Kamis, 15 April 2021 00:43

Sikapi Curah Hujan Tinggi, Pemkot Kediri Tambahkan Inlet Hingga Keruk Sungai

Sabtu, 06 Februari 2021 18:43 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Muji Harjita
Sikapi Curah Hujan Tinggi, Pemkot Kediri Tambahkan Inlet Hingga Keruk Sungai
Alat berat diturunkan untuk mempercepat pengerukan saluran air di Jalan Veteran Kota Kediri. foto: ist.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Curah hujan yang tinggi tidak jarang menimbulkan genangan-genangan karena volume air hujan melebihi kapasitas saluran air. Tidak mau hal ini berlarut-larut, Pemerintah Kota Kediri segera mengambil langkah dengan menelusuri akar permasalahan dan segera menanganinya.

"Beberapa hari lalu sempat terjadi genangan air yang ternyata diakibatkan oleh pendangkalan pada beberapa aliran sungai," ungkap Endang Kartika, Kepala Bidang Binamarga, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Kediri, Sabtu (6/2).

Guna mengantisipasi terjadinya genangan, Sabtu (6/2/2021) hari ini dilakukan kegiatan pembersihan lanjutan terhadap saluran air secara manual. Kegiatan ini sudah dilakukan pada hari Kamis (4/2/2021) kemarin.

"Ada pendangkalan outlet di saluran yang ada di Taman Sekartaji yang disinyalir sebagai penyebab genangan air di Jalan Veteran," imbuhnya.

BACA JUGA : 

Rakor PPKM Mikro, Wali Kota Kediri Paparkan Langkah Strategis Penanganan Covid-19

Puluhan Sopir Angkot di Kediri Kembali Dapatkan Paket Sembako dari Si Jamal

Wali Kota Kediri Imbau Pelaksanaan Ibadah Bulan Ramadan dan Idulfitri Patuhi Prokes

Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Semeru, Kapolres Kediri: Tingkatkan Kepekaan dan Kesiapsiagaan

"Ada pendangkalan outlet di saluran yang ada di Taman Sekartaji yang disinyalir sebagai penyebab genangan air di Jalan Veteran," imbuhnya.

Adapun pengerukan saluran air di serta pembersihan saluran air dan penambahan inlet kali ini, guna memaksimalkan keluaran air (outlet), terutama saat terjadi hujan deras.

Sebelumnya, lanjut Endang, pihaknya telah melakukan pengerukan saluran air di depan SMAN 1 Kediri. "Biasanya air tidak pernah naik, kok sampai meluber ke jalan, jadi kami segera mengambil tindakan," tandasnya.

"Hari ini sengaja kita pakai mesin ekskavator guna memaksimalkan pengerukan dan mempercepat penanganan. Hal ini penting dilakukan, mengingat curah hujan yang tinggi di Kota Kediri akhir-akhir ini," kata Endang.

Endang menegaskan, bahwa penanganan genangan ini tidak berhenti setelah pengerukan dan penambahan inlet saja, melainkan akan terus dilakukan pemantuan lanjutan, untuk memastikan semua berjalan lancar.

"Kita agendakan pembersihan dan pengontrolan saluran air secara rutin supaya air bisa dengan lancar menuju ke Sungai Brantas," ujar Endang.

Meski demikian, Endang juga meminta peran aktif masyarakat untuk menjaga lingkungan sekitar. Seperti dengan tidak membuang sampah di sungai, serta rutin membersihkan lingkungan sekitar, untuk menghindari berbagai hal yang tidak diinginkan seperti genangan air. (uji/rev)

Kecelakaan di Jemursari Surabaya, Mobil Kijang Innova Terguling Masuk Sungai
Rabu, 14 April 2021 22:12 WIB
SURABAYA, BANGASONLINE.COM - Kecelakaan tunggal terjadi di Jalan Jemursari, Surabaya. Sebuah mobil Toyota Kijang Innova nopol N 371 VA terjun ke sungai Jemursari hingga terguling.Peristiwa ini terjadi Rabu (14/4) petang sekira pukul 18.15 WIB, t...
Minggu, 11 April 2021 18:27 WIB
KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kediri melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan mulai Sabtu (10/4) kemarin melakukan uji coba pembukaan tempat wisata andalan Kabupaten Kediri. Di antaranya Wisata Besuki Irenggolo yang te...
Rabu, 14 April 2021 05:44 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Ini fenomena menarik. Ternyata dimatikannya Vaksin Nusantara justru memantik kepercayaan para tokoh nasional, dokter, dan para anggota DPR RI. Mereka ramai-ramai antre untuk Vaksin Nusantara. Benarkah mereka leb...
Senin, 22 Februari 2021 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*58. Warabbuka alghafuuru dzuu alrrahmati law yu-aakhidzuhum bimaa kasabuu la’ajjala lahumu al’adzaaba bal lahum maw’idun lan yajiduu min duunihi maw-ilaanDan Tuhanmu Maha Pengampun, memiliki kasih sayang. ...
Jumat, 09 April 2021 09:59 WIB
Memasuki Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA)...