Senin, 01 Maret 2021 23:22

Wali Kota Kediri dan Forkopimda Antar Pendonor Plasma ke PMI

Selasa, 26 Januari 2021 20:11 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Muji Harjita
Wali Kota Kediri dan Forkopimda Antar Pendonor Plasma ke PMI
Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar dan Kapolres Kediri Kota AKBP Eko Prasetyo saat mengantarkan penyintas Covid-19 ke PMI Kota Kediri. foto: ist.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar bersama Forkopimda Kota Kediri mengantar penyintas Covid-19 ke Kantor PMI Kota Kediri, Selasa (26/1). Total ada 7 penyintas yang akan mendonorkan plasma konvalesennya.

Kegiatan itu merupakan bagian dari Gerakan Donor Plasma Konvalesen (Gedor Pasen) yang diluncurkan sebagai upaya paripurna Pemerintah Kota (Pemkot) Kediri dalam menghadapi Covid-19. 

Sebelumnya, Pemkot Kediri telah melakukan berbagai upaya. Seperti, menekan penyebaran covid-19, pengobatan bagi yang sakit, jaring pengaman sosial, mendorong perputaran ekonomi, dan vaksinasi yang akan dicanangkan pada Rabu (27/12) besok.

Menurut Mas Abu-sapaan Wali Kota Kediri, plasma konvalesen adalah sesuatu yang sangat bermanfaat dan menjadi sedekah yang luar biasa untuk menyelamatkan nyawa manusia.

Selain mendorong para penyintas untuk mendonorkan plasma konvalesennya melalui PMI, ia mengungkapkan Gedor Pasen dapat mengedukasi masyarakat bahwa penyintas Covid-19 tidak perlu dikucilkan.

"Dalam tubuh penyintas Covid-19 ada plasma yang bisa membantu kesembuhan bagi pasien Covid-19 yang ada di rumah sakit. Mereka ini ibaratnya, from survivor to hero,” ujarnya.

Forkopimda Kota Kediri mendukung penuh upaya Pemkot Kediri dalam penanganan Covid-19 melalui Gedor Pasen. Komandan Kodim 0809 Letkol Kav Dwi Agung Sutrisno berharap penyintas Covid-19 untuk datang ke PMI mendonorkan plasmanya.

“Kami mendukung adanya donor plasma konvalesen yang dapat menyelamatkan banyak nyawa saudara-saudara kita. Tentunya bagi yang sudah sembuh dari Covid bisa mendonorkan plasmanya untuk mendorong saudara-saudara kita,” ujarnya.

Kapolres Kediri Kota AKBP Eko Prasetyo juga sangat mendukung upaya Pemkot Kediri menyukseskan Gedor Pasen dan mengajak masyarakat yang sudah sembuh dari Covid-19 untuk mendonorkan plasmanya.

“Alhamdulillah hari ini dari Forkopimda sudah mendapatkan pendonor plasma konvalesen. Ini upaya Forkopimda untuk menekan angka kematian. Mudah-mudahan ini bisa diikuti masyarakat yang sudah sembuh dari Covid,” ungkapnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Kepala Kejaksaan Negeri Kota Kediri Sofyan Selle. “Kita dari Forkopimda dalam rangka membantu masyarakat kita yang sedang terjangkit covid-19 dengan donor konvalesen. Melalui kegiatan ini mudah-mudahan dapat menurunkan angka kematian Covid-19,” ungkapnya.

Sedangkan Ketua PMI Kota Kediri dr. Indrakso mengaku bahwa Gedor Pasen sangat membantu. Sebelum adanya Gedor Pasen, masyarakat mungkin belum mengetahui mengenai donor plasma konvalesen di PMI.

"Di PMI sebenarnya sudah punya alat pengolah plasma. Namun untuk mendapatkan calon pendonor itu sangat sulit. Untungnya Pak Wali punya program bagus ini. Sehingga sampai hari ini sudah dapat delapan pendonor plasma konvalesen. Semoga akan terus bertambah," harapnya. (uji/ian)

Dua Warga Kepulungan yang Terseret Banjir Bandang Ditemukan Tewas
Kamis, 04 Februari 2021 17:21 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Dua warga Desa Kepulungan Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan, yang dilaporkan hilang akibat terseret derasnya arus banjir Rabu (3/2) kemarin, akhirnya ditemukan dalam kondisi tewas, Kamis (4/2) pagi. Korban adalah ...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Senin, 01 Maret 2021 08:13 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.COM – Ternyata banyak sekali putra Indonesia yang punya potensi unggul. Di berbagai bidang. Termasuk penemuan tes Covid-19. Dalam tulisan edisi Senin, 1 Maret 2021, ini Dahlan Iskan mengangkat tentang I-Nose, hasil p...
Senin, 22 Februari 2021 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*58. Warabbuka alghafuuru dzuu alrrahmati law yu-aakhidzuhum bimaa kasabuu la’ajjala lahumu al’adzaaba bal lahum maw’idun lan yajiduu min duunihi maw-ilaanDan Tuhanmu Maha Pengampun, memiliki kasih sayang. ...
Sabtu, 27 Februari 2021 11:53 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...