Senin, 01 Maret 2021 07:34

Peduli Sesama, GMNI Tuban Bagikan Puluhan Paket Sembako

Senin, 11 Januari 2021 17:09 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Gunawan Wihandono
Peduli Sesama, GMNI Tuban Bagikan Puluhan Paket Sembako
Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Kabupaten Tuban membagikan puluhan paket sembako kepada warga yang membutuhkan. (foto: ist)

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Kabupaten Tuban membagikan puluhan paket sembako kepada warga yang membutuhkan di Desa Bandungrejo, Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban, Senin (11/1/2021).

Pembagian paket sembako tersebut salah satu bentuk kepedulian GMNI terhadap sesama di tengah pandemi Covid-19. Banyaknya masyarakat yang terkena dampak merebaknya virus corona menyentuh kader GMNI untuk bergerak dan membantu sesama yang sedang membutuhkan.

"Sebanyak 45 paket sembako kami bagikan kepada warga yang membutuhkan," kata Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) GMNI Tuban Khusnun Niam.

Lebih lanjut, Niam mengatakan, pembagian paket sembako itu juga serangkaian acara kaderisasi tingkat dasar (KTD) yang dilangsungkan selama empat hari di balai desa setempat. Selama itu, calon kader GMNI Tuban digembleng berbagai macam materi tentang keorganisasian, nasionalisme, peran pemuda, analisis sosial (ansos), dan beberapa materi lainnya.

Menurutnya, mahasiswa tidak seharusnya cukup hanya sekadar belajar di bangku perkuliahan semata, namun perlu adanya aksi nyata dengan terjun langsung ke masyarakat.

Dengan begitu, setidaknya mereka mengetahui kondisi masyarakat secara utuh dan mampu merasakan apa yang sedang dihadapi warga.

"Mahasiswa harus mampu dan memahami permasalahan yang sedang dihadapi masyarakat, tidak hanya berkutat dengan materi perkuliahan saja," imbuh Mahasiswa Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama (IAINU) Tuban tersebut.

Lebih jauh, dalam materi ansos, setiap calon kader GMNI dititipkan ke salah satu warga selama satu hari penuh. Mereka diminta mengikuti aktivitas keseharian masyarakat dan menganalisis problematika yang sedang dihadapi warga. Dengan begitu, kader-kader GMNI Tuban mampu merasakan apa yang sedang dirasakan oleh keluarga yang ditinggali.

"Salah satu materi yang diberikan adalah analisis sosial, di mana selama satu hari penuh mereka (calon kader GMNI) dititipkan kepada warga agar memahami problem yang dihadapi masyarakat," pungkasnya. (gun/zar)

Dua Warga Kepulungan yang Terseret Banjir Bandang Ditemukan Tewas
Kamis, 04 Februari 2021 17:21 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Dua warga Desa Kepulungan Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan, yang dilaporkan hilang akibat terseret derasnya arus banjir Rabu (3/2) kemarin, akhirnya ditemukan dalam kondisi tewas, Kamis (4/2) pagi. Korban adalah ...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Minggu, 28 Februari 2021 10:23 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE com - Rakyat Indonesia sudah lama menunggu karya anak bangsa. Dalam segala bidang. Termasuk vaksin. Agar tak selalu tergantung pada bangsa lain.Nah, saat semua negara panik karena pandemi Covid-19, lahir vaksin nusantara, karya...
Senin, 22 Februari 2021 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*58. Warabbuka alghafuuru dzuu alrrahmati law yu-aakhidzuhum bimaa kasabuu la’ajjala lahumu al’adzaaba bal lahum maw’idun lan yajiduu min duunihi maw-ilaanDan Tuhanmu Maha Pengampun, memiliki kasih sayang. ...
Sabtu, 27 Februari 2021 11:53 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...