Rabu, 14 April 2021 23:54

KB-TK Al Muslim Sidoarjo Gelar Doa Bersama untuk Korban Sriwijaya Air SJ 182

Jumat, 15 Januari 2021 15:03 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Mustain
KB-TK Al Muslim Sidoarjo Gelar Doa Bersama untuk Korban Sriwijaya Air SJ 182
VIRTUAL: Doa bersama yang digelar KB-TK Al Muslim untuk korban Sriwijaya Air SJ 182, Jumat (15/1/2021). (foto: ist)

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Keluarga Besar Kelompok Bermain (KB) Taman Kanak-kanak (TK) Al Muslim Sidoarjo menggelar doa bersama untuk korban kecelakaan pesawat terbang Sriwijaya Air SJ 182.

Doa bersama digelar secara virtual melalui media Zoom Meeting pada Jumat (15/1/2021). Selain diikuti 140 siswa, doa bersama ini juga diikuti sejumlah orang tua siswa dan para guru.

Kegiatan ini diawali gerak dan lagu naik pesawat. Setelah itu pembacaan ayat suci Al-Quran Surat An Nashr (pertolongan) yang dilantunkan oleh Nada Nur Wahyu Noura. Dilanjutkan ulasan tentang alat transportasi udara yaitu pesawat terbang.

Dalam kesempatan ini siswa juga diperkenalkan cara akan naik pesawat terbang, adab ketika naik pesawat (berdoa), serta panduan keselamatan ketika naik pesawat terbang. Selain itu, siswa diajak untuk berkreasi membuat hasil karya origami pesawat terbang.

BACA JUGA : 

SDN Barengkrajan 1 Krian Berharap Tambahan Ruang Kelas

Jelang PTM Juli Mendatang, SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo Gelar Uji Coba Tatap Muka

Pelajar SMU Krembung DIberi Pelathan Pramuka Saka Bhayangkara

Ikuti Audisi, 20 Pelajar Sidoarjo Bersaing Jadi Duta Toleransi

Dalam kesempatan ini siswa juga diperkenalkan cara akan naik pesawat terbang, adab ketika naik pesawat (berdoa), serta panduan keselamatan ketika naik pesawat terbang. Selain itu, siswa diajak untuk berkreasi membuat hasil karya origami pesawat terbang.

Penyampaian yang unik dan kreatif dari para pengajar serta penggunaan media alat peraga edukatif di antaranya mainan pesawat dari kardus bekas yang bisa dinaiki, membuat siswa sangat antusias mengikuti kegiatan virtual tersebut.

Saat doa bersama untuk korban kecelakaan pesawat Sriwijaya Air SJ 182, perwakilan siswa dari masing-masing Kelompok B bergantian memanjatkan doa tulus dan khusyuk untuk para korban kecelakaan.

Selain itu, doa juga diperuntukkan untuk Ulama Besar Indonesia Syaikh Ali Jaber yang wafat pada Kamis, 14 Januari 2021 kemarin. Di akhir acara, para siswa melantunkan doa agar selalu diberi keselamatan baik di dunia maupun akhirat.

Kepala Sekolah KB dan TK Al Muslim Sidoarjo Siti Aminah mengatakan, kegiatan ini bertujuan menanamkan karakter peduli terhadap sesama kepada siswa sejak usia dini, yakni membangun simpati dan empati anak agar lebih perhatian dan peka terhadap kejadian yang terjadi di sekitarnya.

"Kepedulian itu harus ditunjukkan dengan aksi nyata, contohnya mendoakan orang yang sedang kesusahan seperti bencana pesawat ini. Itu agar menjadi kebiasaan," ujar Siti Aminah, Jumat (15/1/2021).

Menurut Siti Aminah, jika kebiasaan proaktif itu dilakukan terus-menerus secara konsisten bisa memberi efek sangat besar dalam kehidupan anak-anak didik. Bahkan, karakter peduli itu akan dibawa sampai kelak anak-anak didik menjadi dewasa.

"Hal itu akan tumbuh menjadi budaya yang terjaga dan dapat ditularkan ke masyarakat yang lebih luas. Harapan dari kegiatan doa bersama ini, kelak siswa bisa menjadi Khalifatullah Fil Ard yang Rahmatan Lil Alamiin yang memiliki kepedulian tinggi terhadap sesama," tandas Siti Aminah. (sta/zar)

Kecelakaan di Jemursari Surabaya, Mobil Kijang Innova Terguling Masuk Sungai
Rabu, 14 April 2021 22:12 WIB
SURABAYA, BANGASONLINE.COM - Kecelakaan tunggal terjadi di Jalan Jemursari, Surabaya. Sebuah mobil Toyota Kijang Innova nopol N 371 VA terjun ke sungai Jemursari hingga terguling.Peristiwa ini terjadi Rabu (14/4) petang sekira pukul 18.15 WIB, t...
Minggu, 11 April 2021 18:27 WIB
KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kediri melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan mulai Sabtu (10/4) kemarin melakukan uji coba pembukaan tempat wisata andalan Kabupaten Kediri. Di antaranya Wisata Besuki Irenggolo yang te...
Rabu, 14 April 2021 05:44 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Ini fenomena menarik. Ternyata dimatikannya Vaksin Nusantara justru memantik kepercayaan para tokoh nasional, dokter, dan para anggota DPR RI. Mereka ramai-ramai antre untuk Vaksin Nusantara. Benarkah mereka leb...
Senin, 22 Februari 2021 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*58. Warabbuka alghafuuru dzuu alrrahmati law yu-aakhidzuhum bimaa kasabuu la’ajjala lahumu al’adzaaba bal lahum maw’idun lan yajiduu min duunihi maw-ilaanDan Tuhanmu Maha Pengampun, memiliki kasih sayang. ...
Jumat, 09 April 2021 09:59 WIB
Memasuki Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA)...