Rabu, 21 April 2021 06:40

​Dongkrak Animo Wajib Pajak, Komisi C DPRD Jatim Lakukan Kunker ke Samsat Ngawi

Kamis, 04 Februari 2021 19:34 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Zainal Abidin
​Dongkrak Animo Wajib Pajak, Komisi C DPRD Jatim Lakukan Kunker ke Samsat Ngawi
Ketua Komisi C DPRD Jatim bersama anggota Samsat Ngawi.

NGAWI, BANGSAONLINE.com - Selama pandemi, pendapatan asli daerah (PAD) dari Provinsi Jawa Timur mengalami penurunan. Termasuk pendapatan dari pajak kendaraan bermotor.

Menyikapi keadaan tersebut, Komisi C DPRD Jawa Timur menggelar kunjungan kerja (kunker) di beberapa daerah, khususnya di Kantor Samsat Ngawi pada Kamis (04/02).

Rombongan dari komisi yang membidangi terkait anggaran tersebut dipimpin oleh Hidayat, Ketua Komisi C. Rombongan wakil rakyat itu memasuki area Kantor Samsat Ngawi sekitar pukul 10.00 WIB, dan disambut oleh Agus Siswato, Kepala UPTD Samsat Ngawi.

Mereka langsung mendapatkan paparan dari pejabat Bapenda dan Kepala UPT Samsat Ngawi. Kunjungan tersebut dalam rangka upaya dan inovasi dari UPTD Samsat Ngawi untuk mendongkrak animo wajib pajak.

BACA JUGA : 

Hari Kartini, Anik Maslachah Sebut Peran Penting Kartini di Era Pandemi

Diskriminatif ke NU, Pimpinan DPRD Jatim Minta Kamus Sejarah Indonesia Terbitan Kemendikbud Ditarik

Ramadan Spesial, Gubernur Khofifah Beri Diskon Pajak Mobil dan Motor, Ada Hadiah Umrahnya

Dewan Nilai Pemprov Berhasil Menjaga Iklim Investasi di Jawa Timur

"Untuk kesadaran wajib pajak di wilayah Ngawi sudah termasuk bagus. Dan hal tersebut sesuai dengan kategori C Kantor Samsat Ngawi," jelas Hidayat pada awak media.

Berbagai upaya dan inovasi telah dilakukan oleh Kantor Samsat Ngawi dalam menjaring pendapatan dari kendaraan bermotor. Meskipun selama terjadi pandemi, target yang ditanggung oleh Kantor Samsat Ngawi mengalami penurunan.

Target pendapatan dari samsat yang dipatok provinsi juga mengalami penurunan. Dibandingkan tahun sebelumnya (2020), target dari Bapenda Jatim sebanyak Rp 16 triliun. Untuk 2021 mengalami penurunan menjadi Rp 13 triliun.

"Memang target dari provinsi sendiri mengalami penurunan. Dan otomatis untuk daerah juga mengikuti penurunan target," terangnya.

Biar pun dari target mengalami penurunan, lanjut Hidayat, upaya meningkatkan pajak dari PAD pemilik kendaraan bermotor harus terus dilakukan melalui inovasi. Termasuk salah satunya memberikan keringanan beban denda maupun pemutihan pada wajib pajak. Hal tersebut bertujuan mempertahankan pendapatan dari wajib pajak kendaraan bermoto

Ia mengapresiasi inovasi Samsat Ngawi yang memberikan pelayanan sistem jemput bola kepada wajib pajak, untuk memberikan kenyamanan di tengah keadaan Pandemi.

"Seperti yang telah dilakukan Samsat Ngawi memberikan kenyamanan dan keamanan bagi wajib pajak untuk tidak takut mendatangi kantor karena tertular Covid-19," pungkasnya. (nal/ian)

​Adu Hebat Tiga Presiden, Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan (9)
Selasa, 20 April 2021 23:55 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Presiden Gus Dur mengajak jalan-jalan Presiden Amerika Serikat Bill Clinton dan Presiden Prancis Jacques Shirac. Mereka pun naik pesawat terbang. Sambil ngobrol santai, mereka saling mengunggulkan negaranya masing-ma...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Rabu, 21 April 2021 06:05 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Mengerikan. Mobil mewah Tesla terbakar. Yang menjadi mistri, tak ditemukan mayat di kursi kemudi. Mayat hanya ditemukan di kursi samping dan jok belakang.Apa sistem autopilot yang jadi kebanggaan Tesla tidak berfungs...
Selasa, 20 April 2021 00:09 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*60. Wa-idz qaala muusaa lifataahu laa abrahu hattaa ablugha majma’a albahrayni aw amdhiya huqubaanDan (ingatlah) ketika Musa berkata kepada pembantunya, “Aku tidak akan berhenti (berjalan) sebelum sampai ke ...
Minggu, 18 April 2021 12:17 WIB
Memasuki Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA)...