Salurkan Bantuan Erupsi Gunung Semeru, Mensos Risma Sarankan Lumajang Punya Alat Berat

Salurkan Bantuan Erupsi Gunung Semeru, Mensos Risma Sarankan Lumajang Punya Alat Berat Mensos Tri Rismaharini mendengarkan pemaparan Bupati Lumajang Thoriqul Haq tentang dampak aktivitas Gunung Semeru tiga hari lalu yang mengeluarkan APG.

LUMAJANG, BANGSAONLINE.com - Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini bertolak ke Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, pasca mendengar kabar Gunung Semeru mengeluarkan Awan Panas Guguran (APG) tiga hari yang lalu.

Risma berencana memantau langsung aktivitas gunung tertinggi di Pulau Jawa itu melalui pos pengamatan di Gunung Sawur. Lantaran terlalu malam, Risma hanya mendengarkan pemaparan Bupati Lumajang, Thoriqul Haq di Pendopo Aryawiraraja, Senin (18/01) malam.

Setelah mendengarkan pemaparan video dari Cak Thoriq, sapaan Bupati Lumajang, Risma mengatakan Kabupaten Lumajang harus memiliki alat berat. Sebab, Kabupaten Lumajang memiliki daerah yang berpotensi terjadinya bencana alam, sehingga kepemilikan alat berat bisa mempermudah dalam penanganan ketika terjadi bencana.

Risma juga mengingatkan terkait pentingnya sembako atau bahan dasar makanan yang itu merupakan kebutuhan dasar bagi masyarakat. Oleh karena itu, pemerintah harus siap untuk menyiapkan sembako tersebut untuk antisipasi kejadian bencana alam yang sewaktu-waktu bisa terjadi.

"Minimal itu sembako atau bahan dasar makanan harus siap, karena kita tidak tahu, siapa pun bisa terkena bencana. Artinya, kita harus mengontrol setiap daerah, minimal untuk cadangan makanan itu harus ada dan wajib," ujar menteri.

Simak berita selengkapnya ...