Sabtu, 15 Mei 2021 09:27

​Peras Kades, Oknum LSM Rangkap Wartawan di Tuban Ditangkap Polisi

Rabu, 13 Januari 2021 18:22 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Suwandi
​Peras Kades, Oknum LSM Rangkap Wartawan di Tuban Ditangkap Polisi
Djoko Djoewono (55) Warga Kelurahan Kebonsari, Kabupaten Tuban ditangkap jajaran Kepolisian Sektor (Polsek) Jenu. (foto: ist)

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Djoko Djoewono (55) Warga Kelurahan Kebonsari, Kabupaten Tuban ditangkap jajaran Kepolisian Sektor (Polsek) Jenu setelah terbukti memeras Kepala Desa Mentoso, Kecamatan Jenu, Rabu (13/1/2021).

Djoko yang sehari-hari membawa identitas LSM Tipikor Lembaga Pengawasan Reformasi Indonesia (LPPRI) dan merangkap sebagai wartawan angkasapos.com tersebut dalam aksinya selalu mengancam para narasumber. Ternyata, pelaku merupakan residivis dalam kasus yang sama di daerah Kabupaten Trenggalek.

Kapolsek Jenu AKP Rukimin mengatakan, pelaku ditangkap di rumahnya, setelah Kades Mentoso melaporkan pada petugas. Kades Mentoso mengaku telah diperas senilai Rp 6 juta dengan ancaman akan membuka privasi jika tidak memberi. Berdasar dari laporan itu, petugas langsung bergerak dan menangkap pelaku.

"Berdasarkan perkembangan, pelaku ini ternyata setiap harinya mengaku sebagai LSM dan wartawan, dan suka menakut-nakuti narasumber," terangnya.

BACA JUGA : 

SIG Pabrik Tuban Santuni Anak Yatim Almarhum Wartawan

Pererat Kebersamaan, DPRD Tuban Gelar Buka Bersama Insan Pers

Ancam Sebarkan Foto Bugil Pacar, Pemuda di Tuban Dicokok Polisi

Puluhan Wartawan Tuban Gelar Aksi Solidaritas Mengutuk Tindakan Kekerasan Terhadap Insan Pers

Hasil pemeriksaan terhadap handphone pelaku, ternyata aksi serupa juga dilakukan di daerah lain. Seperti Bojonegoro, Lamongan, Jombang, dan lain sebagainya. Pelaku tidak beraksi sendirian, tapi bersama rekannya yang lain.

Demi penyelidikan lebih lanjut, petugas kepolisian telah mengamankan barang bukti (BB) uang Rp 5 juta, 2 buah handphone, dan 1 unit mobil.

"Atas perbuatan pelaku dikenakan Pasal 368 tentang pemerasan dengan ancaman hukuman 9 tahun penjara," paparnya.

Sementara itu, Kapolsek Jenu mengimbau agar masyarakat terutama kepada kades agar tidak takut terhadap seseorang yang mengaku LSM maupun wartawan. Jika tujuannya ada indikasi memeras, maka sebaiknya segera melaporkan pada pihak yang berwajib.

"Segera melapor jika ada oknum LSM atau wartawan yang memeras," sarannya. (wan/zar)

Artis Greta Garbo Ajak Nikah ​Albert Einstein
Rabu, 12 Mei 2021 04:07 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan episode 30 mereview cerita Gus Dur tentang fisikawan Albert Eintein dan model cantik Greta Garbo. “Anekdot ini saya ambil dari buku berjudul Gus Dur hanya Kalah dengan Orang Madura,...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Sabtu, 15 Mei 2021 09:10 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com-Kerusuhan 13 Mei 1988 terus diperingati oleh masyarakat Tionghoa di Indonesia. Korban aksi anarkis itu sebagian memang etnis Tionghoa.Uniknya, mereka memperingati dengan menyajikan rujak pare dan sambal jombrang. Apa maksud...
Kamis, 13 Mei 2021 19:51 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*61. falammaa balaghaa majma’a baynihimaa nasiyaa huutahumaa faittakhadza sabiilahu fii albahri sarabaanMaka ketika mereka sampai ke pertemuan dua laut itu, mereka lupa ikannya, lalu (ikan) itu melompat mengamb...
Jumat, 14 Mei 2021 10:11 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Won...