Minggu, 07 Maret 2021 13:19

Tingkatkan Debit Air, DLH Kabupaten Kediri Ajak Pokmas Sumontoro Lakukan Penghijauan

Selasa, 05 Januari 2021 12:08 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Muji Harjita
Tingkatkan Debit Air, DLH Kabupaten Kediri Ajak Pokmas Sumontoro Lakukan Penghijauan
Pujiono, Kepala Desa Plosolor saat ikut menanam pohon. (foto: ist)

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Kecamatan Plosoklaten merupakan wilayah di Kabupaten Kediri yang memiliki banyak sumber mata air yang tersebar hampir di seluruh desa, di antaranya Desa Pranggang, Punjul, Jarak, Panjer, Plosokidul, hingga Plosolor.

Manfaatnya pun beraneka ragam, ada yang digunakan sebagai destinasi wisata, irigasi, dan fungsi yang paling utama adalah untuk memenuhi kebutuhan air bersih warga sekitar.

Pelestarian dan penyelamatan sumber air harus dilakukan agar dapat dimanfaatkan sampai anak cucu, salah satunya dengan menanam pohon atau penghijauan. Apalagi di musim penghujan seperti sekarang ini, penghijauan sangatlah dibutuhkan untuk mencegah berbagai macam bencana seperti tanah longsor dan banjir.

Memandang sangat pentingnya penghijauan tersebut, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kediri mengajak seluruh masyarakat untuk menanam. Dengan slogan "Tanam Pohon Beri Napas untuk Masa Depan", DLH membagikan bibit tanaman ke beberapa kelompok masyarakat (pokmas), salah satunya Pokmas Sumontoro Desa Plosolor.

Terdapat 1.725 tanaman yang dibagi, terdiri dari tanaman trembesi, pule, kemiri, mahoni, kelengkeng, durian, cangkring, jambu kristal, aren, mangga, dan alpukat.

Pokmas yang anggotanya para pemuda tersebut sangat antusias, apalagi mendapat dukungan dan motivasi dari perangkat desa setempat. Bahkan Heri Setiawan, Anggota DPRD Provinsi Jawa Timur juga hadir dan melaksanakan penamanan secara simbolis, Minggu (3/1/2020).

"Saya memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada para pemuda Pokmas Sumontoro yang tergerak hatinya untuk melaksanakan penghijauan apalagi di sekitar sumber mata air. Apalagi Sumber Sumontoro ini cukup besar dan bisa dimanfaatkan oleh warga di tiga desa, maka dari itu harus kita lestarikan bersama," kata Heri.

"Ke depan, sumber ini bisa dijadikan sebagai destinasi wisata yang dapat meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar," sambungnya.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Desa Plosolor Pujiono mengucapkan terima kasih atas terlaksananya kegiatan penghijauan di wilayah Sumber Sumontoro. Menurutnya, adanya penghijauan ini akan menambah debit air, sehingga pembagian air 3 desa bisa tercukupi.

"Antusias warga yang sangat luar biasa diharapkan juga diikuti dengan menjaga tanaman-tanaman sampai besar, tidak hanya selesai ditanam kemudian dibiarkan saja. Karena mereka juga merasa memiliki dan memanfaatkan sumber mata air ini untuk kehidupan sehari-hari," jelasnya.

Sementara itu, Moh. Arhanas, Ketua Pokmas Sumontoro mengucapkan terima kasih kepada Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kediri yang telah mendukung kegiatan penghijauan tersebut.

"Ini kan selain tanaman konservasi juga ada tanaman buah. Jika nanti sudah besar dan berbuah, warga juga dapat memanen hasilnya," pungkasnya. (uji/zar)

Dua Warga Kepulungan yang Terseret Banjir Bandang Ditemukan Tewas
Kamis, 04 Februari 2021 17:21 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Dua warga Desa Kepulungan Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan, yang dilaporkan hilang akibat terseret derasnya arus banjir Rabu (3/2) kemarin, akhirnya ditemukan dalam kondisi tewas, Kamis (4/2) pagi. Korban adalah ...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Minggu, 07 Maret 2021 10:03 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kali ini Dahlan Iskan, wartawan kondang itu, menulis tentang ambisi Tiongkok menjadi negara nomor 1 di dunia. Mengalahkan Amerika Serikat. Pada tahun 2035. Termasuk mencaplok Taiwan. Dengan cara kekerasan sekalipun.Un...
Senin, 22 Februari 2021 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*58. Warabbuka alghafuuru dzuu alrrahmati law yu-aakhidzuhum bimaa kasabuu la’ajjala lahumu al’adzaaba bal lahum maw’idun lan yajiduu min duunihi maw-ilaanDan Tuhanmu Maha Pengampun, memiliki kasih sayang. ...
Sabtu, 06 Maret 2021 14:06 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...