Kamis, 15 April 2021 00:41

​Dewan Dorong Tahun Ini Seluruh Wilayah Jawa Timur Teraliri Listrik

Selasa, 02 Februari 2021 20:55 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: M. Didi Rosadi
​Dewan Dorong Tahun Ini Seluruh Wilayah Jawa Timur Teraliri Listrik
Deni Prasetya, S.E., Anggota Komisi D DPRD Jatim. (foto: ist)

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - DPRD Jawa Timur mendorong rasio elektrifikasi (RE) di Jatim tahun ini mencapai 100 persen. Itu artinya, seluruh rumah tangga di wilayah di Jatim sudah teraliri listrik. Pernyataan itu disampaikan Anggota Komisi D DPRD Jatim, Deni Prasetya.

Menurut Deni, bila mengacu data terakhir, RE di Jatim telah mencapai 98,89 persen. Berarti tinggal 1,11 persen lagi wilayah yang belum teraliri listrik. Secara umum, wilayah yang belum teraliri listrik itu karena kendala geografis, contohnya Kepulauan Sumenep yang sulit diakses dari daratan dan terdiri dari sejumlah pulau-pulau kecil.

"Saya kira PLN bersama Dinas ESDM Jatim bisa menggunakan energi alternatif atau energi terbarukan untuk ketersediaan listrik di daerah terpencil, contohnya dengan membangun pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) yang bersumber dari sinar matahari," terang Anggota Fraksi NasDem DPRD Jatim itu, Selasa (2/2/2021).

Deni melanjutkan, untuk wilayah daratan yang belum teraliri listrik di Jatim, pihaknya berharap Pembangkit Jawa Bali (PJB) untuk meningkatkan pemasangan sambungan secara gratis untuk rumah tangga yang tergolong miskin. Alokasi anggarannya bisa diambil dari program CSR BUMN tersebut, dan BUMN lain yang memiliki kepedulian.

BACA JUGA : 

Ketua DPW PKS Jatim Takziah dan Gelar Tahlil untuk Korban Meninggal Gempa Malang

​PAW F-PKB DPRD Jatim, Sekretaris Muslimat NU Trenggalek Gantikan Kiai Kusni

Jadi Anggota DPRD Jatim Fraksi Gerindra, Abdul Halim: Saya Sukses Berkat Doa Ibu

Promo Paket Tambah Daya Listrik PLN Diperpanjang Hingga 30 April 2021

Deni melanjutkan, untuk wilayah daratan yang belum teraliri listrik di Jatim, pihaknya berharap Pembangkit Jawa Bali (PJB) untuk meningkatkan pemasangan sambungan secara gratis untuk rumah tangga yang tergolong miskin. Alokasi anggarannya bisa diambil dari program CSR BUMN tersebut, dan BUMN lain yang memiliki kepedulian.

Politikus Muda NasDem ini yakin, ketersediaan listrik akan mendongkrak perekonomian di wilayah bersangkutan. Sebab, listrik tidak hanya sumber penerangan bagi masyarakat tapi juga sumber kehidupan.

"Soal ketersediaan listrik ini adalah persoalan bersama, bukan hanya pemerintah baik pusat maupun daerah. Tapi juga ada tanggung jawab BUMN, bahkan swasta melalui program CSR," imbuh Deni.

Politikus asal Jember ini mengapresiasi komitmen Pemprov Jatim di bawah kepemimpinan Gubernur Khofifah yang terus meningkatkan rasio elektrifikasi di Jatim. Di antaranya dengan membangun satu pembangkit listrik tenaga diesel (PLTD) dan delapan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) di Kepulauan Sumenep.

"Saya kira Pemprov Jatim juga membutuhkan dukungan dari pemerintah pusat untuk memenuhi ketersediaan listrik. Apalagi kalau melihat tingkat kesulitan geografis provinsi sebesar Jatim," pungkas Kader Ansor ini.

Dikutip dari konferensi pers akhir tahun 2020 yang dilaksanakan PLN UID Jatim secara daring, selama tahun 2020 meskipun dalam kondisi pandemi yang berdampak pada seluruh sektor, di Jawa Timur PLN mencapai rasio elektrifikasi 98,89%, sedangkan target pada tahun 2021 adalah 100%. (mdr/zar)

Kecelakaan di Jemursari Surabaya, Mobil Kijang Innova Terguling Masuk Sungai
Rabu, 14 April 2021 22:12 WIB
SURABAYA, BANGASONLINE.COM - Kecelakaan tunggal terjadi di Jalan Jemursari, Surabaya. Sebuah mobil Toyota Kijang Innova nopol N 371 VA terjun ke sungai Jemursari hingga terguling.Peristiwa ini terjadi Rabu (14/4) petang sekira pukul 18.15 WIB, t...
Minggu, 11 April 2021 18:27 WIB
KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kediri melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan mulai Sabtu (10/4) kemarin melakukan uji coba pembukaan tempat wisata andalan Kabupaten Kediri. Di antaranya Wisata Besuki Irenggolo yang te...
Rabu, 14 April 2021 05:44 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Ini fenomena menarik. Ternyata dimatikannya Vaksin Nusantara justru memantik kepercayaan para tokoh nasional, dokter, dan para anggota DPR RI. Mereka ramai-ramai antre untuk Vaksin Nusantara. Benarkah mereka leb...
Senin, 22 Februari 2021 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*58. Warabbuka alghafuuru dzuu alrrahmati law yu-aakhidzuhum bimaa kasabuu la’ajjala lahumu al’adzaaba bal lahum maw’idun lan yajiduu min duunihi maw-ilaanDan Tuhanmu Maha Pengampun, memiliki kasih sayang. ...
Jumat, 09 April 2021 09:59 WIB
Memasuki Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA)...