Kamis, 17 Juni 2021 12:50

Jadikan Tempat Wisata Baru, Pemkot Kediri Tebar 2.000 Benih Ikan di Sumber Air

Rabu, 20 Januari 2021 19:40 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Muji Harjita
Jadikan Tempat Wisata Baru, Pemkot Kediri Tebar 2.000 Benih Ikan di Sumber Air
Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar saat menebar ikan di Sumber Jiput di Kelurahan Rejomulyo, Kecamatan Kota. foto: ist.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Sebanyak 2.000 ekor benih ikan ditebar oleh Pemkot Kediri melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Kediri di dua lokasi sumber mata air, yaitu Sumber Jiput dan Sumber Bulus, Rabu (20/01/2021). 

Acara yang dihadiri oleh Wali Kota Kediri, Abdullah Abu Bakar itu juga mengajak warga Kota Kediri untuk menjaga sumber air dan ekosistemnya.

“Kami menebar 2.000-an ekor benih ikan supaya sumber-sumber itu tidak hanya menjadi sumber air, tetapi bisa juga menjadi tempat wisata,” kata Mohamad Ridwan, Kepala DKPP.

Ridwan juga mengimbau kepada masyarakat untuk menjaga sumber air yang ada dan dilarang memancing di lokasi sumber agar ekosistem terjaga.

BACA JUGA : 

​Bunda Fey Sampaikan Sinergi TP PKK dengan Pemerintah Kota Kediri dalam Prodamas Plus

Terima Bantuan Ribuan Masker, Wali Kota Kediri: Sangat Bermanfaat Mendisiplinkan Protokol Kesehatan

Optimalkan Prodamas Plus, Pemkot Kediri Seleksi 186 Calon Pendamping

Datangkan Dokter Spesialis Anak, Home Care Peduli RSUD Gambiran Bantu Rujuk Pasien ke RS Dr. Soetomo

Sedangkan Ahmad Zubaidi, Ketua LPMK Rejomulyo mengatakan bahwa selama ini ia mengelola sumber air bersama karang taruna, PKK, kelurahan, dan warga setempat.

“Kami merasa terbantu dengan adanya pelepasan benih ikan, supaya sumber bisa jadi tempat wisata kalau ikannya banyak,” kata Ahmad. 

Rencananya, ia dan tim akan membentuk pokja untuk merawat dan mengelola Sumber Jiput supaya selalu terjaga baik ekosistemnya. Kini, menurutnya, kebutuhan mendesak adalah pembentukan petugas jaga untuk mencegah pencurian ikan.

Selain komunitas masyarakat di atas, ada beberapa komunitas hobi yang juga bergerak untuk merawat sumber air. Salah satunya KMK (Komunitas Mancing Kediri).

“Teman-teman KMK di Sumber Jiput banyak berperan juga. KMK pernah menabur 10 ribu ekor benih ikan tawes. Selain itu juga merawat ikan di Sumber Jiput, memberi makan, dan menjaga dari illegal fishing (setrum ikan ,obat ikan, dan bom ikan) dengan memasang banner edukasi anjuran dan lain-lain,” kata Bima Nuryawan, Ketua KMK.

Komunitas ini juga kerap memantau perkembangan ikan tiap waktu di beberapa sumber termasuk di Sumber Jiput. Selain itu, menurut Bima, KMK juga berkolaborasi dengan WWI (Wild Water Indonesia) Regional Kediri untuk menebar benih ikan.

Bima berharap, dengan adanya aktivitas KMK dan juga upaya Pemkot menebar benih ikan di sumber air ini bisa mengedukasi masyarakat untuk bisa melestarikan sumber air beserta ekosistem di dalamnya. (uji/ian)

Soal Anggaran Menhan untuk Alutsista Rp 1.700 Triliun, Ini Komentar Kiai Asep
Kamis, 17 Juni 2021 00:22 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Heboh anggaran untuk membeli Alutsista sebesar Rp 1.700 Triliun membuat Menteri Pertahanan Prabowo Subianto terus mendapat sorotan publik. Padahal, menurut Prabowo, master plan atau grand design itu permintaan ...
Jumat, 04 Juni 2021 10:27 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Bukit Kehi, destinasi wisata yang satu ini berada di Kota Pamekasan. Bukit Kehi menawarkan pemandangan daerah pegunungan yang hijau mempesona. Pengunjung bahkan bisa berenang di sejuknya hawa pegunungan di pulau gar...
Kamis, 17 Juni 2021 05:46 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Di Indonesia, terutama di Bangkalan dan Kudus, Covid-19 mengganas. Ratusan orang meninggal dunia.Tapi di belahan dunia lain Covid-19 justru lenyap. Inilah yang terjadi di California. Warganya pun berpesta. Pesta merd...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Sabtu, 12 Juni 2021 09:55 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...