Rabu, 21 April 2021 05:49

​Jabatan Bupati Haryanti Berakhir, Dede Sujana Ditunjuk Jadi Pelaksana Harian

Kamis, 18 Februari 2021 18:24 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Muji Harjita
​Jabatan Bupati Haryanti Berakhir, Dede Sujana Ditunjuk Jadi Pelaksana Harian
dr. Hj. Haryanti Sutrisno saat menyerahkan berita acara serah terima jabatan kepada Plh. Bupati Kediri Dede Sujana. foto: ist.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Mulai tanggal 18 Februari 2021, pucuk pimpinan di Kabupaten Kediri dipegang Dede Sujana. Ia ditunjuk sebagai Pelaksana Harian (Plh) Bupati Kediri sampai Bupati dan Wakil Bupati Kediri terpilih, Hanindhito Himawan Pramana dan Dewi Mariya Ulfa, dilantik secara resmi pada akhir Februari.

Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Kediri telah menggelar acara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Bupati Kediri dari dr. Hj. Haryanti Sutrisno kepada Plh. Bupati Kediri, Dede Sujana, S. Sos. M.Si, di lapangan tenis Kantor Bupati Kediri, Rabu (17/2) kemarin.

Kegiatan itu merupakan tidak lanjut dari surat keputusan Gubernur Jatim terkait penunjukan 16 pelaksana harian untuk mengisi jabatan bupati dan wali kota di Jawa Timur yang habis masa jabatannya pada 17 Februari 2021. Penyerahan SK Gubernur Jatim ini telah dilaksanakan di Gedung Grahadi Surabaya pada 16 Februari 2021 oleh Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Dardak.

Haryanti Sutrisno dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada seluruh ASN di lingkup Kabupaten Kediri atas kerja sama dalam membangun Kabupaten Kediri selama dua periode kepemimpinannya. Haryanti juga mengucapkan selamat kepada Plh Bupati Kediri Dede Sujana yang akan bertugas hingga dilantiknya bupati terpilih.

BACA JUGA : 

Tunaikan Janji Politik, Bupati Kediri Revitalisasi 1.400 RTLH di Kampung Inggris Pare

Soal Pembangunan Jalan Tol, Mas Bup Dhito: Sosialisasi Dilakukan Setelah Idulfitri

​Hadiri Paskah, Mas Bup Dhito: Saya Yakin Teroris Akan Takut Melihat Kegiatan Ini

Gelar Jumat Ngopi Edisi Ngabuburit, Mas Bup Dhito Ditodong Banyak Masalah, Ini Jawabannya

“Saya berharap kepada ASN dan seluruh instansi terkait untuk mendukung penuh program visi dan misi bupati baru. Saya mohon pamit, mohon maaf apabila ada kata dan perbuatan yang tidak berkenan. Selamat kepada Plh Bupati yang telah ditunjuk Gubernur Jatim untuk melaksanakan tugas hingga pelantikan bupati terpilih hasil Pilkada 2020,” ungkap Haryanti.

Sedangkan Plh. Kabupaten Kediri Dede Sujana mengatakan, tugas pelaksana harian adalah melaksanakan tugas sehari-hari kepala daerah yang tidak berkaitan dengan pengambilan kebijakan strategis dalam aspek keuangan, kelembagaan, personel, hingga perizinan.

“Pelaksana harian akan melaksanakan tugas sehari-hari bupati hingga waktu pelantikan bupati terpilih hasil Pilkada 2020 lalu. Terpenting dilakukan saat ini adalah menekan angka penyebaran Covid-19,” jelas Dede yang juga Sekda Kabupaten Kediri itu.

Pertimbangan penundaan pelantikan itu, menurut Dede, karena masih menunggu proses gugatan sengketa tiga Pilkada Jatim di Mahkamah Konstitusi (MK). Tiga daerah itu adalah Banyuwangi, Lamongan, dan Surabaya.

Sebagai informasi, pelantikan 19 bupati dan wali kota di Jawa Timur hasil Pilkada Serentak 2020 disepakati untuk ditunda. Keputusan penundaan itu merupakan hasil rapat bersama antara Pemprov Jatim dan Ditjen Otonomi Daerah Kemendagri. Rencananya pelantikan akan dilangsungkan pada akhir bulan Februari 2021. (uji/ian)

​Adu Hebat Tiga Presiden, Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan (9)
Selasa, 20 April 2021 23:55 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Presiden Gus Dur mengajak jalan-jalan Presiden Amerika Serikat Bill Clinton dan Presiden Prancis Jacques Shirac. Mereka pun naik pesawat terbang. Sambil ngobrol santai, mereka saling mengunggulkan negaranya masing-ma...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Selasa, 20 April 2021 09:05 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Banyak sekali para tokoh nasional – termasuk para dokter kondang – yang daftar menjadi relawan uji coba fase II Vaksin Nusantara. Tapi Dahlan Iskan tak lolos. Loh, mengapa?Simak tulisan wartawan kondang itu di Dis...
Selasa, 20 April 2021 00:09 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*60. Wa-idz qaala muusaa lifataahu laa abrahu hattaa ablugha majma’a albahrayni aw amdhiya huqubaanDan (ingatlah) ketika Musa berkata kepada pembantunya, “Aku tidak akan berhenti (berjalan) sebelum sampai ke ...
Minggu, 18 April 2021 12:17 WIB
Memasuki Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA)...