Minggu, 07 Maret 2021 12:08

Operasikan RPH Modern, Bupati Tuban: Semoga Mendongkrak Ekonomi Masyarakat

Selasa, 12 Januari 2021 19:48 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Suwandi
Operasikan RPH Modern, Bupati Tuban: Semoga Mendongkrak Ekonomi Masyarakat
Amenan, Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Tuban. (foto: ist)

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban mulai mengoperasikan RPH (Rumah Potong Hewan) secara modern. RPH tersebut berada di Kelurahan Mondokan, Kecamatan Tuban dan di Desa Sukolilo, Kecamatan Bancar, Kabupaten Tuban.

Bupati Tuban H. Fathul Huda berharap, RPH modern ini bisa mendongkrak ekonomi masyarakat Tuban. Diakui meski baru memiliki 2 RPH modern, namun pemkab optimis 2 tempat RPH itu bisa melayani keperluan masyarakat.

"Sebaiknya gunakanlah fasilitas ini dengan baik, terutama dalam meningkatkan ekonomi masyarakat Tuban," harap bupati dua periode tersebut.

(Bupati Tuban H. Fathul Huda bersama Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Amenan saat meninjau RPH modern)

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Tuban Amenan mengatakan, saat ini pemkab sudah bisa mengoperasikan pemotong hewan secara modern. Setiap kali pemotongan hewan sapi paling cepat membutuhkan waktu 15 menit dan paling lama hanya 30 menit.

"Selain cepat, yang pasti keberadaan RPH modern ini menjadikan aman, sehat, dan halal," kata Amenan saat ditemui di kantornya, Selasa (12/1/2021).

Kata dia, RPH modern ini dibangun pada 2019 dan finishing 2020 dengan menelan biaya Rp 2 miliar dari APBN serta Rp 500 juta dari APBD. Keberadaan RPH ini diharapkan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat umum, pengusaha daging, dan para jagal. Sebab, RPH ini dinilai terjangkau, aman, dan berkualitas, serta pengelolaan profesional.

"Kalau biaya atau profit kami belum ke arah situ, fokus kami saat ini baru sebatas pengoptimalan pelayanan," imbuhnya.

Alumnus Unibraw Malang ini menambahkan, agar RPH modern ini beroperasi dengan lancar, maka pihaknya akan terus sosialisasi. Tak hanya pada komunitas jagal atau pengusaha daging, akan tetapi pada masyarakat umum.

"Setiap hari RPH modern ini mampu melayani 50 ekor sapi. Sedangkan, untuk biaya setiap pemotongan nantinya akan dibahas lebih detail pada perda retribusi," pungkasnya. (wan/zar)

Dua Warga Kepulungan yang Terseret Banjir Bandang Ditemukan Tewas
Kamis, 04 Februari 2021 17:21 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Dua warga Desa Kepulungan Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan, yang dilaporkan hilang akibat terseret derasnya arus banjir Rabu (3/2) kemarin, akhirnya ditemukan dalam kondisi tewas, Kamis (4/2) pagi. Korban adalah ...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Minggu, 07 Maret 2021 10:03 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kali ini Dahlan Iskan, wartawan kondang itu, menulis tentang ambisi Tiongkok menjadi negara nomor 1 di dunia. Mengalahkan Amerika Serikat. Pada tahun 2035. Termasuk mencaplok Taiwan. Dengan cara kekerasan sekalipun.Un...
Senin, 22 Februari 2021 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*58. Warabbuka alghafuuru dzuu alrrahmati law yu-aakhidzuhum bimaa kasabuu la’ajjala lahumu al’adzaaba bal lahum maw’idun lan yajiduu min duunihi maw-ilaanDan Tuhanmu Maha Pengampun, memiliki kasih sayang. ...
Sabtu, 06 Maret 2021 14:06 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...