Rabu, 21 April 2021 14:19

Dirjen Kebudayaan Kemendikbud RI Kunjungi Wisata Alam Setigi Gresik

Kamis, 14 Januari 2021 20:37 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: M Syuhud Almanfaluty
Dirjen Kebudayaan Kemendikbud RI Kunjungi Wisata Alam Setigi Gresik
Kades Sekapuk Abdul Halim (kiri) saat mengantar Dirjen Kebudayaan Kemendikbud RI Hilmar Farid dan rombongan melihat Wisata Alam Setigi. foto: ist.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Direktorat Jenderal (Dirjen) Kebudayaan, Kemendikbud RI, Hilmar Farid melakukan kunjungan ke Desa Sekapuk, Kecamatan Ujungpangkah, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, Kamis (14/1/21).

Dirjen bersama rombongan disambut oleh Kades Sekapuk Abdul Halim, kemudian diantar melihat Wisata Alam Setigi sekaligus berkunjung ke Wisata Agro Kebun Pak Inggih yang dikelola oleh Bumdes Sekapuk.

Hilmar Farid menyebut Desa Sekapuk merupakan role model perubahan kebudayaan masyarakat.

"Yang paling menarik di sini adalah bukan hanya tampilan fisik saja, saya menyapa langsung masyarakat. Dan ini riil, di sini warganya ada perubahan mindset untuk maju. Hal ini adalah perubahan budaya yang sangat penting," kata Hilmar.

BACA JUGA : 

Kemendikbud Ceroboh, Pesantren Tebuireng Desak Minta Maaf dan Tarik Naskah Kamus Sejarah Indonesia

Diskriminatif ke NU, Pimpinan DPRD Jatim Minta Kamus Sejarah Indonesia Terbitan Kemendikbud Ditarik

Kades Sumput Bantah Persulit Izin Pelaksanaan PTM, Begini Penjelasannya

Gelar Rapat Koordinasi, Abpednas Gresik Keluarkan 4 Rekomendasi

Dirjen menyatakan, Desa Sekapuk telah berhasil berubah dari desa miskin menjadi desa kaya yang berpenghasilan miliaran rupiah setahun dengan mengajak semua lapisan masyarakat untuk berubah dan bekerja sama.

Karena itu, ke depan pihaknya bakal memberikan laporan kunjungan ke Mendikbud RI Nadiem Makarim terkait pola pendidikan masyarakat serta output adanya pembangunan manusia dan kebudayaan.

"Hasil kunjungan ini akan kami sampaikan ke Mas Menteri terkait semua pengalaman Pak Kades ini yang perlu diketahui publik. Bukan cuma publikasi, tapi menularkan kebiasaan dan semangat ini ke desa lain di seluruh tanah air," jelasnya.

Sementara Kades Sekapuk Abdul Halim menyatakan rasa salut dan kagum kepada sosok pejabat yang tidak sekadar obral janji, tetapi benar-benar melakukan tindakan nyata dengan berkunjung ke Desa Sekapuk. Bahkan menurut Halim, dirjen juga menyapa langsung warga desa serta melihat langsung Wisata Alam Setigi dan Agro Wisata Kebun Pak Inggih. 

"Monggo Pak Dirjen, sampaikan ke Mas Menteri Nadiem Makarim, beginilah semangat kami dalam melaksanakan pembangunan manusia dan kebudayaan. Bagi kami, membangun desa sama dengan membangun bangsa. Bagi kami, membangun bangsa bisa dimulai dari membangun desa," pungkas Halim. (hud/ian)

​Adu Hebat Tiga Presiden, Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan (9)
Selasa, 20 April 2021 23:55 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Presiden Gus Dur mengajak jalan-jalan Presiden Amerika Serikat Bill Clinton dan Presiden Prancis Jacques Shirac. Mereka pun naik pesawat terbang. Sambil ngobrol santai, mereka saling mengunggulkan negaranya masing-ma...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Rabu, 21 April 2021 06:05 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Mengerikan. Mobil mewah Tesla terbakar. Yang menjadi misteri, tak ditemukan mayat di kursi kemudi. Mayat hanya ditemukan di kursi samping dan jok belakang.Apa sistem autopilot yang jadi kebanggaan Tesla tidak berfung...
Selasa, 20 April 2021 00:09 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*60. Wa-idz qaala muusaa lifataahu laa abrahu hattaa ablugha majma’a albahrayni aw amdhiya huqubaanDan (ingatlah) ketika Musa berkata kepada pembantunya, “Aku tidak akan berhenti (berjalan) sebelum sampai ke ...
Minggu, 18 April 2021 12:17 WIB
Memasuki Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA)...