Kamis, 24 Juni 2021 20:10

​Tambah Wahana Baru, WWI Kediri Tebar 15 Ribu Benih Ikan Tawes di Kawasan Kampung Wisata Tenun Ikat

Minggu, 14 Februari 2021 13:17 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Muji Harjita
​Tambah Wahana Baru, WWI Kediri Tebar 15 Ribu Benih Ikan Tawes di Kawasan Kampung Wisata Tenun Ikat
Koordinator WWI Regional Kediri Bima Nuryawan (kanan) dan tim saat menebar benih ikan tawes di saluran air kawasan Kampung Wisata Tenun Ikat Bandar Kidul, disaksikan oleh Ketua Pokdarwis Kelurahan Bandar Kidul Slamet Sugiarto, dan perwakilan Pokdarwis Jatim Adi Hasto. (foto: ist)

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Kampung Wisata Tenun Ikat di Kelurahan Bandar Kidul, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri, menambah wahana wisata baru guna menunjang keberadaan kampung wisata tenun ikat yang sudah ada sebelumnya.

Kampung Wisata Tenun Ikat Bandar Kidul, kini memang sudah dikelola oleh Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) Kelurahan Bandar Kidul yang dilantik oleh Pokdarwis Jawa Timur pada bulan Desember 2020 lalu.

Wahana wisata baru itu adalah menyulap saluran irigasi yang sebelumnya dijadikan tempat membuang sampah di RT 02 RW 07 Kelurahan Bandar Kidul, menjadi saluran yang berisi air mengalir yang dibendung untuk memelihara ikan.

Sebagai upaya untuk lebih memajukan kampung wisata tersebut, Pokdarwis Kelurahan Bandar Kidul menggandeng beberapa komunitas pecinta lingkungan. Seperti masalah benih ikan untuk mengisi kolam atau tepatnya saluran air irigasi, pokdarwis mendapatkan bantuan benih ikan tawes dari Wild Water Indonesia (WWI) Regional Kediri sebanyak 15 ribu ekor.

BACA JUGA : 

Libatkan Emak-Emak, Laskar Semut Gunung Kompak Bersihkan Gulma di Kebun Bibit Mranggen Kediri

Dapat Banyak Laporan Masyarakat, Mas Bup Dhito Larang Pungli di Objek Wisata Kediri

Pemkab dan BI Kediri Launching Digitalisasi Pembayaran Pajak Daerah dan Tiket Wisata Non Tunai

Cek Penebangan Liar di Kawasan Sumber Air Kediri, Tim BKSDA Jatim Temukan Fakta Ini

Sebanyak 15 ribu benih ikan tawes, Minggu (14/2/2021) pagi, ditebar di saluran air irigasi yang berada di sepanjang jalan di RT 02/ RW 07 oleh WWI Regional Kediri bersama-sama Pengurus Pokdarwis Kelurahan Bandar Kidul. Kegiatan itu dihadiri juga oleh Adi Hasto dari Pokdarwis Provinsi Jawa Timur serta dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Kediri.

Bima Nuryawan, Koordinator Wild Water Indonesia Regional Kediri menjelaskan bahwa benih yang ditebar di area Kampung Wisata Tenun Ikat Bandar Kidul ini sengaja dipilih ikan lokal jenis tawes (barbonymus gonionotus).

Menurut Bima, ikan tawes ini dapat tumbuh hingga 30 cm sehingga lebih nyaman untuk hidup di daerah perairan yang tenang dan tergenang dengan suhu air antara 22-28⁰C. Saluran air dengan air yang tenang seperti yang ada di kawasan wisata ini, lanjut Bima, sangat cocok bila ditebari benih ikan tawes.

"Pertumbuhan ikan tawes ini sangat cepat bila tempat dan cara pemeliharaannya diperhatikan," kata Bima yang juga Anggota Aliansi Relawan Peduli Lingkungan Hidup Kediri itu, Minggu (14/2/2021).

Masih menurut Bima, selain perairan yang tenang, ikan yang berpotensi untuk dibudidayakan ini juga kerap ditemukan pada perairan yang luas. Ikan tawes, dapat dipelihara dengan baik pada tambak air payau hingga pegunungan dengan tinggi 800 m di atas permukaan laut.

Sementara itu, Ketua Pokdarwis Bandar Kidul Slamet Sugianto menjelaskan bahwa saluran irigasi yang ditebari ikan, nantinya merupakan bagian tak terpisahkan dari Kampung Wisata Tenun Ikat Kelurahan Bandar Kidul.

Menurut Slamet, sebelumnya pokdarwis dan relawan juga sudah menanam pohon jakaranda sumbangan dari Komunitas Oleng-Oleng. Pohon jakaranda ditanam di sepanjang jalan RT 02 RW 07 dan di Gang VIII Kelurahan Bandar Kidul.

"Kami mewakili pengurus Pokdarwis Kelurahan Bandar Kidul mengucapkan terima kasih kepada kawan-kawan relawan khususnya kepada Wild Water Indonesia Regional Kediri yang telah membantu benih ikan tawes dan Komunitas Oleng-Oleng yang telah membantu tanaman bunga jakaranda kepada Kampung Wisata Tenun Ikat Bandar Kidul ini," ujar Slamet. (uji/zar)

Pasuruan Zona Merah, Vaksinasi Digencarkan
Selasa, 22 Juni 2021 23:42 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Polres Pasuruan Menggelar Vaksinasi Massal Selasa Siang Tadi(22/06/2021). Vaksinasi Ini Dilakukan Di Alam Terbuka, Tepatnya Di Wilayah Prigen, Kabupaten Pasuruan. Warga Terlihat Antusias Mengantre Untuk Mengikuti Vaksi...
Sabtu, 19 Juni 2021 18:17 WIB
JEMBER, BANGSAONLINE.com - Dalam kondisi pandemi, Pemerintah Kabupaten Jember tetap berupaya menggeliatkan sektor pariwisata meski dengan menerapkan prosedur pencegahan Covid-19 yang ketat.Salah satunya, dengan menggelar Jelajah Wisata and Funcamp 20...
Kamis, 24 Juni 2021 07:56 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Sejak Covid-19 melonjak lagi secara drastis, penanganan Covid-19 tampak kewalahan. Vaksinasi belum maksimal. Alternatif lain belum mendapat izin. Bahkan konvalesen kini jadi barang langka.Benarkah? Silakan simak tuli...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Sabtu, 19 Juni 2021 15:30 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...