Batang Utama Keropos, Beringin Berusia Ratusan Tahun di Alun-Alun Lumajang Tumbang

Batang Utama Keropos, Beringin Berusia Ratusan Tahun di Alun-Alun Lumajang Tumbang Beringin di tengah Alun-Alun Lumajang tumbang menjadi tiga bagian. (foto: ist)

LUMAJANG, BANGSAONLINE.com - Pohon Beringin (ficus benjamina) yang berada di tengah Alun-Alun tumbang dan terbelah menjadi tiga bagian, Minggu (17/1/2021) sore.

Tumbangnya pohon berusia ratusan tahun itu bersamaan dengan hujan lebat disertai angin kencang. Beruntung tidak ada pengunjung di sekitarnya sehingga tidak ada korban jiwa.

Pantauan di lapangan, petugas dari Dinas Lingkungan Hidup bersama BPBD dan Satpol PP Kabupaten  melakukan penanganan dengan memotong batang pohon dan serpihan dahan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Yuli Harismawati menjelaskan, penyebab tumbangnya beringin itu lantaran karena batang utamanya keropos, sehingga tidak mampu menopang batang pohon dan dahan yang cukup besar, hingga akhirnya pohon beringin tersebut tumbang dan terbelah menjadi 3 bagian.

"Beberapa waktu yang lalu kondisi beringin sempat mengering. Daun-daunnya terlihat kurang sehat dan tunas daun berhenti tumbuh," ujar Yuli.

Pihaknya mengaku sudah berupaya mengembalikan hijaunya beringin dengan melakukan pembongkaran rabat beton yang melingkari beringin tersebut, dan menggantinya dengan tanah rerumputan.

"Biopori juga dibuat di sekitar beringin, agar air dapat mudah diserap akar. Pemupukan rutin dilakukan. Upaya tersebut membuahkan hasil, daun beringin mulai lebat dan menghijau kembali. Namun sayang karena faktor alam dan usia, icon  itu tumbang," terangnya.

Sekadar informasi, Bupati Thoriqul Haq dan Wakil Bupati Indah Amperawati akan menanam pohon beringin baru sebagai pengganti pohon beringin yang tumbang tersebut. (ron/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Duel Maut Dengan Kades Sukosari, Perangkat Desa Jatiroto tersabet Celurit Hingga Usus Keluar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO