Selasa, 20 April 2021 05:38

Ini Sebab Roda Ekonomi di Wisata Bektiharjo Tuban Makin Lesu

Minggu, 21 Februari 2021 19:44 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Gunawan Wihandono
Ini Sebab Roda Ekonomi di Wisata Bektiharjo Tuban Makin Lesu
Hari libur, sendang di Wisata Bektiharjo sepi pengunjung, hanya beberapa orang saja yang tampak.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Roda ekonomi di Wisata Alam Pemandian Bektiharjo milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban yang berada di Desa Bektiharjo, Kecamatan Semanding semakin lesu.

Banyak pemilik warung yang tutup meski hari libur atau akhir pekan. Padahal sebelum pandemi Covid-19, ketika hari libur dan akhir pekan banyak kios atau warung dipadati pengunjung. Pemilik warung pun sambat atas kondisi tersebut.

"Ya, sekarang makin sepi. Padahal setiap hari Minggu ramai. Sejak pandemi semakin sepi," ungkap Bu Lik, salah satu pemilik warung saat ditemui, Minggu (21/2).

Sepinya Wisata Pemandian Bektiharjo juga membuat sejumlah pedagang harus memutus kontrak lapak. Terhitung ada 2 warga sekitar yang sudah memutus kontrak lapak dengan Disparbudpora Kabupaten Tuban. Pasalnya, pemasukan yang didapat tidak sebanding dengan nilai sewa lapak yang dinilai sangat mahal.

BACA JUGA : 

​Antisipasi Aksi Balap Liar, Polres Tuban Siagakan Personel di JLS dan Soekarno-Hatta

Janji Bupati Tuban Naikkan Gaji GTT dan PTT Setara UMR Belum Tercapai

Cerita 16 Nelayan Terombang-ambing 2 Jam di Laut, Hingga Diselamatkan Kapal MT Queen Majesty

Kapal Terbakar, 16 Nelayan yang Diselamatkan Kapal MT Queen Tiba di Tuban

"Mungkin sepi mas, jadi diputus kontraknya. Kalau lapaknya ada di depan," timpal pedagang lain.

Sejak pandemi Covid-19 jumlah pengunjung di Wisata Pemandian Bektiharjo memang terus menurun. Jika sebelum Covid-19, jumlah pengunjung mencapai ratusan orang setiap akhir pekan.

Namun sejak pandemi,  jumlah pengunjung terus mengalami penurunan, hanya di angka puluhan. Ditambah lagi, harga tiket masuk yang dianggap mahal, yakni Rp 10.000 per orang untuk dewasa dan Rp 5.000 untuk anak-anak. "Ya mas saat ini makin sepi," ujar Huda pengunjung Wisata Bektiharjo.

Mengenai sepinya Wisata Bektiharjo, Kabid Pariwisata, Disparbudpora Kabupaten Tuban Suwanto tak menampiknya. Menurut Suwanto, sepinya wisata dampak pandemi Covid-19 dan penerapan PPKM. Sehingga masyarakat lebih cenderung di rumah.

Suwanto mengatakan kondisi ini tidak hanya terjadi di Wisata Alam Pemandian Bektiharjp, tapi hampir semua kondisi wisata di Tuban sepi. Termasuk yang dikelola pihak Pokdarwis.

Oleh sebab itu, pemkab terus mendorong pengelola untuk mengembangkan wisatanya di masa pandemi agar bisa tetap eksis. "Kalau di Wisata Bektiharjo kami akan menambah wahana baru dengan membuat taman yang rencananya ada di depan wisata," beber Wanto, sapaan akrab Suwanto.

Diketahui, Pemandian Bektiharjo merupakan wisata alam yang menyuguhkan kolam renang, kolam sendang, dan pohon-pohon besar yang dihuni beberapa ekor kera. Jarak wisata ini dengan pusat Kota Tuban sekitar 5 kilometer. Bisa dijangkau naik motor serta mobil. (gun/ian)

Polisi dan Tukang Becak, Madura Kok Dilawan
Senin, 19 April 2021 21:38 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan episoode ke-8 ini mereview tukang becak asal Madura yang dihadang polisi karena dianggap melanggar rambu-rambu lalu lintas. Di jalan raya itu memang tertancap rambu lalu lintas berupa ga...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Senin, 19 April 2021 05:29 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Dua guru besar ini punya integritas dan reputasi tinggi di bidangnya masing-masing. Nah, Dahlan Iskan kali ini tak banyak menulis. Tapi menurunkan pandangan dua profesor yang dua-duanya kontra dan kritis terhadap Vaksin...
Selasa, 20 April 2021 00:09 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*60. Wa-idz qaala muusaa lifataahu laa abrahu hattaa ablugha majma’a albahrayni aw amdhiya huqubaanDan (ingatlah) ketika Musa berkata kepada pembantunya, “Aku tidak akan berhenti (berjalan) sebelum sampai ke ...
Minggu, 18 April 2021 12:17 WIB
Memasuki Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA)...