Pinta Jajarannya Terus Dampingi Petani, Upaya Kodim 0811/Tuban Wujudkan Ketahanan Pangan Nasional

Pinta Jajarannya Terus Dampingi Petani, Upaya Kodim 0811/Tuban Wujudkan Ketahanan Pangan Nasional Pelaksanaan Tanam Serentak di Desa Karangtinoto, Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban, Selasa (16/2/2021). (foto: ist)

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Komandan Letkol Inf. Viliala Romadhon meminta jajaran di bawahnya hingga tingkat babinsa melakukan pendampingan kepada petani secara utuh.

Hal tersebut dilakukan guna mewujudkan petani yang tangguh sehingga terwujudnya swasembada pangan yang melimpah di wilayah Kabupaten Tuban.

"Peran aktif para babinsa sangatlah dibutuhkan sebagai sarana komunikasi dalam mempertajam jaring teritorial di wilayah binaan," ujar Dandim 0811/Tuban Letkol Inf. Viliala Romadhon, usai pelaksanaan tanam serentak di Desa Karangtinoto, Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban, Selasa (16/2/2021).

Dalam hal menyukseskan program pemerintah di bidang Ketahanan Pangan (Hanpangan) Nasional tersebut, TNI memiliki tugas membantu kelompok tani (poktan) dalam hal pendampingan. Arahan dan motivasi yang diberikan diharapkan mampu menumbuhkan semangat petani dalam pengolahan lahan pertanian sehingga dapat menghasilkan produk yang bisa diunggulkan.

"Melalui pendampingan kepada para petani, serta pengolahan lahan tidur yang tidak terpakai, dengan tujuan untuk meningkatkan Swasembada Pangan Nasional yang ada di wilayah Tuban. Dengan harapan musim panen bisa mendapatkan hasil yang maksimal sesuai yang diharapkan,” imbuhnya.

Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Tuban Gaguk Sudarmo menyampaikan, dalam situasi pendemi saat ini Ketahanan Pangan (Hanpangan) Nasional sangatlah dibutuhkan.

Oleh karena itu, pihaknya meminta kepada kelompok tani (poktan) untuk tetap semangat, dan menjadi petani yang unggul dan ulet. Sehingga, inovasi dan terobosan serta pendampingan yang diberikan oleh TNI dapat meningkatkan Swasembada Pangan Nasional.

“Semoga dengan kehadiran anggota Kodim 0811 Tuban di tengah para petani bisa memberikan motivasi dan semangat sehingga dapat menghasilkan panen yang maksimal,” ucap Gaguk. (gun/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO