selasa, 15 Juni 2021 06:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com-RUU Pajak makin ramai dan kontroversial. Tapi suara fraksi-fraksi di DPR kali ini menolak. Alias tak mendukung rencana pemerintah.Apa benar ini karena Pilpres sudah dekat? Atau karena para pimpinan parpol belum dipanggil pr...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Sabtu, 12 Juni 2021 09:55 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...