Rabu, 21 April 2021 05:16

​Gelar Pembinaan, Kemenag Tuban Minta ​Penyuluh Agama Islam Bisa Berdakwah via Digital

Kamis, 18 Februari 2021 20:31 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Suwandi
​Gelar Pembinaan, Kemenag Tuban Minta ​Penyuluh Agama Islam Bisa Berdakwah via Digital
Acara Pembinaan Pembuatan Konten Dakwah via Media Sosial di aula Yayasan Al Futuhiyyah, Desa Sugiharjo, Kamis (18/2/2021). (foto: ist)

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Penyuluh Agama Islam di Kabupaten Tuban dituntut bisa berdakwah melalui digital dengan memanfaatkan media sosial dan media online. Hal itu disampaikan Kasubbag TU Kemenag Tuban Moh Qosim kepada Kelompok Kerja Penyuluh Agama Islam dalam acara Pembinaan Pembuatan Konten Dakwah via Media Sosial di aula Yayasan Al Futuhiyyah, Desa Sugiharjo, Kamis (18/2/2021).

Moh Qosim mengatakan, keberadaan media sosial dan media online sangat berdampak pada kehidupan sehari-hari. Terlebih dalam hal komunikasi dan informasi. Diharapkan dengan adanya perkembangan digital ini, penyuluh agama selalu bijak dalam menggunakan media sosial dan media online dalam kehidupan sehari-hari.

"Media sosial merupakan sebuah media untuk bersosialisasi satu sama lain. Dilakukan secara online yang memungkinkan manusia untuk saling berinteraksi berbagi informasi tanpa dibatasi ruang dan waktu," terangnya.

Kata dia, munculnya media sosial sangat bermanfaat sebagai alat dalam meningkatkan tali silaturahmi, salah satunya melalui dakwah. Selain itu, dengan kemudahan yang disediakan internet, penyebaran ajaran Islam melalui dakwah dapat dikemas secara singkat, cepat, luas, dan menarik, serta efektif. "Pengelola konten dakwah ini kalau bisa dilombakan tiap kecamatan lebih baik," paparnya.

BACA JUGA : 

Ini Sebab Dishub Tuban Tak Bisa Berbuat Banyak Terkait Minimnya Rambu JLS

Temui Ketua MUI Tuban, Sahid: ​Umara dan Ulama Harus Terus Bersinergi

Janji Bupati Tuban Naikkan Gaji GTT dan PTT Setara UMR Belum Tercapai

Sesuaikan Standarisasi Peradilan Modern, Pembangunan Gedung Baru PN Tuban Telan APBD Rp15 Miliar

Menurutnya, ada tiga hal yang harus diperhatikan dalam berdakwah, di antaranya materi. Ia mengimbau agar dakwah yang disampaikan sesuai dengan sumber ajaran agama Islam asli. Apabila menggunakan media online, maka perlu memperhatikan etika dalam dunia maya dengan menguasai UU ITE.

"Google hanya sebagai pengayaan, sehingga yang diajarkan tidak menyesatkan masyarakat dan tidak membuat gaduh masyarakat," tuturnya.

Kemenag berharap, pelatihan ini untuk menambah motivasi, meningkatkan kualitas SDM, dan penguatan keterampilan bagi Penyuluh Agama Islam. Sehingga, ke depan para Penyuluh Agama Islam bisa memanfaatkan ilmu teknologi dan media sosial lainnya dengan cerdas dan cermat demi kepentingan dakwah Islam.

"Semoga pelatihan ini bisa menambah wawasan guna pelaksanaan tugas sebagai Penyuluh Agama Islam di lingkungan tugas masing-masing," tutupnya. (wan/zar)

​Adu Hebat Tiga Presiden, Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan (9)
Selasa, 20 April 2021 23:55 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Presiden Gus Dur mengajak jalan-jalan Presiden Amerika Serikat Bill Clinton dan Presiden Prancis Jacques Shirac. Mereka pun naik pesawat terbang. Sambil ngobrol santai, mereka saling mengunggulkan negaranya masing-ma...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Selasa, 20 April 2021 09:05 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Banyak sekali para tokoh nasional – termasuk para dokter kondang – yang daftar menjadi relawan uji coba fase II Vaksin Nusantara. Tapi Dahlan Iskan tak lolos. Loh, mengapa?Simak tulisan wartawan kondang itu di Dis...
Selasa, 20 April 2021 00:09 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*60. Wa-idz qaala muusaa lifataahu laa abrahu hattaa ablugha majma’a albahrayni aw amdhiya huqubaanDan (ingatlah) ketika Musa berkata kepada pembantunya, “Aku tidak akan berhenti (berjalan) sebelum sampai ke ...
Minggu, 18 April 2021 12:17 WIB
Memasuki Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA)...