Tingkatkan Debit Air, DLH Kabupaten Kediri Ajak Pokmas Sumontoro Lakukan Penghijauan

Tingkatkan Debit Air, DLH Kabupaten Kediri Ajak Pokmas Sumontoro Lakukan Penghijauan Pujiono, Kepala Desa Plosolor saat ikut menanam pohon. (foto: ist)

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Kecamatan Plosoklaten merupakan wilayah di Kabupaten Kediri yang memiliki banyak sumber mata air yang tersebar hampir di seluruh desa, di antaranya Desa Pranggang, Punjul, Jarak, Panjer, Plosokidul, hingga Plosolor.

Manfaatnya pun beraneka ragam, ada yang digunakan sebagai destinasi wisata, irigasi, dan fungsi yang paling utama adalah untuk memenuhi kebutuhan air bersih warga sekitar.

Pelestarian dan penyelamatan sumber air harus dilakukan agar dapat dimanfaatkan sampai anak cucu, salah satunya dengan menanam pohon atau penghijauan. Apalagi di musim penghujan seperti sekarang ini, penghijauan sangatlah dibutuhkan untuk mencegah berbagai macam bencana seperti tanah longsor dan banjir.

Memandang sangat pentingnya penghijauan tersebut, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kediri mengajak seluruh masyarakat untuk menanam. Dengan slogan "Tanam Pohon Beri Napas untuk Masa Depan", DLH membagikan bibit tanaman ke beberapa kelompok masyarakat (pokmas), salah satunya Pokmas Sumontoro Desa Plosolor.

Terdapat 1.725 tanaman yang dibagi, terdiri dari tanaman trembesi, pule, kemiri, mahoni, kelengkeng, durian, cangkring, jambu kristal, aren, mangga, dan alpukat.

Pokmas yang anggotanya para pemuda tersebut sangat antusias, apalagi mendapat dukungan dan motivasi dari perangkat desa setempat. Bahkan Heri Setiawan, Anggota DPRD Provinsi Jawa Timur juga hadir dan melaksanakan penamanan secara simbolis, Minggu (3/1/2020).

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO