Jumat, 26 Februari 2021 02:58

Forkopimda Kota Kediri Sinergi Sukseskan Gerakan Nasional Donor Plasma Konvalesen

Kamis, 21 Januari 2021 10:37 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Muji Harjita
Forkopimda Kota Kediri Sinergi Sukseskan Gerakan Nasional Donor Plasma Konvalesen
Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar (nomor 2 dari kanan) bersama Ketua DPRD Gus Sunoto, Dandim Kediri Letkol Kav. Dwi Agung Sutrisno, dan Kapolres Kediri Kota AKBP Eko Prasetyo. (foto: ist.)

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar bersama Forkopimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) Kota Kediri sepakat bersinergi menyukseskan Gerakan Donor Plasma Konvalesen (Gedor Pasen). Hal ini disampaikan dalam rapat koordinasi dengan forkopimda di Ruang Kerja Kepala Kejaksaan Negeri Kota Kediri, Rabu (20/01), kemarin.

Gedor Pasen merupakan salah satu upaya untuk membantu penyembuhan pasien Covid-19 sekaligus menekan angka kematian akibat Covid-19, khususnya di Kota Kediri. Program ini selaras dengan program yang dicanangkan secara daring oleh Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin bersama Palang Merah Indonesia dan rumah sakit seluruh Indonesia, yaitu Gerakan Nasional Pendonor Plasma Konvalesen, Senin (18/01) lalu.

Pada tahap awal, forkopimda akan melakukan pendataan jajaran di bawahnya yang pernah terkonfirmasi positif Covid-19.

“Hari ini bersama Pak Kajari, Pak Ketua Dewan, Pak Kapolres, Pak Dandim, Ibu ketua PN, Pak Sekda sedang berupaya untuk mencarikan pendonor plasma konvalesen. Mungkin anggotanya Pak Kapolres ada yang pernah kena. Dari TNI atau anggotanya Pak Sekda ada yang jadi penyintas, datanya kita serahkan ke PMI untuk dicek. Hasilnya nanti kalau ada yang cocok akan jadi pendonor,” kata Wali Kota Kediri.

Dijelaskan oleh wali kota, menurut Palang Merah Indonesia (PMI) Pusat terapi plasma konvalesen untuk pasien Covid-19 memiliki tingkat kesembuhan yang tinggi. Sehingga Wali Kota Kediri berharap hasil rapat ini bisa segera dieksekusi.

“Insya Allah nanti hari Selasa kita akan antar calon pendonor-pendonor ini baik yang dari kepolisian dan kejaksaan, maupun dari ASN dan TNI ke PMI. Kami berharap para penyintas yang telah sembuh mau mendonorkan darahnya untuk menyelamatkan nyawa saudara kita yang terkena Covid-19,” tambah Wali Kota Kediri.

Wali kota mengaku pernah mendengar jika plasma satu orang bisa untuk mengobati tiga pasien. "Dengan begitu, insyaallah nanti penanganan pasien Covid-19 akan jauh lebih maksimal lagi di Kota Kediri. Kalau donor plasma ini dilakukan, artinya sudah berikhtiar maksimal 100% untuk menyembuhkan Covid-19 di Kota Kediri," tambahnya.

"Terima kasih kepada Forkopimda Kota Kediri yang telah banyak membantu penanganan covid-19 sampai dengan mencarikan pendonor plasma konvalesen,” tutup Wali Kota Kediri. (uji/rev)

Dua Warga Kepulungan yang Terseret Banjir Bandang Ditemukan Tewas
Kamis, 04 Februari 2021 17:21 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Dua warga Desa Kepulungan Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan, yang dilaporkan hilang akibat terseret derasnya arus banjir Rabu (3/2) kemarin, akhirnya ditemukan dalam kondisi tewas, Kamis (4/2) pagi. Korban adalah ...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Kamis, 25 Februari 2021 07:52 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Dahlan Iskan, wartawan kondang ini memang punya wawasan luas tentang ekonomi. Maklum, ia punya background sebagai pengusaha sukses. Bahkan mantan menteri BUMN. Maka ketika menulis tentang revaluasi aset negara sangat...
Senin, 22 Februari 2021 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*58. Warabbuka alghafuuru dzuu alrrahmati law yu-aakhidzuhum bimaa kasabuu la’ajjala lahumu al’adzaaba bal lahum maw’idun lan yajiduu min duunihi maw-ilaanDan Tuhanmu Maha Pengampun, memiliki kasih sayang. ...
Sabtu, 20 Februari 2021 09:40 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Won...