Senin, 01 Maret 2021 08:25

​Nekat Isolasi Mandiri, Dua Pasien Covid-19 di Tuban Dievakuasi ke Rumah Karantina

Jumat, 08 Januari 2021 19:35 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Gunawan Wihandono
​Nekat Isolasi Mandiri, Dua Pasien Covid-19 di Tuban Dievakuasi ke Rumah Karantina
Proses evakuasi dua pasien Covid-19 Tuban. (foto: ist)

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Dua pasien Covid-19 di Kabupaten Tuban dievakuasi ke rumah karantina setelah diketahui nekat melakukan isolasi mandiri di kediaman pribadinya, Jumat (8/1/2021).

Kedua pasien terkonfirmasi positif Covid-19 itu berinisial AP (37) Warga Kelurahan Latsari Kecamatan Tuban, dan RM (45) Warga Kelurahan Kebonsari Kecamatan Tuban. Mereka dipindahkan dari kediaman pribadinya menuju rumah isolasi yang telah disediakan di Rumah Dinas Wakil Bupati Tuban.

"Proses pemindahan pasien yang menjalani isolasi mandiri tersebut melibatkan Tim Mobile Covid-19 Hunter Polres Tuban serta Satgas Penanganan Covid-19 Kecamatan Tuban," ujar Kasat Sabhara Polres Tuban AKP Chakim Amrullah.

Sebelumnya, tim evakuasi berkoordinasi dengan satgas Covid-19 kecamatan dan melakukan pendekatan kepada keluarga pasien. Setelah mendapat persetujuan pihak keluarga, pasien dievakuasi ke rumah karantina dengan menggunakan alat pelindung diri (APD) lengkap.

"Kedua pasien dievakuasi ke Rumah Dinas Wakil Bupati Tuban," imbuhnya.

Di tempat terpisah, Kapolres Tuban AKBP Ruruh Wicaksono menjelaskan, pemindahan pasien yang melaksanakan isolasi mandiri bertujuan untuk mencegah penularan Covid-19.

"Supaya lebih mudah dalam perawatan dan pengawasannya, sehingga memperkecil potensi penularan Covid-19 kepada masyarakat yang lain, selain itu juga untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19," ucapnya.

Lebih lanjut, Mantan Kapolres Madiun ini meminta kepada masyarakat untuk terus mengikuti anjuran dari pemerintah dengan menerapkan pola hidup sehat. Selanjutnya, dalam upaya memutus rantai penyebaran Covid-19, masyarakat diimbau menerapkan protokol kesehatan dengan 3M (Memakai Masker, Mencuci Tangan Pakai Sabun, dan Menjaga Jarak).

"Kepada masyarakat agar dalam setiap kegiatan selalu memenuhi protokol kesehatan, sehingga bisa turut membantu mencegah penyebaran Covid-19 di Kabupaten Tuban," tutupnya. (gun/zar)

Dua Warga Kepulungan yang Terseret Banjir Bandang Ditemukan Tewas
Kamis, 04 Februari 2021 17:21 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Dua warga Desa Kepulungan Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan, yang dilaporkan hilang akibat terseret derasnya arus banjir Rabu (3/2) kemarin, akhirnya ditemukan dalam kondisi tewas, Kamis (4/2) pagi. Korban adalah ...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Senin, 01 Maret 2021 08:13 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.COM – Ternyata banyak sekali putra Indonesia yang punya potensi unggul. Di berbagai bidang. Termasuk penemuan tes Covid-19. Namanya I-NoseDalam tulisan edisi Senin,1 Maret 2021, ini Dahlan Iskan mengangkat tentang I-Nose,...
Senin, 22 Februari 2021 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*58. Warabbuka alghafuuru dzuu alrrahmati law yu-aakhidzuhum bimaa kasabuu la’ajjala lahumu al’adzaaba bal lahum maw’idun lan yajiduu min duunihi maw-ilaanDan Tuhanmu Maha Pengampun, memiliki kasih sayang. ...
Sabtu, 27 Februari 2021 11:53 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...