Rabu, 04 Agustus 2021 07:46

Sikapi Curah Hujan Tinggi, Pemkot Kediri Tambahkan Inlet Hingga Keruk Sungai

Sabtu, 06 Februari 2021 18:43 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Muji Harjita
Sikapi Curah Hujan Tinggi, Pemkot Kediri Tambahkan Inlet Hingga Keruk Sungai
Alat berat diturunkan untuk mempercepat pengerukan saluran air di Jalan Veteran Kota Kediri. foto: ist.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Curah hujan yang tinggi tidak jarang menimbulkan genangan-genangan karena volume air hujan melebihi kapasitas saluran air. Tidak mau hal ini berlarut-larut, Pemerintah Kota Kediri segera mengambil langkah dengan menelusuri akar permasalahan dan segera menanganinya.

"Beberapa hari lalu sempat terjadi genangan air yang ternyata diakibatkan oleh pendangkalan pada beberapa aliran sungai," ungkap Endang Kartika, Kepala Bidang Binamarga, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Kediri, Sabtu (6/2).

Guna mengantisipasi terjadinya genangan, Sabtu (6/2/2021) hari ini dilakukan kegiatan pembersihan lanjutan terhadap saluran air secara manual. Kegiatan ini sudah dilakukan pada hari Kamis (4/2/2021) kemarin.

"Ada pendangkalan outlet di saluran yang ada di Taman Sekartaji yang disinyalir sebagai penyebab genangan air di Jalan Veteran," imbuhnya.

BACA JUGA : 

Kapolres Kediri Kota Cek Pelaksanaan Vaksinasi Merah Putih Tahap II

Wali Kota Kediri Ikuti Zikir dan Doa Kebangsaan 76 Tahun Indonesia Merdeka Secara Virtual

Bantu Warga Terdampak, Polres Kediri Kota Bagikan Paket Sembako untuk UMKM di Kelurahan Manisrenggo

Masuk Nominasi Best Visual Art, Mas Abu Harap Tahoe Games Studio Menang di Baparekraf Gameprime 2021

Adapun pengerukan saluran air di serta pembersihan saluran air dan penambahan inlet kali ini, guna memaksimalkan keluaran air (outlet), terutama saat terjadi hujan deras.

Sebelumnya, lanjut Endang, pihaknya telah melakukan pengerukan saluran air di depan SMAN 1 Kediri. "Biasanya air tidak pernah naik, kok sampai meluber ke jalan, jadi kami segera mengambil tindakan," tandasnya.

"Hari ini sengaja kita pakai mesin ekskavator guna memaksimalkan pengerukan dan mempercepat penanganan. Hal ini penting dilakukan, mengingat curah hujan yang tinggi di Kota Kediri akhir-akhir ini," kata Endang.

Endang menegaskan, bahwa penanganan genangan ini tidak berhenti setelah pengerukan dan penambahan inlet saja, melainkan akan terus dilakukan pemantuan lanjutan, untuk memastikan semua berjalan lancar.

"Kita agendakan pembersihan dan pengontrolan saluran air secara rutin supaya air bisa dengan lancar menuju ke Sungai Brantas," ujar Endang.

Meski demikian, Endang juga meminta peran aktif masyarakat untuk menjaga lingkungan sekitar. Seperti dengan tidak membuang sampah di sungai, serta rutin membersihkan lingkungan sekitar, untuk menghindari berbagai hal yang tidak diinginkan seperti genangan air. (uji/rev)

Respons Keluhan Ojol Karena Terdampak Pandemi, ASC Foundation Bagikan Paket Sembako dan Uang Bensin
Kamis, 29 Juli 2021 13:40 WIB
MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Muhammad Al Barra bersama Tim ASC Foundation-nya, telah menyalurkan paket sembako kepada para pedagang terdampak PPKM darurat di 12 kecamatan di Kabupaten Mojokerto. Aksi sosial ini terus dilakukan Gus Barra. Kali i...
Kamis, 15 Juli 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ini ide baru. Untuk menyiasati pandemi. Menggelar resepsi pernikahan di dalam bus. Wow.Lalu bagaimana dengan penghulunya? Silakan baca tulisan wartawan terkemuka Dahlan Iskan di  Disway, HARIAN BANGSA dan B...
Selasa, 27 Juli 2021 06:32 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Mayat korban covid yang perlu dibakar – sesuai keyakinan mereka – terus bertambah. Bahkan menumpuk. Sampai perusahaan jasa pembakaran mayat kewalahan. Celakanya, hukum kapitalis justru dipraktikkan dalam pe...
Senin, 02 Agustus 2021 11:32 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*66. Qaala lahu muusaa hal attabi’uka ‘alaa an tu’allimani mimmaa ‘ullimta rusydaanMusa berkata kepadanya, “Bolehkah aku mengikutimu agar engkau mengajarkan kepadaku (ilmu yang benar) yang telah diajark...
Sabtu, 17 Juli 2021 10:23 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...