Selasa, 20 April 2021 05:17

PPKM Mikro di Kediri Diklaim Efektif Tekan Angka Covid-19

Rabu, 17 Februari 2021 11:18 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Muji Harjita
PPKM Mikro di Kediri Diklaim Efektif Tekan Angka Covid-19
Posko Satgas Penanggulangan Covid-19 Desa Dukuh, Kecamatan Ngadiluwih, Kabupaten Kediri. (foto: ist)

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Berbagai upaya dan cara dilakukan pemerintah untuk mengendalikan penyebaran Covid-19. Satu di antaranya yakni penerapan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) mikro.

Salah satu contoh penerapan PPKM skala mikro adalah di Desa Dukuh, Kecamatan Ngadiluwih, Kabupaten Kediri. Penanganan PPKM skala mikro sangat efektif, karena lebih fokus ke populasi terkecil di tingkat desa hingga ke RT dan RW.

"PPKM skala mikro ini tentunya untuk menekan penyebaran Covid-19," kata Kapolsek Ngadiluwih AKP Iwan Setyo Budi, Rabu (17/2/2021).

Menurut AKP Iwan, sejak diberlakukannya penerapan PPKM skala mikro, Polsek Ngadiluwih bersama koramil dan kecamatan terus melakukan koordinasi untuk penekanan laju penyebaran Covid-19.

BACA JUGA : 

Soal Pembangunan Jalan Tol, Mas Bup Dhito: Sosialisasi Dilakukan Setelah Idulfitri

​Hadiri Paskah, Mas Bup Dhito: Saya Yakin Teroris Akan Takut Melihat Kegiatan Ini

Gelar Jumat Ngopi Edisi Ngabuburit, Mas Bup Dhito Ditodong Banyak Masalah, Ini Jawabannya

Pemkab Kediri Bantu 1.250 Kg Benih Padi Kepada Korban Banjir Tarokan

Tiga Pilar Kecamatan Ngadiluwih, lanjutnya, terus melakukan mapping wilayah untuk mencari warga yang terpapar Covid-19. Salah satu contohnya yakni dilakukan di Desa Dukuh. "Mulai dari tingkat RT dan RW kami ajak berkoordinasi untuk menekan penyebaran Covid-19," imbuh AKP Iwan.

Tiga pilar tersebut, kata Iwan, membentuk satgas mulai tingkat RT sampai tingkat kecamatan. Satgas tersebut mengawasi bilamana ada yang terkonfirmasi Covid-19, maka akan dilakukan testing, tracing, dan treatment.

"Fungsi satgas penanggulangan penyebaran Covid-19 ini menemukan kasus Covid-19, mengawasi orang yang isolasi mandiri secara ketat, termasuk mengobati dan memberikan bantuan sosial. Hasilnya di Desa Dukuh terbukti efektif, karena semula ada empat yang terkonfirmasi Covid-19 sekarang tinggal satu dan yang tiga sembuh," ungkap AKP Iwan.

Meski PPKM skala mikro dinilai efektif, namun Iwan tetap mengimbau kepada masyarakat agar tidak lengah terhadap Covid-19. "Kami berpesan kepada masyarakat untuk tetap mematuhi prokes dengan cara memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, dan menghindari kerumunan. Terkhusus bagi warga yang sedang isolasi mandiri, agar dilakukan secara benar. Mari kita bersinergi agar Covid-19 segera selesai," pungkas AKP Iwan. (uji/zar)

Polisi dan Tukang Becak, Madura Kok Dilawan
Senin, 19 April 2021 21:38 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan episoode ke-8 ini mereview tukang becak asal Madura yang dihadang polisi karena dianggap melanggar rambu-rambu lalu lintas. Di jalan raya itu memang tertancap rambu lalu lintas berupa ga...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Senin, 19 April 2021 05:29 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Dua guru besar ini punya integritas dan reputasi tinggi di bidangnya masing-masing. Nah, Dahlan Iskan kali ini tak banyak menulis. Tapi menurunkan pandangan dua profesor yang dua-duanya kontra dan kritis terhadap Vaksin...
Selasa, 20 April 2021 00:09 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*60. Wa-idz qaala muusaa lifataahu laa abrahu hattaa ablugha majma’a albahrayni aw amdhiya huqubaanDan (ingatlah) ketika Musa berkata kepada pembantunya, “Aku tidak akan berhenti (berjalan) sebelum sampai ke ...
Minggu, 18 April 2021 12:17 WIB
Memasuki Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA)...