Jumat, 23 April 2021 01:14

Kunjungi Pos Pantau Gunung Raung, Bupati Anas Minta Masyarakat Tetap Waspada

Minggu, 07 Februari 2021 17:08 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Herry Sulaksono
Kunjungi Pos Pantau Gunung Raung, Bupati Anas Minta Masyarakat Tetap Waspada
Bupati Anas di Pos Pengamatan Pemantauan Gunung Api (PPGA) Raung.

BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mendatangi Pos Pengamatan Pemantauan Gunung Api (PPGA) Raung di Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon, Banyuwangi. Bupati Anas meminta masyarakat tetap tenang dan waspada terhadap erupsi gunung setinggi 3.332 mdpl itu.

Anas datang pada Jumat (5/2/2021) sore menjelang petang untuk mengetahui kondisi terbaru Gunung Raung. Tiba di pos pantau, ia langsung menuju ruang monitor didampingi Mukijo, Kepala Pos Pengamatan Gunung Api (PPG) Raung. Anas melihat langsung data yang dihimpun petugas vulkanologi.

"Tadi saya dapat penjelasan petugas PPGA dan PVMBG. Suara gemuruhnya memang mengkhawatirkan, namun erupsi sampai saat ini belum ada material yang keluar dari dinding kaldera. Artinya, masih kategori aman bagi warga di kaki Gunung Raung," kata Anas mengutip keterangan Mukijo saat di Pos Pantau Gunung Raung.

"Meski begitu, tetap dipantau terus, semua tetap siaga antisipasi. Kita berdoa semua kondisi aman-aman saja," imbuhnya.

BACA JUGA : 

Sempat Ditiadakan, Bupati Ipuk Buka Kembali Festival Cokelat di Doesoen Kakao Banyuwangi

​Bertemu di PP Al-Atiq, Bupati Ipuk Mau Undang Kiai Asep ke Pendopo Banyuwangi

​Target Vaksinasi 17.000 Warga Pekan Ini, Bupati Ipuk Bakal Jemput Bola Lansia dan Disabilitas

Rajut Kebersamaan, Bupati-Wabup Banyuwangi Gelar Silaturahmi Lintas Elemen

Anas berpesan kepada masyarakat utuk tetap tenang. Pemkab Banyuwangi bersama jajaran Forkopimda dan unsur terkait telah menyiapkan langkah-langkah kontijensi bila erupsi terus meningkat.

Di antaranya, sosialisasi pra kebencanaan di sejumlah wilayah yang rentan terdampak. Kemudian, evaluasi jalur evakuasi dan tempat titik kumpul pengungsian.

“Rambu jalur evakusi sudah disiapkan. Termasuk juga titik kumpul untuk pengungsian. Ini sangat penting karena berkaitan dengan proses penjemputan saat terjadi bencana,” kata Anas.

Tak hanya itu, kontijensi bencana juga berkaitan dengan dapur umum dan pos kesehatan saat terjadi bencana.

“Kita berharap Gunung Raung bisa segera membaik dan tidak sampai berdampak kepada warga. Namun, kontijensi ini perlu kita siapkan sejak dini,” ujar Anas yang juga membagikan masker dan sembako kepada warga.

Sementara itu, Kepala PPGA Raung Mukijo menyampaikan bahwa sampai saat ini status Gunung Raung masih di level waspada.

"Sampai hari ini memang masih terekam gempa tremor. Malam hari juga masih terlihat pantulan cahaya api dari asap. Suara gemuruh juga masih terdengar yang menandakan erupsi masih berlangsung," jelasnya.

Namun, Mukijo tetap mengimbau masyarakat untuk tetap tenang meski aktivitas Gunung Raung masih tinggi. "Untuk masyarakat sampai saat ini masih aman, silakan beraktivitas seperti biasa, di luar zona 2 Km yang telah ditetapkan," ujarnya.

Dia juga mengungkapkan bahwa ada sejumlah laporan terkait abu akibat erupsi Raung. "Ada beberapa laporan yang masuk seperti di kawasan Licin, Dusun Bayu Songgon, hingga Kota Banyuwangi. Sejauh ini abu yang keluar masih cenderung tipis, belum sampai ada hujan abu di penduduk," ujarnya.

Seperti diketahui, sejak Kamis (21/1/2021) lalu, Gunung Raung erupsi. Status gunung yang berada di perbatasan Kabupaten Banyuwangi, Jember, dan Bondowoso ini naik satu level dari normal (level I) menjadi waspada (level II). (her/ian)

​Cendekiawan Muslim tak Tahu Jumlah Juz Al-Quran
Rabu, 21 April 2021 22:01 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan episode 10 ini bercerita tentang seorang menteri yang juga pengurus organisasi cendekiawan muslim. M Mas’ud Adnan - narator anekdot Gus Dur - bercerita bahwa pada akhir kekuasaan ...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Kamis, 22 April 2021 09:45 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Banyak negara mulai mengumumkan pertumbuhan ekonominya setelah didera pandemik Covid-19. Yang paling tinggi Tiongkok. Tapi pertumbuhan ekonomi India juga mengejutkan. Hanya saja Covid-19 di India gila-gilaan. Seti...
Selasa, 20 April 2021 00:09 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*60. Wa-idz qaala muusaa lifataahu laa abrahu hattaa ablugha majma’a albahrayni aw amdhiya huqubaanDan (ingatlah) ketika Musa berkata kepada pembantunya, “Aku tidak akan berhenti (berjalan) sebelum sampai ke ...
Minggu, 18 April 2021 12:17 WIB
Memasuki Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA)...