Bantu Warga Terdampak Banjir, ​Pemkab Kediri Dropping Air Bersih ke Daerah Bencana

Bantu Warga Terdampak Banjir, ​Pemkab Kediri Dropping Air Bersih ke Daerah Bencana Pemkab Kediri melakukan dropping air bersih ke daerah bencana. (foto: ist)

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kabupaten Kediri melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) melakukan dropping bagi warga di Lereng Gunung Kelud, tepatnya di Desa Besowo, Kecamatan Kepung. Wilayah tersebut kesulitan lantaran tandon penampungan rusak akibat banjir.

Rusaknya penampungan dan aliran air di wilayah Desa Besowo tersebut mengakibatkan ribuan warga mengalami krisis selama seminggu terakhir. Kerusakan aliran tersebut dipicu faktor alam, yakni material sungai di Lereng Gunung Kelud menyumbat saluran air yang biasa digunakan warga untuk kebutuhan sehari-hari.

Saluran air yang menghubungkan ke bak penampungan tersebut mengalami rusak parah di sisi sebelah timur hingga tidak bisa digunakan lagi. Dampaknya, 6 dusun di 1 desa mengalami kesulitan . Sekitar 6.000 warga Desa Besowo sekarang hanya menggantungkan pasokan air dari BPBD Kabupaten Kediri dan PDAM.

"Mengatasi persoalan warga yang kekurangan tersebut, kami dari BPBD akan membantu mencukupi kebutuhan mereka secara bertahap, utamanya untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari," terang Plt. Kalaksa BPBD Kabupaten Kediri Slamet Turmudi, Selasa (12/1/2021).

Tak hanya dropping air, lanjut Slamet, pihaknya juga memberikan bantuan tandon air sebanyak 10 unit di Desa Besowo. Dari pantauan, warga Dusun Krajan, Desa Besowo antre mengambil dari tandon yang baru saja diisi petugas.

Menurut Edvans, Kepala Dusun Krajan, ada dua jenis bantuan air dari pemerintah. Dropping air dari BPBD Kabupaten Kediri digunakan untuk kebutuhan memasak, sedangkan dropping PDAM untuk kebutuhan yang lain seperti mencuci dan kebersihan.

"Dengan adanya bantuan dari pemerintah tersebut, semoga kebutuhan air warga bisa tercukupi," ujar Edvans.

Sebelumnya, empat truk tangki juga sudah dikirimkan oleh DPC PDI Perjuangan Kabupaten Kediri untuk membantu warga Besowo yang kesulitan .

Seperti diketahui, hujan deras yang terjadi di Kabupaten Kediri pada Rabu (6/1/2021) lalu, mengakibatkan banjir di beberapa tempat di Kabupaten Kediri. Selain merusakkan tempat penampungan air di Dusun Krajan, Desa Besowo, Kecamatan Kepung, banjir juga menggenangi ratusan rumah di Perumahan Kwadungan Permai di Kecamatan Ngasem dan Gampengrejo.

Hujan deras tersebut juga menyebabkan banjir bandang di Kecamatan Tarokan dan menjebol Tanggul Sungai Kolokoso hingga merusak tanaman padi milik warga. (uji/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO