Selasa, 20 April 2021 05:24

Batang Utama Keropos, Beringin Berusia Ratusan Tahun di Alun-Alun Lumajang Tumbang

Senin, 18 Januari 2021 11:04 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Imron Ghozali
Batang Utama Keropos, Beringin Berusia Ratusan Tahun di Alun-Alun Lumajang Tumbang
Beringin di tengah Alun-Alun Lumajang tumbang menjadi tiga bagian. (foto: ist)

LUMAJANG, BANGSAONLINE.com - Pohon Beringin (ficus benjamina) yang berada di tengah Alun-Alun Lumajang tumbang dan terbelah menjadi tiga bagian, Minggu (17/1/2021) sore.

Tumbangnya pohon berusia ratusan tahun itu bersamaan dengan hujan lebat disertai angin kencang. Beruntung tidak ada pengunjung di sekitarnya sehingga tidak ada korban jiwa.

Pantauan di lapangan, petugas dari Dinas Lingkungan Hidup bersama BPBD dan Satpol PP Kabupaten Lumajang melakukan penanganan dengan memotong batang pohon dan serpihan dahan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lumajang Yuli Harismawati menjelaskan, penyebab tumbangnya beringin itu lantaran karena batang utamanya keropos, sehingga tidak mampu menopang batang pohon dan dahan yang cukup besar, hingga akhirnya pohon beringin tersebut tumbang dan terbelah menjadi 3 bagian.

BACA JUGA : 

Yang Rusak Berat Dapat Rp 50 Juta, ​77 Tempat Ibadah Terdampak Gempa di Jatim

Gempa Rusak 428 Rumah, Warga di Lumajang Mulai Bersihkan Puing Reruntuhan

Imbas Angin Kencang dan Hujan Deras di Wilayah Bangil, Belasan Rumah Rusak dan Pohon Tumbang

Hujan Disertai Angin Kencang di Proppo Pamekasan Robohkan Sejumlah Pohon

"Beberapa waktu yang lalu kondisi beringin sempat mengering. Daun-daunnya terlihat kurang sehat dan tunas daun berhenti tumbuh," ujar Yuli.

Pihaknya mengaku sudah berupaya mengembalikan hijaunya beringin dengan melakukan pembongkaran rabat beton yang melingkari beringin tersebut, dan menggantinya dengan tanah rerumputan.

"Biopori juga dibuat di sekitar beringin, agar air dapat mudah diserap akar. Pemupukan rutin dilakukan. Upaya tersebut membuahkan hasil, daun beringin mulai lebat dan menghijau kembali. Namun sayang karena faktor alam dan usia, icon Lumajang itu tumbang," terangnya.

Sekadar informasi, Bupati Lumajang Thoriqul Haq dan Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati akan menanam pohon beringin baru sebagai pengganti pohon beringin yang tumbang tersebut. (ron/zar)

Polisi dan Tukang Becak, Madura Kok Dilawan
Senin, 19 April 2021 21:38 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan episoode ke-8 ini mereview tukang becak asal Madura yang dihadang polisi karena dianggap melanggar rambu-rambu lalu lintas. Di jalan raya itu memang tertancap rambu lalu lintas berupa ga...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Senin, 19 April 2021 05:29 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Dua guru besar ini punya integritas dan reputasi tinggi di bidangnya masing-masing. Nah, Dahlan Iskan kali ini tak banyak menulis. Tapi menurunkan pandangan dua profesor yang dua-duanya kontra dan kritis terhadap Vaksin...
Selasa, 20 April 2021 00:09 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*60. Wa-idz qaala muusaa lifataahu laa abrahu hattaa ablugha majma’a albahrayni aw amdhiya huqubaanDan (ingatlah) ketika Musa berkata kepada pembantunya, “Aku tidak akan berhenti (berjalan) sebelum sampai ke ...
Minggu, 18 April 2021 12:17 WIB
Memasuki Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA)...