Raskin di Lamongan Siap Dibagikan

Raskin di Lamongan Siap Dibagikan Ilustrasi

LAMONGAN (BangsaOnline) - Program beras untuk rumah tangga miskin (Raskin) di Lamongan sudah siap dibagikan. Terkait itu hal itu, Kades se-Kabupaten Lamongan diwanti-wanti agar transparan dalam melakukan distribusi.

Kabag Perekonomian Abdul Mu'is melalui Kabag Humas dan Infokom Sugeng Widodo menyampaikan bahwa Bagian Perekonomian sudah menuntaskan sosialisasi Program Raskin 2015 kepada seluruh Kades di Lamongan, Rabu (11/2).
Dalam sosialisasi itu juga telah disampaikan data Rumah Tangga Sasaran Penerima Manfaat (RTSPM) by name by address, kepada seluruh Kades.

"Setelah merampungkan sosialisasi dan pembagian data RTSPM, dalam waktu dekat Raskin sudah siap dilaurkan melalui Gudang Bulog Baru (GBB) di Kecamatan Babat dan Lamongan," ujar dia.

Dia berharap agar Daftar Penerima Manfaat (DPM) Program Raskin diumumkan dan ditempel di masing-masing Balai Desa atau di titik-titik distribusi sehingga transparan. Sedangkan jika akan melakukan pemutakhiran data, dia berpesan agar dilakukan melalui mekanisme yang ada.

Sebagaimana surat Sekretaris Daerah, lanjut dia, pemutakhiran DPM bisa dilakukan untuk mengakomodasi perubahan karakteristik RTSPM. Namun harus dilakukan melalui mekanisme musyawarah desa (Musdes) atau musyawarah kelurahan (Muskel) untuk menetapkan kebijakan lokal sesuai perubahan yang terjadi.

"Desa bisa mengusulkan perubahan penerima melalui mekanisme Musdes dan Muskel yang dimasukkan ke dalam Formulir Rekapitulasi Pengganti (FRP) RTSPM. Formulir itu selanjutnya disampaikan secara berjenjang kepada Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) tim coordinator kecamatan dengan dilampiri berita acara Musdes dan Muskel," jelasnya.‎

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO