Minggu, 07 Maret 2021 12:55

Jadikan Tempat Wisata Baru, Pemkot Kediri Tebar 2.000 Benih Ikan di Sumber Air

Rabu, 20 Januari 2021 19:40 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Muji Harjita
Jadikan Tempat Wisata Baru, Pemkot Kediri Tebar 2.000 Benih Ikan di Sumber Air
Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar saat menebar ikan di Sumber Jiput di Kelurahan Rejomulyo, Kecamatan Kota. foto: ist.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Sebanyak 2.000 ekor benih ikan ditebar oleh Pemkot Kediri melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Kediri di dua lokasi sumber mata air, yaitu Sumber Jiput dan Sumber Bulus, Rabu (20/01/2021). 

Acara yang dihadiri oleh Wali Kota Kediri, Abdullah Abu Bakar itu juga mengajak warga Kota Kediri untuk menjaga sumber air dan ekosistemnya.

“Kami menebar 2.000-an ekor benih ikan supaya sumber-sumber itu tidak hanya menjadi sumber air, tetapi bisa juga menjadi tempat wisata,” kata Mohamad Ridwan, Kepala DKPP.

Ridwan juga mengimbau kepada masyarakat untuk menjaga sumber air yang ada dan dilarang memancing di lokasi sumber agar ekosistem terjaga.

Sedangkan Ahmad Zubaidi, Ketua LPMK Rejomulyo mengatakan bahwa selama ini ia mengelola sumber air bersama karang taruna, PKK, kelurahan, dan warga setempat.

“Kami merasa terbantu dengan adanya pelepasan benih ikan, supaya sumber bisa jadi tempat wisata kalau ikannya banyak,” kata Ahmad. 

Rencananya, ia dan tim akan membentuk pokja untuk merawat dan mengelola Sumber Jiput supaya selalu terjaga baik ekosistemnya. Kini, menurutnya, kebutuhan mendesak adalah pembentukan petugas jaga untuk mencegah pencurian ikan.

Selain komunitas masyarakat di atas, ada beberapa komunitas hobi yang juga bergerak untuk merawat sumber air. Salah satunya KMK (Komunitas Mancing Kediri).

“Teman-teman KMK di Sumber Jiput banyak berperan juga. KMK pernah menabur 10 ribu ekor benih ikan tawes. Selain itu juga merawat ikan di Sumber Jiput, memberi makan, dan menjaga dari illegal fishing (setrum ikan ,obat ikan, dan bom ikan) dengan memasang banner edukasi anjuran dan lain-lain,” kata Bima Nuryawan, Ketua KMK.

Komunitas ini juga kerap memantau perkembangan ikan tiap waktu di beberapa sumber termasuk di Sumber Jiput. Selain itu, menurut Bima, KMK juga berkolaborasi dengan WWI (Wild Water Indonesia) Regional Kediri untuk menebar benih ikan.

Bima berharap, dengan adanya aktivitas KMK dan juga upaya Pemkot menebar benih ikan di sumber air ini bisa mengedukasi masyarakat untuk bisa melestarikan sumber air beserta ekosistem di dalamnya. (uji/ian)

Dua Warga Kepulungan yang Terseret Banjir Bandang Ditemukan Tewas
Kamis, 04 Februari 2021 17:21 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Dua warga Desa Kepulungan Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan, yang dilaporkan hilang akibat terseret derasnya arus banjir Rabu (3/2) kemarin, akhirnya ditemukan dalam kondisi tewas, Kamis (4/2) pagi. Korban adalah ...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Minggu, 07 Maret 2021 10:03 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kali ini Dahlan Iskan, wartawan kondang itu, menulis tentang ambisi Tiongkok menjadi negara nomor 1 di dunia. Mengalahkan Amerika Serikat. Pada tahun 2035. Termasuk mencaplok Taiwan. Dengan cara kekerasan sekalipun.Un...
Senin, 22 Februari 2021 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*58. Warabbuka alghafuuru dzuu alrrahmati law yu-aakhidzuhum bimaa kasabuu la’ajjala lahumu al’adzaaba bal lahum maw’idun lan yajiduu min duunihi maw-ilaanDan Tuhanmu Maha Pengampun, memiliki kasih sayang. ...
Sabtu, 06 Maret 2021 14:06 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...